Detak Papua
NEWS TICKER

BAWASLU PAPUA CANANGKAN KAMPUNG SEREH SEBAGAI “KAMPUNG PENGAWASAN PARTSIPATIF”

Rabu, 20 Oktober 2021 | 7:29 am
Reporter: Daniel eluay
Posted by: Detak Papua
Dibaca: 259

Insert : Foto bersama usai pencanangan Kampung Sereh sebagai Kampung Pengawasan Partisipatif, di lokasi Wisata The Helle Yo,(jm).

 

Sentani – Jayapura | DetakPapua.com.||Badan Pengawas Pemilu, Bawaslu Provinsi Papua akhirnya mencanangkan Kampung Sereh sebagai Kampung Pengawasan Partisipatif. Program ini di wujudkan di Papua dan pertama kali dilakukan di Kabupaten Jayapura dimana Kampung Sereh adalah kampung pertama yang ditetapkan sebagai kampung pengawasan partisipatif.

Turut hadir  dalam kegiatan pencanangan tersebut Bupati Kabupaten Jayapura, Mathius Awoitauw, S.E., M.Si, Ketua dan Anggota KPU Kabupaten Jayapura, Kepala Kampung Sereh, Tokoh Adat, Tokoh Pemuda, Tokoh Perempuan dan pihak keamanan. Kegiatan ini dilaksanakan di salah satu tempat wisata Kampung Sereh yakni The Hele’Yo pada Selasa (19/10/2021).

Dalam sambutannya, Bupati Jayapura, Mathius Awoitauw, mengatakan mulai saat ini, saya akan bicara tegas, mari kita dukung apa yang telah dicanangkan oleh Bawaslu ini, kita akan terus melakukan sosialisasi demi sosialisasi agar proses demokrasi yang kita harapkan dapat tercapai.

“BUpati awoitauw dalam sambutannya juga menyampaikan akan berdiri di belakang program ini untuk turut mendukung”.

Selanjutnya, anggota Bawaslu Provinsi Papua Ronald Manoach  menyampaikan, pihaknya yakin bahwa Pemilihan Serentak Tahun 2024 akan aman di Kabupaten Jayapura melalui program ini.

” Ketika program ini kita masifkan dengan partisipasi masyarakat, kita bisa jamin Pemilu tahun 2024 Kabupaten Jayapura, Provinsi Papua ini aman”, tutur Manoach dalam sambutan.

Ditambahkan, Anggota Bawaslu Provinsi Papua  Divisi Humas ini, bukan hanya pendekatan dan edukasi yang dilakukan pada masyarakat namun juga partai politik agar melahirkan SDM yang dapat mensejahterakan masyarakat.

“Partai-partai politik juga harus kita edukasi karena mereka ini sentral, bagaimana mereka mempersiapkan SDM unggul di pimilihan legislatif dan kepala-kepala daerah. Supaya mereka dibekali dengan peraturan perundang-undangan dengan nilai-nilai ketika mereka menjadi kepala daerah, mereka punya hati untuk mensejahterakan masyarakatnya”, ungkap Manoach sebelum menutup sambutannya.

Pencanangan Kampung Pengawasan Partisipatif ini ditandai dengan penandatangan Deklarasi oleh Pimpinan Bawaslu Provinsi Papua, Pimpinan Bawaslu Kabupaten Jayapura, Tokoh Adat, Tokoh Agama, Tokoh Perempuan, Tokoh Pemuda, Kepala Kampung dan Pihak Keamanan, maka Kampung Sereh telah resmi ditetapkan sebagai Kampung Pengawasan Partisipatif. (daniel).

Berita Lainnya

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Name *

© 2020 Detak Papua. All Rights Reserved.
Design by Velocity Developer