Arsip Kategori: Peristiwa

POLRES KEPULAUAN YAPEN GELAR PRESS CONFERENCE KASUS PENYALAHGUNAAN NARKOTIKA JENIS GANJA

Sejumlah Barang bukti di tunjukan usay Press Conference

Jayapura. Papua. Detakpapua.com,|| Polres Kepulauan Yapen yang dipimpin Kapolres Kepulauan Yapen AKBP Ferdyan Indra Fahmi, S.H., S.I.K menggelar press conference kasus penjualan dan atau kepemilikan narkotika jenis ganja bertempat di depan ruang kantor Bag Ops Polres Kepulauan Yapen, Rabu (18/05).

Kapolres Kepulauan Yapen pada kesempatannya mengatakan penangkapan pelaku yang dilakukan pada hari Rabu (11/05) lalu yang bertempat di jembatan panjang kampung Menawi kecamatan Angkaisera, Kabupaten Kepulauan Yapen.

“Penangkapan tersebut berawal dari anggota Sat Resnarkoba Polres Kepulauan Yapen yang mendapatkan informasi dari masyarakat bahwa adanya transaksi jual beli narkoba jenis Ganja, sehingga anggota Sat Resnarkoba langsung pergi ke TKP untuk melakukan penangkapan terhadap pelaku,” ucap Kapolres.

Lanjut Kapolres, dimna masyarakat tersebut melihat pelaku berinisial KWR yang sedang mengantarkan narkotika jenis ganja ke TKP dengan menggunakan Longboat bersama istri dan anaknya, setelah pelaku tiba di TKP masyarakat melihat pelaku diberi uang yang berjumlah Rp. 1.000.000,-.

“Ketika pelaku mencoba memberikan 2 bungkus plastik bening sedang berisikan Narkotika jenis ganja, pelaku KWR langsung disergap dengan cara salah satu anggota Sat Resnarkoba melompat masuk kedalam Longboat dan memeluk tersangka,” ujarnya.

Lebih lanjut, saat dilakukan penangkapan pelaku sempat memberikan perlawanan yang bermaksud untuk melarikan diri sehingga salah satu anggota Resnarkoba juga melompat masuk ke dalam Longboat untuk membantu rekannya yang sedang bergulat dengan tersangka tetapi Longboat tersebut terbalik dan membuat pelaku melarikan diri dengan cara berenang.

“Saat pelaku berusaha berenang untuk melarikan diri tetapi pelaku berhasil ditangkap dengan cara anggota menggunakan perahu untuk mengejar pelaku dan menangkapnya, dari hasil penangkapan berhasil ditemukan 2 bungkus plastik bening berukuran sedang berisi Narkotika jenis Ganja,” ungkap AKBP Indra Fahmi.

Selanjutnya pelaku di interogasi dan dari pengakuan istri pelaku bahwa dirumah pelaku KWR yang berada di Ambai II masih tersimpan narkotika jenis Ganja sehingga anggota bersama istri pelaku langsung bergerak ke rumah tersebut.

“Sesampainya dirumah pelaku anggota melakukan penggeledahan dan ditemukan kantong plastik berukuran besar yang berisikan 1 bungkus plastik bening berukuran besar berisikan narkotika jenis ganja, 2 bungkus rokok Surya yang kosong dan 1 pak plastik bening berukuran besar, 1 kotak warna hijau yang didalamnya terdapat narkotika jenis ganja serta 1 pak plastik bening berukuran sedang,” pungkas Kapolres.

Dari hasil penangkapan berhasil diamankan barang bukti berupa 1 bungkus Plastik bening berukuran sedang berisikan narkotika jenis ganja seberat 17,4 gram, 1 bungkus plastik bening berukuran sedang berisikan narkotika jenis ganja seberat 14 gram, 1 bungkus plastik bening berukuran besar berisikan narkotika jenis ganja seberat 623,2 gram, 1 buah kotak warna hijau berisikan narkotika jenis ganja seberat 3,8 gram, 2 bungkus rokok Surya, 1 pak plastik bening berukuran besar, 1 pak plastik bening berukuran kecil dan 1 buah kantong plastik berwarna hitam.

“Akibat perbuatannya pelaku dijerat dengan Pasal 114 ayat (1) dan atau Pasal 111 ayat (1) UU RI Nomor 35 tahun 2009 tentang Narkotika dengan ancaman hukuman 20 tahun penjara,” tandas Kapolres Kepulauan Yapen AKBP Indra Fahmi. (Daniel)

2 PERSONIL BHABINKAMTIBMAS TERIMA REWARD DARI KAPOLRES JAYAPURA

*Dua Anggota Polres Jayapura yang bertugas sebagai Bhabinkamtibmas menerima Reward yang diberikan langsung oleh Kapolres Jayapura. AKBP. Fredickus W.A Maclarimboen, S.IK,. M.H, dilapangan upacara Mako Polres Jayapura.

 

Rporter : Daniel eluay; Editor : Jimmy Maloali

Sentani. Jayapura. Detakpapua.com.|| Upacara bendera bulanan hari kesadaran nasional yang diselenggarakan tiap bulannya berlangsung di halaman Mapolres Jayapura. Selasa, 17/05 pagi.

Penyerahan penghargaan terhadap 2 (dua) personil berprestasi dalam pelaksanaan tugas sebagai Bhabinkamtibmas yang aktif dalam pelaporan periode Januari hingga April, diantaranya Aipda Paulus V.Y Makuba Bhabinkamtibmas Polsek Sentani Timur dan Aipda Yosafat Bemey Bhabinkamtibmas Polsek Kemtuk Gresi yang diserahkan langsung Kapolres Jayapura AKBP Fredrickus W.A Maclarimboen, S.IK., MH saat berlangsungnya upacara bulanan hari kesadaran nasional.

Upacara hari kesadaran nasional ini juga dihadiri Wakapolres Jayapura Kompol Deddy A. Puhiri, S.IK ,  para pejabat utama, anggota serta ASN Polres Jayapura.

Dalam Kesempatan ini Kapolres Jayapura AKBP Fredrickus W.A Maclarimboen, S.IK., MH mengatakan upacara bulanan yang diselenggarakan sebagai penghormatan tertinggi terhadap jasa – jasa para pahlawan bangsa “pagi ini kita melaksanakan upacara bulanan hari kesadaran nasional yang setiap rutinnya dilaksanakan setiap tanggal 17, tentunya upacara ini sebagai wujud penghargaan tertinggi terhadap jasa para pahlawan,” katanya.

Dalam rangkaian upacara Kapolres menyerahkan langsung pemberian reward atau penghargaan terhadap 2 personil Bhabinkamtibmas “pemberian reward terhadap personil berprestasi tentunya menjadi ajang bagi personil yang lain untuk meningkatkan kinerjanya,” tutupnya.(Daniel)

WARGA SENTANI HATI-HATI JIKA TIDAK MENGGUNAKAN KELENGKAPAN BERKENDARA : ADA TIM PEMBURU PELANGGAR LALIN POLRES JAYAPURA

*Gambar diatas; Pangendara motor ketika di kejar oleh Sat Lantas Polres Jayapura.

*Reporter : Daniel eluay* Editor : Jimmy Maloali

Sentani. Jayapura. Detakpapua.com,|| Patroli tim pemburu Satuan Lalu Lintas berhasil mengamankan puluhan unit motor saat berpatroli disiplin berkendara di seputaran wilayah Sentani Kab. Jayapura. Kamis, 12/05 sore.

Disiplin berlalu lintas menjadi prioritas utama dalam berkendara, baru sebulan menjabat Kasat Lantas Iptu Baharudin Buton, SH, langsung bergerak cepat dengan membentuk tim pemburu Satuan Lalu Lintas Polres Jayapura. Dipimpin Kanit Turjawali Ipda Sukarno serta melibatkan 10 personil  dan 10 unit sepeda motor tim ini berpatroli di wilayah Sentani dengan sasaran para pengendara yang tidak menggunakan helm standar, tidak dilengkapi kelengkapan berkendara dan kendaraan yang menggunakan knalpot racing.

Kapolres Jayapura AKBP Fredrickus W.A Maclarimboen, S.IK., MH melalui Kanit Turjawali Satuan Lalu Lintas Ipda Sukarno menyampaikan bahwa kegiatan patroli tersebut dilaksanakan guna menekan pelanggaran lalu lintas “seperti diketahui kecelakaan terjadi karena didahului adanya pelanggaran lalu lintas, patroli tim pemburu ini berjalan guna menekan angka kecelakaan yang ada di Kota sentani. Diharapkan kedepannya Kota Sentani menjadi kawasan tertib berlalulintas dan menjadi kota percontohan di Propinsi Papua,” ucapnya.

Dari kegiatan patroli yang dilaksanakan di seputaran jalan raya Sentani tim pemburu lalu lintas berhasil mengamankan 70 unit motor “ada sebanyak 70 unit sepeda motor yang kami amankan sementara di Kantor Satuan Lalu Lintas Polres Jayapura, 47 kendaraan telah diberikan tindakan tilang dan 23 kendaraan sementara masih menunggu pemiliknya datang,” tutupnya. (Daniel)

3 CALON SIAP BERTARUNG MENANGI JABATAN KETUA ASKAB PSSI KABUPATEN JAYAPURA

*Suasana rapat Panitia Kongres AsKab PSII Kabupaten Jayapura. 

*Reporter : Daniel Eluay; *Editor  : Jimmy Maloali

Sentani. Jayapura. Detakpapua.com.|| Pelaksanaan Kongres AsKab PSSI Kabupaten Jayapura,akan dilaksanakan hari ini  di Lantai Dua (II) Kantor Bupati Jayapura.

Calon yang lolos verifikasi untuk jkabatan ketua, wakil dan Exo, itu semua sudah melalui tahapan – tahapan yang ditentukan. Verifikasi calon sesuai formulir yang kita sebar ke semua klub aktif, kemudian klub  mengembalikannya dengan mengisi nama para calon, itulah sebabnya kita minta ke-masing-masing calon untuk melengkapi persyaratan. Panitia telah memberikan jeda waktu selama satu minggu agar calon dapat kembali melengkapi persyaratan berdasarkan format formulir yang sudah dikembalikan oleh Klub.

Hasil verifikasi data yang masuk ke panitian, sudah ada 3 calon ketua, 3 calon wakil ketua, dan 10 calon anggota EXO. Tiga calon Ketua antara lain: Mathius Awoitauw, Dantje Nere dan Stenly Ondikeleuw.

Ketua panitia Konggres Askab PSSI Kabupaten Jayapura Reymon Sokoy, kepada wartawan mengatakan, kurang lebih  23 klub yang selama 5 tahun belakangan ini aktif  dalam turnamen sepak bola, baik ditingkat Kabupaten Jayapura maupun kota Jayapura.

” Tim – tim yang aktif itulah yang akan di undang untuk mengikuti kongres, setelah badan pengurus Askab terbentuk. Sementara untuk Tim yang sudah tidak lagi aktif sampai sekarang kita akan data ulang karena mereka punya hak juga untuk bisa mengikuti kompetisi kembali, tapi kalau memang sudah tidak ada kepengurusannya atau tidak ada manajemen untuk mengelola klub itu berarti kita anggap sudah tidak aktif.

Jadi untuk tim yang sudah tidak lagi aktif akan digantikan dengan tim yang aktif saat ini di semua Kompetisi sepakbola di Kabupaten Jayapura ucap Sokoy.

Sebagai panitia kita berharap semua tim yang mengikuti kongres AsKab mempunyai pikiran yang baik. Kita tidak punya kepentingan lain, kita mengajak teman-teman yang ada yang aktif untuk hadir dalam kongres, agar kita sama-sama mensukseskan pemilihan ketua, wakil ketua dan juga 5 anggota exco.(Daniel)

 

PROGRAM UNGGULAN POLRES JAYAPURA “GABUS” TERUS MASIH BERLANJUT

*Suasana akitivitas belajar baca dan tulis, yang di lakukan oleh Srikandi Polres Jayapura kepada warga.

 

Sentani. Jayapura. Detakpapua.com,|| Gerakan baca tulis yang di ajarkan langsung Polwan Polres Jayapura terhadap mama – mama yang sedang berjualan di Kampung Toladan Sentani Kab. Jayapura. Senin, 09/05 sore.

Srikandi Polwan Polres Jayapura yang dipimpin Ipda Rismawati bersama anggotanya kembali mendatangi mama Ina Kogoya (43) seorang mama yang kesehariannya berjualan sayur di pinggir jalan Kampung Toladan Sentani, sembari berjualan mama Ina yang diketahui tidak mengenyam bangku pendidikan diajarkan langsung membaca dan menulis dalam program gerakan baca tulis (Gabus), program yang digawangi Polres Jayapura dalam membantu pemerintah mengentaskan buta aksara di Kab. Jayapura.

Kapolres Jayapura AKBP Fredrickus W.A Maclarimboen, S.IK., MH menjelaskan bahwa program yang dijalankannya bersama anggota sebagai inovasi dalam mencerdaskan kehidupan anak bangsa “melalui inovasi atau program gerakan baca tulis (Gabus), dengan menjemput bola anggota mendatangi dan mendata warga untuk diajarkan membaca maupun menulis, tentunya bagi siapa saja yang diketahui masih buta aksara,” katanya.

Lanjut Kapolres, diharapakan melalui inovasi gerakan baca tulis dapat meniadakan buta aksara di Kab. Jayapura, “tidak hanya di wilayah Sentani tetapi inovasi ini dijalankan seluruh Bhabinkamtibmas yang ada di Polsek – Polsek naungan Polres Jayapura, sesuai jadwal yang sudah disepakati bersama,” pungkasnya. (Daniel)

TIDAK BERIZIN, 660 PERSONIL TNI- POLRI DISIAGAKAN ANTISIPASI AKSI DEMO DI KAB. JAYAPURA

*Anggota Polisi dan TNI saat melukan razia kepada warga, lebih khusus yg tidak gunakan helm

Sentani. Jayapura. Detakpapua.com.|| Apel pengamanan mengantisipasi rencana aksi demonstrasi yang berlangsung di Lapangan malam Theys H. Eluay Sentani Kab. Jayapura. Selasa, 10/05 pagi.

Kapolres Jayapura AKBP Fredrickus W.A Maclarimboen, S.IK., MH memimpin langsung apel pengamanan mengantisipasi jalannya aksi demonstrasi yang rencananya akan dilakukan hari ini, 660 personil TNI Polri bersiaga di wilayah Kab. Jayapura.

Kapolres Jayapura AKBP Fredrickus W.A Maclarimboen, S.IK., MH menjelaskan bahwa walaupun aksi demonstrasi tersebut tidak diijinkan, pihaknya tetap mengsiagakan ratusan personil gabungan TNI dan anggotanya “demonstrasi tersebut tidak kami ijinkan, namun personil tetap disiagakan guna mengantisipasi hal – hal yang tidak diinginkan, ada 660 personil yang terdiri dari 277 personil Polres Jayapura, Dalmas Polda Papua 29 Personil, Brimob Polda Papua 105 personil, 249 personil TNI dari AURI, Batalyon 751 dan Koramil Sentani,” jelasnya.

Aksi demonstrasi yang rencananya akan dilaksanakan hari ini sesuai selebaran atau berita – berita di medsos menuntut penolakan otonomi khusus jilid 3 dan pemekaran daerah otomi baru “ada beberapa titik penyakatan massa oleh personil kami diantaranya pertigaan sosial, pertigaan pos 7, dan pertigaan netar, selain itu anggota juga melaksanakan razia di 2 titik berbeda yakni puspenka Hawai dan didepan Mapolsek Sentani Timur, perintah jelas jika ada massa yang berkumpul kami langsung bubarkan,” tegas Kapolres Jayapura. (Daniel)

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

PARSON HOROTA : ” KONGGRES ASKAB PSSI KABUPATEN JAYAPURA 2022 ” INI JADWALNYA..

  • Gambar diatas Plt. Ketua ASKAB PSSI Kabupaten Jayapura. Parson Horota, ketika diwawancarai oleh wartawan.

Sentani. Jayapura. Detakpapua.com.|| Pemilihan Ketua ASKAB PSSI Kabupaten Jayapura dipercepat agar bisa ikut pada ajang Pekan Olahraga Kabupaten (PORKAB) Jayapura tahun 2022.

Kepengurusan ASKAB PSSI Kabupaten Jayapura, sebelumnya tidak berjalan kurang lebih 2 tahun, hingga 2021, sehingga persiapan PORKAB 2022 siap di gelar, namun setiap cabor yang tidak ada Pengurus atau organisasi tidak aktif, tidak akan diikutkan pada kegiatan PORKAB. Jayapura.

Kita tahu bersama bahwa, Cabor tiap  Kampung atau Distrik, pasti yang paling banyak diminati warga adalah sepakbola, maka hal itu perlu, bahwa cabor sepakbola harus ikut dalam ajang PORKAB Jayapura 2022 nanti, maka Pengurus ASKAB PSSI Kabupaten Jayapura harus segera dibentuk dan dilakukan pelantikan.

Ketua Plt. ASKAB PSSI Kabupaten Jayapura. Parson Horota, ketika ditemui oleh wartawan, mengatakan, untuk pembentukan AsKab tersebut, Asosiasi Provinsi (Asprov) Papua telah mengeluarkan surat tugas kepada Plt. AsKab PSSI Kabupaten Jayapura, untuk segera fasilitasi dan melaksanakan Konggres ASKAB PSSI.

” Peserta Konggres ASKAB PSSI Kabupaten Jayapura, dilihat dari masing Klup di Kabupaten Jayapura dilihat dari klup yang 5 tahun terakhir masih aktif, itu yang dijadikan sebagai sasaran voter. Ketika dibuka pendaftaran klub – klub untuk kegiatan Konggres tercatat ada 23 klup yang sudah mendaftar. Masing – masing Klup akan mengusulkan 3 nama  untuk Calon Ketua, calon Wakil Ketua dan calon Esko,” ucap Horota.

Konggres ASKAB PSSI Kabupaten Jayapura akan dilakukan pada tanggal 13 Mey 2022, bertempat di gedung Lt. II Kantor Bupati Jayapura.

” Harapan kami sebagai Plt. Ketua ASKAB PSSI Kabupaten Jayapura, seluruh klup yang di undang untuk hadiri Konggres nantinya, harap hadir, karena kehadiran teman – teman klup sangat menentukan nasib sepakbola di Kabupaten Jayapura,” tutup Parson (Daniel)

DUKUNG & SUKSESKAN K-MAN VI 2022 ” UCCE SALON” GELAR LOMBA FASHION SHOUW YAU DAN ENGGO

*Ketua Panitia. Uce Puraro ketika ditemui diruang kerjanya.

Sentani-Jayapura detakpapua.com|| Dalam waktu dekat lomba fashion show Yau dan Enggo akan di gelar,  guna menyukseskan pelaksanaan Konggres Masyarakat Adat Nusantara (K-MAN) di Kabupaten Jayapura.

Bagi peserta fashion shouw yang dapat juara mereka akan ditempatkan untuk menemput tamu –  tamu yang datang pada kegiatan K-MAN dibulan Oktober 2022 nanti. Selain menjemput tamu – tamu, mereka juga yang mendapimgi para tamu ke.lokasi -lokasi wisata, juga Kampung – kampung yang ada sekalian mempromosikan tempat wisata dan kampung wisata Kabupaten Jayapura.

Lomba fashion show Yau & Enggo tidak hanya dilaksanakan untuk kegiatan K-MAN semata, tetapi akan terus dilakukan setiap tahun dalam rangka mempersiapkan Yau & Enggo, Ganteng dan Cantik ke tingkat Provinsi dan juga tingkat Nasional.

Ketua Panitia. Uce Puraro yang kenal dengan nama akrab medsos FB ( Putri Nolokla) itu juga menyampaikan bahwa, fashion show ini digelar untuk mengajak para kaula muda – mudi khususnya Yau dan Enggo untuk bisa tampil ganteng, cantik dan bisa belajar dan mengekspresikan diri mereka pada dunia fashion shouw, sehingga dapat terhindar dari hal – hal yang merugikan diri bahkan masa depan mereka.

Pelaksanaan lomba akan dilaksanakan pada Bulan Juni di Minggu ketiga, dan sejak tanggal 1 Mey  sampai dengan bukan Juni 2022.

Kriteria bagi Yau dan Enggo yang ingin mendaftar diantaranya.

  1. Usia 16 – 25 tahun
  2. Belum menikah
  3. KK foto Copi
  4. e-KTP foto copi

Lomba fashion shouw Yau & Enggo, lebih khusus kepada OAP (Orang Asli Papua) yang ada di Kabupaten Jayapura. Dan tidak menerima Non – OAP, dan juga tidak menerima dari dari Kabupaten dan Kota lain.

Ketua Panitia. Uce Puraro , kepada wartawan, mengatakan, Kegiatan lomba tersebut disponsori oleh Ucce Salon, yang berada di pertigaan lampu merah pasar lama Sentani (Ucce Salon) tersebut lansung dijadikan sebagai Sekertariat perlombaan fashion shouw. ” Untuk peserta yang ingin mendaftar dihargai per orang Rp. 200.000,-, kenapa di pungut biaya, karena kegiatan tersebut dilakukan lansung oleh pihak swasta dalam hal ini yang tangani lansung Uce Salon.

Sementara itu respon Pemerintah Daerah Kabupaten Jayapura sangat baik sekali untuk menyukseskan kegiatan dimaksud, dan sudah lampu hijau dari pihak Pemerintah Kabupaten Jayapura untuk mendukung suksesi kegiatan lomba fashion show ini.

” Untuk pelaksanaan kegiatan lomba telah siap, dan Panitia juga sudah melakukan audiensi bersama Bupati Jayapura, terkait pelaksanaan lomba fashion shouw tahun 2022 di Kabupaten Jayapura,” tutup Ucce (Daniel).

OK : ASKAB PSSI KABUPATEN JAYAPURA SEBAIKNYA DI PIMPIN ORANG YANG PAHAM TENTANG SEPAK BOLA

*Calon Ketua ASKAB PSSI Kabupaten Jayapura. Origenes Kaway, S.Th., ketika diwawancarai oleh wartawan di kediamannya

ASKAB PSSI Kabupaten Jayapura merupakan salah satu wadah yang merangkul persepak bolaan yang ada, dan penting untuk peningkatan dan kemajuan sepakbola.

Salah satu Calon Ketua ASKAB PSSI Kabupaten Jayapura Origenes Kaway, S.Th., mengungkapkan bahwa persepakbolaan di Kabupaten Jayapura bias dikatakan vakum, sudah tidak ada yang aktif, kecuali di Bambar yang masih menyelenggarakan turnamen YORO CUP guna  menjaga semangat  persepakbolaan di Kabupaten Jayapura.

Dalam rangka penyelenggaraan turnamen YORO CUP  sekitar 54 hingga 56 klub yang sudah terdaftar secara resmi sampai hari ini. Jadi semangat  generasi muda ini terus terjaga terpupuk karena kegiatan – kegiatan olahraga sepakbola.

 ” Mudah – mudahan  peserta tim turnamen YORO CUP mempercayakan saya sebagai ketua ASKAB PSSI Kabupaten Jayapura, saya akan berusaha mengembangkan persepakbolaan di Kabupaten Jayapura. Hari ini sepakbola sudah mati di Kabupaten Jayapura,hari sudah mati akibat  tidak ada kegiatan turnamen. Selama ini hanya YORO CUP yang masih terus berlansung dan akan terus berlangsung,” kata Kaway

Orgenses Kaway yang akrab disapa “ORI” ini menjelaskan, Kami telah menjalankan Turnamen Yoro Cup hampir 24 tahun penyelenggaraan, besok tanggal  25 Agustus 2022, Saya kan menyelenggarakan dua kegiatan satu di Bambar (Yoro Cup) dan di Grime Nawa (OK Cup), hal tersebut dilakukan untuk mewujudkan bakat – bakat pemuda pencinta bola yang terpendam, tidak ada maksud lain dalam pelaksana kegiatan turnamen tersebut dan kita sudah mulai membahas pembentukan panitia, dan rencana finalnya  akan dilaksanakan di Lapangan Bambar atau Stadion Barnabas Youwe (SBY).

Ditambahkan Kaway, siapapun bisa maju menjadi Ketua ASKAB PSSI Kabupaten Jayapura, tetapi kita kembali melihat pengalaman. Saya siap maju menjadi Ketua, urusan terpilih atau tidak terpilih itu hal yang biasa,”.

 Kalau Bambar (YORO CUP) besok berusia  25 Agustus 2022 berusia yang ke-25, dan kami buat dua turnamen, kami masih jalan, walaupun tidak ada uang. Apalagi mau kembangkan Askab PSSI di Kabupaten Jayapura dengan aturan dan semua dibiayai oleh Pemerintah. akan sangat mudah untuk menjalankan berbagai turnamen.

Ketika Kami buka turnamen, sudah 56 Klub yang mendaftar. Ini menunjukkan bahwa semangat pesepakbola di Kabupaten Jayapura masih tinggi.  Harapan Saya, peserta yang  hadir pada Konggres nanti, jangan bikin diri tidak tahu, kita tahu siapa-siapa yang maju dan semua Anak Asli Jayapura juga Anak Asli Sentani. Itu sebabnya pilihlah jangan sampai menyesal dikemudian hari, pikir baik-baik di awal memilih orang yang bisa dapat mengembangkan dunia sepak bola di Kabupaten Jayapura,” pungkas Origenes Kaway, (Daniel).

BENYAMIN YARISETOUW: PELANTIKAN PENGURUS PERTINA KABUPATEN JAYAPURA SEGERA!

*Ketua Pertina Kabupaten Jayapura. Benyamin Yarisetouw, SE .,M.Par.,AIFO.P., saat diwawancarai wartawan di lokasi Stadion Barnabas Youwe Sentani.

Sentani. Jayapura. Detakpapua.com,.||Pertama pengurus ini baru terbentuk dan pelantikan kita perkirakan dalam waktu dekat  di minggu depan, dilantik oleh Pengurus Provinsi ( Pengprov) Pertina Papua dan disaksikan oleh Ketua Umum KONI Kabupaten Jayapura, Bapak Matius Awoitauw, SE.M.Si., selaku Bupati Jayapura.

Program Pertina pertama pasti kita lakukan pembinaan generasi kita pada usia dini ,  targetnya usia 10 sampai 15 tahun yang kita bina.

Kita target kedepan mereka juga bisa bisa ambil bagian dalam memperkuat Tim Papua maupun Tim Indonesia, lima (5) tahun kepemimpinan Saya, sebagai Ketua Pertina Kabupaten Jayapura.

Kepada wartawan. Ketua PERTINA Kabupaten Jayapura.  Benyamin Yarisetouw, SE .,M.Par.,AIFO..,  Saat ini program Pertina Kabupaten Jayapura itu kita fokus pertama Pelantikan Pengurus dan kedua adalah Pekan Olahraga  Kabupaten (PORKAB) Jayapura),  bagaimana teman-teman Tinju yang ada di 19 (sembilan belas distrik) bisa ambil bagian dalam kegiatan PORKAB besok.

” Setelah PORKAB kita lihat  yang terbaik dari juara 1, 2 dan 3 itu kita ambil dan kita latih untuk menuju Pekan Olahraga Provinsi (PORPROV) PAPUA pada Bulan November tahun 2022 yang akan dilaksanakan di Jayapura,” ucap Ketua Pertina.

Ditambahkan Yarisetouw. Lewat kegiatan PORKAB ini, kita  bisa melihat Petinju – petinju yang bagus dan baik untuk mengembalikan nama Petinju di Kabupaten Jayapura. Dulu Kabupaten Jayapura banyak melahirkan Petinju – petinju besar bahkan tanah Papua, sebuah saja Charles Yarisetouw, Hengki Yarisetouw, Ayub EPA dan juga Saya (Benyamin Yarisetouw) juga lainnya. Namun sampai hari ini Kabupaten Jayapura kehilangan itu akibatnya apa belum tau pasti.

Dengan adanya Pertina, kita akan melahirkan Petinju – petinju baru, dengan proses pembinaan yang baik, nanti kita melatih, para pelatih dengan memberikan latihan tingkat dasar, wasit dan hakim supaya bisa berkembang terus, karena tinju ini berkembang terus jadi harus kita ikut kompetisi itu.

” Saya, sebagai Ketua Pertina Kabupaten Jayapura, Saya mau lihat Petinju – Petinju yang baik, akan lahir dari setiap Distrik tapi kalau target kita untuk PROPROV target juara umum,PORKAB adalah ajang seleksi untuk memperkuat tim tinju Kabupaten Jayapura. Maksimal 3 .edali emas, karena Pon XX kita telah Sumba goam 1 medali emas dari Kabupaten Jayapura,” tutup Yarisetouw, (Daniel).