Detak Papua
NEWS TICKER

PERCEPATAN PENYELESAIAN PENEGASAN BATAS DAERAH DI PROVINSI PAPUA BARAT

Saturday, 5 June 2021 | 8:55 am
Reporter: Jimmy Maloali
Posted by: Detak Papua
Dibaca: 110

Kepala Biro Pemerintahan Provinsi Papua Barat  Agustinus M Rumbino,S.IP.M.Si Saat Pose Bersama Direktur Kawasan Perkotaan dan Batas Negara Ditjen Bina Administrasi Kewilayahan,Dr.Drs. Thomas Umbu Pati T.B, M.Si,dan Perwakilan daerah usai Penandatanganan Berita Acara(foto: by Biro Pemerintahan )

 

Manokwari detak papua.com. Menyikapi adanya deadline pemerintah pusat terkait penetapan batas wilayah antara Kabupaten yang segera harus dituntaskan sebelum tanggal 2 Juli 2021 mendatang, maka, pemerintah Provinsi papua barat melalui Biro Pemerintahan menggelar pertemuan bersama sejumlah Kabupaten yang saling bersinggungan dengan batas wilayah antara satu kabupaten dan kabupaten lainnya.

Hadir dalam Pertemuan ini antara lain perwakilan masing-masing daerah diantaranya Pemerintah Daerah Kabupaten Manokwari Selatan dalam hal ini dihadiri oleh wakil Bupati dan sejumlah pejabat terkait serta perwakilan masyarakat, wakil Bupati Kabupaten Teluk Wondama, sejumlah pejabat daerah Kabupaten Teluk Bintuni, Kabupaten Kaimana, dan juga Kabupaten Maybrat.
Sementara ada beberapa Kabupaten yang tidak sempat hadir dalam pertemuan ini. Pertemuan ini dilakukan guna mencari solusi terkait batas-batas wilayah pemerintahan agar dalam pelaksanaan pembangunan kedepan nantinya tidak menimbulkan masalah.

Ditemui Usai rapat fasilitasi percepatan penyelesaian penegasan batas daerah Direktur Kawasan Perkotaan dan Batas Negara Ditjen Bina Administrasi Kewilayahan Dr.Drs.Thomas Umbu Patti.T.B,M.Si menyampaikan, terkait dengan penyelesaian tapal batas di Provinsi Papua Barat ini menjadi tanggung jawab pemerintah pusat dan Gubernur sebagai perwakilan pemerintah pusat di daerah, maka sesuai dengan regulasinya, penyelesaian tapal batas ini akan dilakukan secara berjenjang.

Disamping itu, Kepala Biro Pemerintahan Provinsi Papua Barat, Agus.M.Rumbino. S.IP.M.Si, kepada detak papua menyampaikan dengan penetapan waktu yang disampaikan oleh Kementerian dalam negeri maka Pemerintah Provinsi Papua Barat dalam hal ini Gubernur Papua Barat akan mengambil keputusan bersama tim penentuan tapal batas Pemerintah pusat,tentunya dengan pertimbangan,saran,masukan, serta menyertakan bukti-bukti dengan melihat aspek yuridis, aspek adat,maupun aspek tekhnis lainnya. Ini harus dilaksanakan demi untuk kelancaran pemerintahan kedepan nantinya ungkap Rumbino.

Selanjutnya terkait kendala-kendala yang dihadapi oleh pemerintah terkait belum kelarnya masalah tapal batas ini Kepada detak papua Kepala Biro Pmerintahan Provinsi Papua Barat, Agus M.Rumbino.S.IP.,M.Si menyampaikan kendala utama yang dihadapi saat ini adalah sulitnya melaksanakan prioritas program. selain itu Kepala Biro Pemerintahan setda Provinsi Papua Barat juga menyampaikan ada juga kendala-kendala lainnya seperti pergantian pejabat didaerah, oleh sebab itu ia menekankan pentingnya pengarsipan dokumen. Kabiro Pemerintahan juga menyampaikan dari sisi pemerintahan pihaknya merasa perlu adanya sosialisasi ke level gress root atau ketingkat paling bawah masyarakat.
Walaupun sempat diwarnai ketegangan antara peserta yang hadir dalam pembahasan batas wilayah ini, namun pertemuan ini berlangsung dalam situasi aman dan damai. Setiap sesi pertemuan inipun di tandai dengan penandatanganan berita acara oleh masing-masing perwakilan, baik pimpinan dari setiap Kabupaten, pemerintah provinsi Papua barat dalam hal ini Biro Pemerintahan dan juga direktur Kawasan Perkotaan dan batas Negara Dirjen Bina Administrasi kewilayahan mewakili kementrian dalam negeri Republik Indonesia.(mj)

Berita Lainnya

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Name *

© 2020 Detak Papua. All Rights Reserved.
Design by Velocity Developer