Detak Papua
NEWS TICKER

WUJUDKAN “GEMPAR EMAS FAKFAK TERSENYUM” DINAS PARIWISATA KAB.FAKFAK AKAN BERKUNJUNG KE KAMPUNG ADAT KABUPATEN JAYAPURA

Selasa, 12 Juli 2022 | 12:35 pm
Reporter:
Posted by: Detak Papua
Dibaca: 24

Ilustrasi Foto : Fredy Warpopor Salah Satu Pegiat Budaya Kabupaten Fakfak

Laporan : Jimmy Maloali

Fak-fak detakpapua.com.|| Potensi pariwisata di Kabupaten Fakfak cukup menjanjikan terutama dalam upaya pelestarian alam dan budayanya. Sekedar untuk diketahui Kabupaten Fak-fak adalah salah satu Kabupaten yang kaya akan sumber daya kepariwisataan-nya. Kabupaten yang terkenal dengan budaya Satu tungku Tiga Batu ini sangat kaya dengan aneka ragam wisata bahari maupun alamnya.

Berkaitan dengan pengembangan dan pelestarian sumber daya inilah  maka Pemerintah Kabupaten Fakfak yang cukup konsern dalam upaya pengembangan potensi-potensi lokal akan berkunjung ke Kabupaten Jayapura Provinsi Papua guna melihat langsung keberadaan beberapa Kampung adat di Sentani Kabupaten Jayapura, yang kini telah menjadi tujuan Wisata.

Menurut Fredy Warpopor salah satu Putera Asli Fak-fak yang juga merupakan pegiat Budaya kepada media ini menyampaikan; sesuai dengan Surat Bupati Fakfak Nomor 556/1008/BUP/2022,  kunjungan ini sebagai bagian dari rencana identifikasi  Kampung adat di Kabupaten Fak-fak, terkait dengan strategi daerah menunjang GEMPAR EMAS (Gerakan Membangun Pariwisata dan Ekonomi Masyarakat) yang telah termuat dalam Visi Misi Kabupaten Fak-Fak TERSENYUM (Terdepan,Sejahtera, Nyaman, Unggul, Mandiri).

Kunjungan ini sendiri bermaksud melihat secara langsung bagaimana proses pembentukan Kampung Adat dan pengelolaannya. Fredy Warpopor juga menambahkan bahwa hasil kunjungan ini akan disosialisasikan ke Distrik dan Ke-Kampung-kampung di Kabupaten Fakfak.  

Berkaitan dengan kunjungan ini, Detak Papua juga berupaya mencari informasi dengan menghubungi Orgines Monim, Salah satu Perintis lahirnya Sekolah berbasis budaya dan adat Sentani. Menurut “Ori” sapaan akrab pria yang sudah belasan tahun berkecimpung dalam bidang pelestarian budaya dan adat ini membenarkan adanya kunjungan rombongan dari Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Kabupaten Fakfak yang kurang lebih berjumlah empat orang dan delapan Tokoh adat yang turut serta dalam kunjungan ini.

 Selanjutnya Origenes juga menyatakan, Kunjungan tim dari Kabupaten Fak-fak ini, akan di fasilitasi untuk berkunjung ke beberapa kampung adat yang ada di Sentani. Disinggung terkait pengembangan di Kabupaten Fak-fak, Origenes yang sudah banyak memiliki pengalaman dalam pengembangan dan pelestarian adat dan budaya mengaku dirinya siap jika suatu saat diperlukan oleh Pemerintah Kabupaten fak-fak dalam rangka pengembangan sektor pariwisata khususnya pengelolaan kampung adat dan sekolah adat sebagai wujud dari pelestarian warisan leluhur yang harus di jaga dan dilestarikan.

Berita Lainnya

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Name *

© 2020 Detak Papua. All Rights Reserved.
Design by Velocity Developer