Detak Papua
NEWS TICKER

KEPALA BADAN PENGEMBANGAN INFRASTRUKTUR WILAYAH KEMENTERIAN PUPR : “PENEMPATAN PROGRAM SUDAH DILAKSANAKAN PADA TITIK YANG TEPAT”

Kamis, 14 Oktober 2021 | 6:44 am
Reporter: Jimmy Maloali
Posted by: Detak Papua
Dibaca: 100

Insert : Kepala Badan Pengembangan Infrastruktur Wilayah Kementerian PUPR, Ir. Rachman Arief Dienaputra M.Eng, Saat Berdiskusi bersama sejumlah Pejabat Balai Kementerian PUPR Provinsi Papua Barat (lm).

 

Manokwari-detakpapua.Com.|| Kepala Badan Pengembangan Infrastruktur Wilayah Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat,  Ir. Rachman Arief Dienaputra M.Eng, Rabu 13 Oktober berkunjung ke Manokwari Papua Barat. Kunjungan kerja Kaban Pengembangan Infrastruktur wilayah ini, guna meninjau pelaksanaan pembangunan infrastruktur di wilayah Papua Barat, salah satunya pembangunan Rumah Khusus dan Rumah Swadaya di Kabupaten Manokwari. Setelah tiba di Bandara Udara Rendani Rombongan kemudian meninjau sejumlah program Cipta Karya di Kampung Susweni Distrik Manokwari Timur, kemudian menuju Kampung Soribo dan Kampung persipan Eggwam Distrik Manokwari Barat guna meninjau pembangunan rumah khusus dan rumah Swadaya.

Selain dua tempat diatas Ir. Rachman Arief Dienaputra dan rombongan yang didampingi sejumlah pejabat dari Balai Prasarana Permukiman Wilayah dan Balai Pelaksana Penyedia Perumahan wilayah Papua II Provinsi Papua Barat, secara marathon juga mengunjungi lokasi-lokasi sasaran program kementerian PUPR lainnya di Kabupaten Manokwari. Kunjungan kerja Kaban Pengembangan Infrastruktur wilayah ini guna meninjau secara langsung pengembangan kawasan permukiman khususnya kawasan sasaran program, sekaligus memantau sistem penyediaan air bersih, drainase lingkungan serta penanggulangan masalah sampah domestik.

Usai meninjau sejumlah rumah khusus di Kampung Soribo yang berjumlah 25 unit dan kampung Eggwam, kampung persiapan juga dengan jumlah yang sama,  Kaban Pengembangan Infrastruktur Wilayah Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat kemudian bertolak ke Kampung Anday Distrik Manokwari Selatan guna meninjau pembangunan Rumah swadaya di Kompleks Buton Kampung Anday. Lokasi sasaran program yang merupakan salah satu wilayah padat penduduk  ini terdapat kurang lebih 20 penerima Bantuan Stimulan Perumahan Swadaya.

Selain melihat secara langsung progress pembangunan rumah swadaya, Kaban Pengembangan Infrastruktur wilayah juga memeriksa fasilitas penunjang lainnya, seperti ketersediaan air bersih dan fasilitas Penanggulangan sampah pemukiman. Selain berdiskusi dengan para Pegawai Balai, utusan kementerian PUPR ini juga akrab berkomunikasi dengan warga kelompok penerima bantuan.

Peninjauan pembangunan rumah swadaya tidak berakhir di kompleks Buton kampung Anday. Kepala Badan Pengembangan Infrastruktur Wilayah Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat,  Ir. Rachman Arief Dienaputra beserta rombongan kemudian bertolak menuju kampung Dobut Distrik Manokwari Selatan Kabupaten Manokwari dengan agenda yang sama, yakni melihat secara langsung lokasi sasaran program BSPS tahun 2021.

Dari data yang berhasil dihimpun diketahui Kampung Dobut salah satu Kampung penerima program Bantuan Stimulant Perumahan Swadaya tahun 2021. Kampung sasaran program ini memperoleh alokasi anggaran BSPS sebanyak 20 unit pada SK tahap II di bulan Februari, kemudian melalui  SK tahap VIII kembali memperoleh tambahan 15 unit melalui usulan lembaga DPR-RI Fraksi PDI Perjuangan oleh Anggota Parlamen dari daerah pemilihan Provinsi Papua Barat Jimmy Demianus Idjie,  sehingga total keseluruhan alokasi dari 20 unit bertambah menjadi 35 unit. Untuk sekedar diketahui, Kabupaten Manokwari Provinsi Papua Barat  menerima alokasi jumlah unit Bantuan stimulan Perumahan Swadaya (BSPS) Tahun 2021 sebanyak 122 (Sumber data, eRLTH BP2P Papua Barat,  TA 2021).

Dalam wawancaranya bersama media ini Kepala Badan Pengembangan Infrastruktur Wilayah, Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat,  Ir. Rachman Arief Dienaputra menyampaikan “secara umum pelaksanaan program sudah berjalan dengan baik, walaupun masih harus ada pembenahan dan perbaikan namun secara keseluruhan penempatan program sudah dilaksanakan pada titik yang tepat. Hanya saja tambah Rachman Arief  perlu di bina agar kedepannya masyarakat dapat merawat dan menjaga sarana-sarana yang dibangun pemerintah dan masyarakat, supaya sarana-sarana yang dibangun ini bisa lebih bermanfaat lagi bagi masyarakat.”

Peninjauan lokasi sasaran program oleh Kepala Badan Pengembangan Infrastruktur Wilayah Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat Kementerian PUPR berakhir di Kampung Dobut distrik manokwari selatan pukul 17.30 Waktu Indonesia Timur.(mj)

 

Berita Lainnya

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Name *

© 2020 Detak Papua. All Rights Reserved.
Design by Velocity Developer