Detak Papua
NEWS TICKER

I GEDE WIRADANA: PENGELOLAAN OBJEK WISATA TERKENDALA SUMBER DAYA

Wednesday, 15 September 2021 | 4:17 pm
Reporter: JimmY Maloali & Yohanes Kabes
Posted by: Detak Papua
Dibaca: 53

Insert Photo: I Gede Wiradana, Kadis Pariwisata Pemuda dan Olahraga Kabupaten Manokwari

MANOKWARI DETAKPAPUA.COM.| Kabupaten Manokwari memiliki,potensi Pariwisata yang belum dikembangkan secara maksimal. Persoalan mendasar sulit berkembangnya pariwisata di Kabupaten Manokwari salah satunya diakibatkan oleh keterbatasan sumberdaya. Hal ini disampaikan Kepala Dinas Pariwisata Kepemudaan dan Olahraga, I Gede Wiradana dalam wawancaranya bersama detak papua.com., di ruang kerjanya. Menurut Kadis Pariwisata Pemuda dan Olahraga Kabupaten Manokwari, banyak sekali potensi wisata di Kabupaten Manokwari yang harus dikembangkan, dan pihaknya sedang memulainya secara perlahan-lahan.

Banyak usulan dari warga di wilayah Kabupaten Manokwari kepada dinas pariwisata untuk pengembangan sarana pariwisata, seperti membangun jalan, MCK, menyediakan Gazebo,bahkan air bersih.  Namun tidak bisa semuanya dipenuhi oleh dinas Pariwisata. Sementara ini diutamakan yang bisa dijangkau terlebih dahulu. itupun harus menyesuaikan dengan anggaran yang dimiliki dinas saat ini.

Gede Wiradana Menambahkan tentunya untuk masa yang akan datang pihaknya akan menjalin kerjasama dengan OPD lainnya. Potensi saat ini memang banyak, tetapi jika tidak berbagi tugas, tidak akan maksimal ungkapnya. Karena untuk mengembangkan lokasi pariwisata yang menarik, dinas pariwisata juga membutuhkan dinas dan instansi teknis lainnya seperti dinas Pekerjaan Umum, Dinas Lingkungan Hidup dan lain sebagainya. Terkait pemberdayaan Masyarakat bidang Pariwisata, Kadis menyampaikan belum lama ini Dinas yang dipimpinnya telah melakukan bimbingan penataan destinasi wisata terhadap warga pengelola tempat wisata di lokasi wisata Bendungan SP 3. Selain itu pihak dinas pariwisata juga memberikan bimbingan terkait ekonomi kreatif.

Gede berharap dengan bimbingan seperti ini, masyarakat yang memiliki potensi-potensi destinasi wisata, dapat mengembangkan ekonomi kreatif untuk meningkatkan pendapatan mereka. Masyarakat harus kreatif meningkatkan potensi yang ada, sehingga pemerintah akan hadir untuk melengkapi setiap kekurangan agar pengembangan usaha sektor jasa pariwisata ini semakin hari semakin tertata secara baik. ini akan menarik minat wisatawan, selain itu juga secara tidak langsung  akan meningkatkan taraf ekonomi masyarakat.

Terkait kontribusi pariwisata terhadap daerah, Kadis Pariwisata Kabupaten Manokwari ini mengaku, untuk saat ini belum ada retribusi untuk daerah, karena lokasi-lokasi wisata masih dikelola oleh warga. Oleh sebab itu pihaknya hanya mendampingi sembari melakukan penguatan (pemberdayaan) masyarakat dilokasi wisata, salah satunya dengan memberikan pelatihan. Tetapi kedepannya pengelolaan pariwisata akan dikelola dengan baik, dan dinas Pariwisata akan tetap melakukan intervensi terhadap potensi-potensi wisata di Kabupaten Manokwari agar dapat memberikan kontribusi terhadap  peningkatan Pendapatan Asli Daerah di bidang Pariwisata (mj)

 

Berita Lainnya

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Name *

© 2020 Detak Papua. All Rights Reserved.
Design by Velocity Developer