Detak Papua
NEWS TICKER

BIMTEK PENINGKATAN KAPASITAS PETANI

Selasa, 28 September 2021 | 4:40 pm
Reporter: MICHELA KAIZE
Posted by: Detak Papua
Dibaca: 165

Insert : H.Sulaeman L.Hamzah, Anggota DPR-RI Fraksi NasDem Ketika diwawancarai awak media

 

Merauke detak papua.com|| Dukung ketersediaan pangan, Partai Nasdem kembali mengadakan kegiatan Bimbingan Teknis bagi masyarakat yang dilaksanakan di salah satu hotel  di Merauke belum lama ini. Angota DPR Provinsi Papua Fraksi NasDem, Fauzun Nihayah dalam sambutan pembukanya kepada peserta Bimtek menyampaikan, bahwa, tahun 2021 Sulaeman L.Hamzah memiliki jatah aspirasi sebanyak 40 kelompok. Dari jumlah tersebut 29 aspirasi diberikan ke Merauke. Tentunya ini diharapkan agar ditengah badai pandemi covid 19 ini, ibu-ibu dapat memanfaatkan pekarangan untuk bercocok tanam dibantu dengan program Pekarangan Pangan Lestari (P2L) dari kementerian pertanian. Dalam penyampaiaannya kepada peserta Bimtek Fauzun menyampaikan saat ini setiap kelompok P2L menddapatkan bantuan kelompok sebesar Rp.75 juta rupiah dan jika dianggap kelompok Pekarangan Pangan Lestari ini dikelola secara optimal maka,  tahun selanjutnya akan mendapatkan tambahan dana sebesar Rp. 15 juta rupiah. Ini program Cuma-Cuma ungkap Politisi Partai NasDem tersebut.

Kepada peserta Bimtek Ia juga menambahkan, umumnya kegiatan kelompok seperti ini biasanya rentan terjadinya gesekan, namun itu hal biasa ungkapnya. Yang jelas ibu-ibu harus tetap kompak dalam mengelola program dengan baik tandasnya. Jika megalami kesulitan atau kendala dapat ditanyakan ke pendamping kelompok. Anggota DPR Papua fraksi NasDem ini meminta agar Dinas tanaman Pangan dapat mendampjngi program yang dilaksanakan oleh H.Sulaeman L.Hamzah. Kepada peserta Bimtek yang notabene adalah kaum perempuan dan ibu-ibu ini Fauzun menyampaikan, dari Rumah aspirasi akan ada tim yang bisa sewaktu-waktu turun untuk mengawasi sejauh mana program rumah aspirasi ini berhasil dan betul betul membawa manfaat.

Tentunya kami berharap program P2L betul-betul menjadi program yang tidak hanya membantu mencukupi kebutuhan gizi,  tetapi juga ada efek ekonomis yang menghasilkan uang dari kelompok itu untuk memenuhi kembali kebutuhan kelompok. Kegatan P2L ini sudah ada hasilnya. Bahkan hasil dari kelompok P2L ini ada yang sudah digunakan untuk bantuan sosial. Fauzun kembali menyampaikan kepada seluruh peserta Bimbingan teknis bahwa ditahun 2021 ini dari total 29 kelompok yang ada jika 1 atau 2 kelompok gagal, itu hal yang wajar. Jadi program ini yang perlu kita bangun adalah kesepahaman kita bersama tuturnya. Kepada peserta Anggota DPR Papua ini menyampaikan sebenarnya kelompok P2L ini bisa mensuport kebutuhan beberapa hotel. Hasil dari tanaman ini luar biasa karena bermanfaat juga bertepatan dengan perhelatan PON.

Sementara itu dalam wawancaranya bersama media ini Naggota DPR RI Fraksi NasDem, H. Sulaeman Hamzah menyampaikan jika dilihat dari peserta yang hadir hari ini sebagian besar adalah ibu-ibu rumah tangga. Memang benar mereka inilah sebenarnya dapurnya kita dimasa Pandemi itu harapan kita. Dan dari kementerian juga semua sudah hadir. Ini penting untuk pembangunan masyarakat khsusnya di Merauke tentunya juga membawa nama baik daerah. Sulaeman Hamzah juga menyampaikan program seperti ini perlu terus ditingkatkan sebagai salah satu ketahanan pangan juga, karena apabila terpenuhi kita tidak perlu mendatangkan sayur dari luar Merauke. Kita harus berusaha agar secara lokal kita mampu. Bimtek yang dilaksanakan selama dua hari ini diharapkan dapat memberi manfaat bagi masyarakat selama masa pandemi

Hadir dalam Bimbingan teknis ini Kepala Dinas Ketahanan Pangan Kabupaten Merauke, utusan akademisi dari Universitas Musamus, ketua DPD Partai NasDem, Ketua Fraksi NasDem, dan juga Anggota DPRD Kabupaten Merauke (mk).                                    

 

Berita Lainnya

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Name *

© 2020 Detak Papua. All Rights Reserved.
Design by Velocity Developer