Detak Papua
NEWS TICKER

YANCE PABISA : 50 UNIT RUMAH DI KORANO JAYA DISTRIK MANIMERI KAB.TELUK BINTUNI SEHARUSNYA SUDAH DI HUNI

Kamis, 21 Januari 2021 | 10:34 pm
Reporter: Maloali Jimmy
Posted by: Detak Papua
Dibaca: 240
Kepala Balai Pelaksana Penyediaan Perumahan wilayah Papua II Ir. Yance Pabisa.M.Tech

DETAKPAPUA.com |MANOKWARI | KAMIS 21 JANUARI 2021 – Beredarnya berita dibeberapa media online, tentang 50 unit rumah bantuan bagi masyarakat di Kampung Korano Jaya Distrik Manimeri Kabupaten teluk Bintuni, mendapat perhatian Kepala Balai Pelaksana Penyediaan Perumahan Provinsi Papua Barat.  Menurut Kepala Balai Pelaksana Penyediaan Perumahan wilayah Papua II, beredarnya berita di media online beberapa waktu lalu tentang 50 unit rumah bantuan yang belum di huni tersebut sudah diketahui pihaknya. 

Rumah Khusus ini menjadi sorotan karena belum di huni oleh masyarakat. Secara prosedural rumah ini sudah diserah terimakan ke pemerintah daerah Kabupaten teluk Bintuni oleh SNVT Penyediaan Perumahan sebelum menjadi Balai Pelaksana Penyediaan Perumahan.

Kepala Balai Pelaksana Penyediaan Perumahan Provinsi Papua Barat kepada detak papua menyampaikan justeru pihaknya menyayangkan jika rumah khusus yang dibangun dengan Anggaran negara tersebut ditelantarkan. “mengapa belum dihuni 50 unit rumah tersebut? Sementara kami sudah menyerahkannya ke pemerintah daerah karena rumah khusus tersebut untuk masyarakat kecil ujar Kepala Balai Pelaksana Penyediaan Perumahan, Ir.Yance Pabisa,M.tech, yang juga dibenarkan oleh Kasie wilayah II P.M.Desyarmeda killian,ST,M.Si yang sebelumnya menjabat sebagai Kepala SNVT Penyedia Perumahan Provinsi Papua Barat. Terkait  masalah Rumah Khusus ini, Kepala Balai Pelaksana Penyediaan Perumahan Provinsi Papua Barat berharap ada titik temu antara Pemerintah dan warga bila masih ada masalah yang belum diselesaikan, karena sesuai prosedur sebenarnya 99% rumah itu ada dalam wewenangnya pemerintah daerah.

Selain Kepala Balai dan Kasie Wilayah II, detak papua juga berkonfirmasi ke- Pejabat Pembuat Komitmen rumah Khusus, Ferry Moya,ST. Menurut, PPK Rumah Khusus, kasus yang terjadi di Kabupaten Teluk Bintuni ini sebenarnya juga terjadi di Kabupaten Kaimana, hanya saja di Kabupaten Kaimana, sebagian rumah sudah di huni oleh warga  sehingga lingkungan sekitar rumah ini terawat dengan baik dan tidak menimbulkan masalah.

Selanjutnya PPK Rumah Khusus menyampaikan sebenarnya tidak ada masalah yang terlalu rumit terkait belum di huninya rumah khusus di Kampung Korano Jaya tersebut. Hanya perlu duduk bersama antara pemerintah Daerah dan Kepala Kampung Korano Jaya untuk berembug mencari solusi bersama, karena semua ini akan kembali untuk kepentingan masyarakat juga.

Untuk sekedar diketahui bahwa rumah khusus tipe 36 meter persegi di Kampung Korano distrik Manimeri Kabupaten Teluk Bintuni ini, dibangun pada tahun 2018 lalu oleh SNVT penyedia perumahan. Menurut keterangan yang berhsil dihimpun oleh media ini, bahwa  rumah khusus di Kampung Korano jaya ini di bangun di dua lokasi berbeda dalam satu kampung dengan jumlah masing-masing 25 unit (mj/dp)

Berita Lainnya

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Name *

© 2020 Detak Papua. All Rights Reserved.
Design by Velocity Developer