Detak Papua
NEWS TICKER

UPAYA TINGKATKAN SDM MASYARAKAT PEMERINTAH KAMPUNG SEREH HADIRKAN PKBM

Rabu, 17 November 2021 | 5:07 am
Reporter: Daniel eluay
Posted by: Detak Papua
Dibaca: 66

Insert: Peserta didik foto bersama usai mengikuti ujian awal bersama Kepala Kampung Sereh dan Guru – guru, di Gedung Sekolah SD Negri Inpres Sereh,(Dani).

 

Sentani  – Kabupaten Jayapura | DetakPapua.com.||Upaya  penanganan masalah-masalah sosial kemasyarakatan,  Pemerintah Kampung Sereh, bergerak cepat dalam upaya mengatasi masalah sosial yang dihadapi pemerintah, khususnya Masyarakat PUTUS SEKOLAH.

Pemerintah Kampung Sereh mencoba untuk jemput bola dengan  melakukan kerja sama dengan Pusat Kegiatan Belajar Masyarakat ( PKBM) Shema Kota Jayapura.

Salah satu kesepakatan kerjasama yang sudah dilaksanakan yakni;  PKBM melaksanakan ujian paket A,B dan C. bagi Masyarakat putus sekolah, atau yang belum memiliki ijazah.

Menurut Kepala Kampung Sereh, Steven Eluay,  kerjasama kegiatan belajar ini adalah peluang untuk mengejar ketertinggalan dan menjawab kebutuhan masyarakat  kita yang putus skolah. Menurutnya Kegiatan Belajar Masyarakat ini penting bagi masyarakat kampung Sereh. KBM ini dilakukan karena sudah banyak pengalaman di masyarakat yang bisa di jadikan pelajaran.

“Saya, melihat ujian paket yang sekarang ini dijalankan agak berbeda. Sebelum ujian paket dilaksanakan para peserta didik di Pusat Kegiatan Belajar Masyarakat ini harus melakukan pertemuan rutin antara guru dan peserta didik selama kurang lebih 3 bulan, untuk sebuah proses belajar mengajar. Selain menerima materi pelajaran, para peserta didik juga diberikan materi praktek ketrampilan dan tentunya juga ujian,”ungkap Kepala Kampung sereh Steven Eluay.

Steven Eluay  juga menambahkan, Waktu belajar peserta didik PKBM ini dimulai pada jam 3 sore bertempat di kantor kampung Sereh. Pertemuan proses belajar mengajar ini dilakukan 1 Mingguu, 2 sampai 3 kali pertemuan. Saat ini peserta yang sudah terdaftar dan sedang mengikuti proses belajar kurang lebih   24 orang. Semua biaya administrasi ditanggung Pemerintah Kampung Sereh, sampai peserta menerima Ijasah Paket.

Lebih lanjut Kepala kampung sereh menambahkan Tujuan dilakukan kegiatan ini karena sesuai dengan tuntutan kebutuhan warga Kampung Sereh. Steven menjelaskan saat ini warga usia kerja membutuhkan Ijazah guna melamar pekerjaan. Sedangkan mereka yang putus sekolah tidak memiliki ijazah, hal ini yang mendorong sehingga upaya ini kami lakukan ucapnya.

” Apa gunanya kita bangun gedung dan sarana di Kampung yang megah namun SDM kita tidak memadai, dengan pikiran sederhana itulah sebagai dasar pemikiran positif pemerintah Kampung sereh, sehingga  mendukung warga putus sekolah untuk menyediakan PKBM di Kampunbg sereh agar dapat menjadi solusi bagi masyarakat usia produktif, sehingga mereka yang belum memiliki ijazah karena putus sekolah dapat menempuh pendidikan di Pusat Kegiatan Belajar PKBM ini sampai tuntas dan terima ijazah,” ucap Kepala Kampung.

Steven Eluay juga menyampaikan sebagai kepala Kampung yang bertanggung jawab, ia tetap mendampingi para peserta didik selama kegiatan prose belajar berlangsung.  “peserta didik  mereka saya yang langsung tangani,  PKBM nya guru2 dan juga para siswa yang ada. Puji Tuhan kemarin hari Senin Tanggal 15, peserta didik sudah melaksanakan ujian semester ganjil selama 4 hari dan hari Kamis ujian akhir, ungkap Kepala Kampung Sereh (de).

Berita Lainnya

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Name *

© 2020 Detak Papua. All Rights Reserved.
Design by Velocity Developer