Detak Papua
NEWS TICKER

LAHIR DARI GAGASAN ANAK-ANAK MUDA : ASEI TRADE CENTER RESMI DICANANGKAN BUPATI JAYAPURA

Senin, 4 Oktober 2021 | 12:48 pm
Reporter: Daniel eluay
Posted by: Detak Papua
Dibaca: 244

Insert : Bupati Jayapura Mathius Awoitauw, SE.M.Si, saat berkunjung disalah satu kedai kopi, yang dikelola oleh anak – anak muda Papua, dilokasi Asei Trade Center (ATC) Khalkote, (daniel).

 

Sentani – Jayapura |DetakPapua.com|| Bupati Jayapura bersama Kepala Kampung Asei Besar resmi mencanangkan lokasi wisata Khalkote sebagai tempat Asei Trade Center (ATC).

Pencanangan tersebut ditandai dengan pemukulan tifa oleh Bupati Jayapura, di dampingi Ketua Asosiasi Kopi Papua, Ondofolo Kampung Sosiri, Kepala Kampung Asei Besar dan Ketua Panitia.

Bupati Jayapura, dalam sambutannya menyampaikan, Satu hal yang menarik dari pencanangan ini adalah; ATC lahir dari gagasan anak-anak muda, bukan dari siapa-siapa. Saya berani sampaikan itu dan oleh karena itu ide dan semangat ini harus terus diperkuat menjadi sesuatu yang bangkit dan Mandiri,tentunya dengan pikiran-pikiran cerdas oleh anak-anak muda itu sendiri. Sementara yang perlu kita lakukan adalah turut mengawal bersama-sama.

Bupati juga menyampaikan kepada Kepala Dinas terkait agar berpikir bagaimana caranya memberi support agar ATC ini tetap eksis. Lanjut Bupati apabila kita salah men-support dapat mematikan kreativitas kaum muda. Oleh karena itu kreativitas kaula muda ini harus dibiarkan tumbuh terutama di wilayah ini, di Sentani Timur.Disinilah kita berharap tempat mereka untuk berkreasi. Jadi anak di tingkat SMP, SMA yang masuk perguruan tinggi ini tempat mereka,” sahut Bupati dalam sambutannya.

Ia menambahkan, karena itu “saya mohon nanti Kepala – Kepala Kampung, Kepala Distrik coba duduk bicarakan itu kita kerja sama dengan pihak gereja supaya memperkuat anak-anak Sekolah Minggu, ya berikanlah dasar yang kuat untuk mereka memanfaatkan tempat ini. Kita persiapkan mereka untuk masa depan Papua di sini dengan ekonomi, kalau kita tidak kuat ekonomi orang akan injak-injak kita”.

Tempat ini untuk generasi muda,  mereka aka merebut masa depan dengan berkreasi. Oleh sebab itu, kita hbarus mengarahbkan mereka agar kreativitas anak muda tidak mati. Kita bisa memulainya dengan membangun dari kampung-kampung dan kita bisa memulainya dari sini.

“Dunia ini berkembang. Perkembanbgan dunia saat ini bisa diikuti hanya dengan menggunakan handphone, oleh sebab itu kita persiapkan baik anak-anak kita. Kalau kita tidak persiapkan dengan baik, mereka akan tersesat di dalam dunia maya yang begitu keras, karena itu Saya sangat mendukung gerakan ini. Nanti kita akan bicara lebih serius lagi tentang kebangkitan baru untuk masa depan anak-anak kita. Bila perlu tanah sekitar sini kalau boleh jangan dijual, ucap Kepala Daerah ini berharap.

Hal ini disampaikan Bupati Jayapura karena dirinya memandang bahwa anak-anak generasi masa kini akan membuat masa depan mereka di atas tanah mereka sendiri dan mereka akan menjadi tuan di negerinya sendiri.

Akhir penyampaiannya Bupati Kabupaten Jayapura mengucapkan terimakasih seraya berucapa “saya yakin kalau kita kompak dengan kampung-kampung sekitar sini  untuk memberi support dengan baik bagi anak-anak muda. “seperti yang selalu saya katakan mari kita kembali ke kampung adat karena dari sanalah kita mulai, karena dari sanalah akan ada masa depan untuk anak-anak kita dan untuk tanah Papua” tutupnya, (daniel).

Berita Lainnya

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Name *

© 2020 Detak Papua. All Rights Reserved.
Design by Velocity Developer