Detak Papua
NEWS TICKER

TURUT SUKSESKAN PON XX PAPUA 2021 PELAKU UMKM TERIMA MODAL USAHA RP. 5 JUTA

Rabu, 13 Oktober 2021 | 10:27 am
Reporter: Daniel eluay
Posted by: Detak Papua
Dibaca: 132

Insert: Bupati Jayapura Mathius Awoitauw, SE.M.Si yang juga Ketua Sub PB PON XX Klaster Kabupaten Jayapura, ketika kunjungi salah satu kedai Cofee yang diberikan Modal Usaha, dilokasi Asey Trade Center (ATC) Khalkote, Kampung Nolokla, Distrik Sentani Timur, Kabupaten Jayapura, (daniel).

 

Sentani – Jayapura | DetakPapua.com.|| Sebanyak 258 pelaku Usah Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM) yang dilibatkan dalam penyelenggaraan Pekan Olahraga Nasional (PON) XX Papua 2021. Demikian ungkap Koordinator Sub Bidang Sosial Ekonomi pada Bidang IV Sarana Prasarana Penunjang Sub PB PON XX Klaster Kabupaten Jayapura Yos Levie Yoku ketika memberikan keterangan pers di Media Center Kominfo PON XX Klaster Kabupaten Jayapura, Grand Allison Hotel, Kota Sentani, Distrik Sentani, Kabupaten Jayapura.

Dari  total 258 pelaku UMKM, ada sebanyak 100 UMKM yang bergerak di bidang kuliner, souvenir dan handicraft, yang mendapatkan fasilitas dari Sub PB PON XX Klaster Kabupaten Jayapura untuk mempromosikan produknya di seputaran venue-venue PON di Klaster Kabupaten Jayapura uijar Levie Yoku.

Lanjut perempuan yang juga Kepala Dinas Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana (DP2KB) Kabupaten Jayapura ini mengatakan, para pelaku UMKM ini sebelumnya telah mendapatkan pelatihan terlebih dahulu.

“Selain itu, kami juga memberikan modal usaha senilai 5 juta rupiah kepada masing-masing pelaku UMKM,” katanya. Selain mendapatkan pembinaan dari Pemkab Jayapura, masyarakat  juga cukup antusias untuk ikut terlibat dalam pembinaan UMKM. Sehingga pihaknya mencoba menempatkan pelaku UMKM ini di sekitar venue yang ada di Klaster Kabupaten Jayapura.

Selain itu, Yos Levie Yoku juga menambahkan, pihak Pemkab Jayapura terus mendorong sektor UMKM Papua untuk bangkit dan naik kelas. “Dalam rangka mendorong sektor UMKM Papua untuk bangkit, maka kami dari Pemkab Jayapura juga menggandeng sektor perbankan. Sehingga pelaku UMKM itu dapat memperoleh akses pembiayaan, selain itu juga mengajarkan mereka agar “melek” terhadap sistem pembayaran secara digital atau non tunai,” sambungnya.

Selain Koordinator Sub Bidang Sosial Ekonomi pada Bidang IV Sub PB PON XX Klaster Kabupaten Jayapura Yos Levie Yoku, juga hadir Kepala Divisi Bisnis UMK dan Konsumen Bank Papua Abraham Krey, Ketua DPD Asosiasi KOPI Indonesia (ASKI) Papua Andrew Pahabol dan Coach Barista ASKI Sylvia Dewi Maharani. (daniel)

Berita Lainnya

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Name *

© 2020 Detak Papua. All Rights Reserved.
Design by Velocity Developer