Arsip Kategori: Pendidikan

USIA KE 74 TAHUN BUPATI DR. YUNI WENDA TERIMA PENGHARGAAN BEST FIGURE VISIONER REGENT 2022 DI BALI

SIARAN PERS

Kuta-Bali (24 Juni 2022) Majalah Nasional The One Magazine bekerja sama dengan Grand Inna Hotel Kuta dan INews TV Bali memberikan Piagam Penghargaan kepada para kepala daerah/pemerintah, Legislatif, Profesional dan BUMN yang dinilai telah memiliki kepemimpinan dan kinerja baik serta menginspirasi publik pasca pandemi Covid-19 dalam berbagai sektor secara nasional. Pada acara yang bertajuk Nusantara Golden Award 2022 dengan tema Indonesia Inspiring Figure digelar di Hotel Grand Inna Kuta, Bali (24/6) Pkl. 20.00 Wit disambut langsung, manajemen hotel yaitu GM Hotel Grand Inna Kuta-Bali.

Night Dinner diawali dengan sejumlah tarian khas bali diantaranya tari topeng dan tari sekar yang menghibur hadirin. Selain itu dipaparkan sejumlah, nominasi penerima penghargaan dari tokoh dan figur dari seluruh pelosok nusantara.

Dalam sambutannya, Pimpinan Redaksi The One Magazine Bimo Sudibyo mengatakan bahwa pemberian pengahargaan ini adalah bentuk apresiasi atas dedikasi, kinerja dan pengabdian kepada bangsa dan negara secara khusus kepada masayarakat di daerah masing-masing.

“Kepada para penerima penghargaan, perkenankan kami menyampaikan rasa bangga dan hormat disertai ucapan terima kasih atas pengabdian, prestasi dan karya dalam pembangunan di segala bidang yang telah diukir dan memberi perubahan dan manfaat kepada bangsa dan negara ini,” ucapnya

Bupati Puncak Jaya Dr. Yuni Wonda, S.Sos S.IP, MM salah Kepala daerah yang menjadi nominasi dan menerima penghargaan tingkat nasional dalam kategori The Best Government dari 9 (sembilan) Kepala Daerah yang menerima penghargaan. Penyelenggara menilai hal ini sebagai kepala daerah yang mampu menjaga daerahnya tetap dalam zona hijau dari terpaan pandemi Covid-19.

Selain kategori The Best Government untuk 9 kepala daerah, juga diumumkan penerima penghargaan pada kategori lainnya, yakni 6 orang untuk kategori The Best Legislatif dan 7 orang dari berbagai latar belakang di kategori The Best Figure.

Hadir mewakili Bupati Puncak Jaya, Kabag Protokol dan Komunikasi Pimpinan Setda Kab. Puncak Jaya Akbar Fitrianto, SSTP naik ke atas panggung menerima piagam penghargaan dan trophy dari Pimpinan Redaksi One Magazine atas nama Bupati. Selain itu hadir pula Bupati Wajo yang diwakili Kepala Dinas Kominfo juga ikut menerima penghargaan yang serupa.

Dalam penetapan penerima penghargaan berdasarkan penilaian setelah majalah nasional The One Magazine melakukan pengumpulan data, kunjungan ke daerah peserta, wawancara masyarakat dan pihak – pihak terkait serta kriteria lainnya.

Dalam sambutannya mewakili Bupati Puncak Jaya. Akbar menyampaikan terima kasih atas penghargaan yang diberikan oleh penyelenggara. “Saya mewakili Bapak Bupati Dr. Yuni Wonda yang saat ini sedang mengikuti agenda penting dan mendesak di Jakarta. Atas Nama Bapak Bupati, Jajaran Pemda dan masyarakat menyampaikan apresiasi dan terima kasih luar biasa atas penghargaan yang diberikan penyelenggara kepada beliau.” ujarnya.

Hal yang sama dikemukakan Kabag, bahwa Bupati Puncak Jaya dua hari lalu memperingati ulang tahun ke 47 Tahun. Ia berharap reward ini menjadi hadiah berkesan atas segala pencapaian Bupati Puncak Jaya.

Ia berharap bahwa dengan penghargaan ini, menjadi entri poin agar publik nasional akan lebih mengenal Puncak Jaya dengan prestasi bukan stigma negatif yang selama ini muncul bagi daerah pedalaman Papua.

Dijelaskan lebih jauh kunci keberhasilan Dr. Yuni Wonda mendapatkan penghargaan dikarenakan Pemda Puncak Jaya bersama stakeholder (TNI, Polri, Pemuka Agama) merupakan Kabupaten pertama yang melakukan lockdown ketika Wabah Pandemi bermula. Kemudian berlanjut mempertahankan status Zona Hijau konsisten.

Selain itu Bupati berhasil membawa Puncak Jaya mendapatkan predikat Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) serta sukses membawa Puncak Jaya dalam situasi yang aman dan terkandali 95% melalui pendekatan humanis.

Dengan adanya perhargaan ini, dirinya berharap bertambah lagi prestasi yang ditorehkan Bupati Puncak Jaya dalam memimpin daerahnya, hal ini merupakan sejarah baru yang belum pernah ada sebelumnya. Ditambahkan bahwa pencapaian ini adalah hasil dari partisipasi dan kontribusi semua pihak baik TNI, Polri, Tokoh adat, tokoh agama, ormas dan segenap Masyarakat Puncak Jaya untuk menuju Puncak Jaya yang sesuai Visi Misi Bupati yakni Amanah (Aman, Mandiri dan Sejahtera).

Sejumlah mahasiswa Asal Puncak Jaya yang melakukan studi di Jawa dan Bali juga turut hadir mengikuti Acara Night Dinner kepada perwakilan tokoh dan figur berpengaruh tersebut.

GUBERNUR PAPUA LUKAS ENEMBE PERTANYAKAN SERBUAN HOAX PADA DIRINYA

*Juru Bicara Gubernur Papua, M.Rifai Darus,SH.,MH ketika Jumpa Pers bersama Awak Media

Jakarta-detakpapua.com.|| Gubernur Provinsi Papua Lukas Enembe mempertanyakan serbuan hoax yang membabi buta yang ditujukan kepada dirinya, baik selaku Kepala Daerah maupun sebagai Warga Negara Indonesia seakan tidak pernah musnah. Hoax terhadap Gubernur Papua kian hari terus ber-eskalasi dan cenderung subversif.

Dalam jumpa perss yang dilaksanakan di The Hotel Sultan Jakarta ini disampaikan oleh Juru Bicara Gubernur Lukas enembe  “Perlu diinformasikan bahwa hoax yang beredar hari ini adalah mengenai “Gubernur Papua dideportasi oleh Singapura.”

Juru bicara Lukas Enembe, Muhammad Rifai Darus,dalam membcakan  Press release menyampaikan bahwa informasi tentang Gubernur Lukas enembe di Deportasi oaleh Singapura sama sekali tidak benar atau berita bohong. Menurut Jubir Gubernur Papua dalam membacakan press release tersebut, mereka (kelompok pembuat dan penyebar hoax) menggunakan teknik imposter content (konten tiruan) dan fabricated content (konten palsu) dalam memproduksi konten hoax tersebut. Rifai Darus menyatakan; Kami menemukan bahwa berita yang tersebar menggunakan “screen capture” atau tangkapan layar (bukan berupa link/tautan sebuah website). Konten gambar tersebut memuat berita yang dipublikasikan oleh (seolah-olah) media Detiknews.com dan bahkan sampai memanipulasi tampilan laman website resmi Kementerian Dalam Negeri Singapura.

Pernyataan berikutnya yang disampaikan dalam press release ini, berdasarkan hasil penelusuran yang kami lakukan, kedua gambar yang disebar secara masif tersebut merupakan hasil edit yang ditujukan untuk mengelabui para pembaca melalui pencantuman logo dan konten dari salah satu media nasional yang besar dan juga mengimitasi laman website Kementerian Dalam Negeri Singapura. Oleh sebab itu, kami meminta agar masyarakat dapat bijak apabila menerima kiriman pesan seperti itu.

Selanjutnya Gubernur Lukas Enembe berujar bahwa tindakan pelaku pembuat dan penyebar hoax ini tampaknya terlalu arogan dan sudah diluar nalar. Perbuatan yang mereka lakukan dengan membawa “Kementerian Dalam Negeri Singapura” dalam pusaran konten hoax tentu akan membuat malu bangsa kita di mata pergaulan regional ASEAN.

Gubernur memohon kepada aparat penegak hukum untuk dapat bergerak dengan cepat dalam menemukan kelompok subversif ini. Mereka sudah secara nyata merusak nama baik Negara Indonesia, Provinsi Papua dan Kepala Daerah Provinsi Papua serta merendahkan martabat seseorang dan membohongi pikiran banyak orang.

Lebih lanjut dalam press release ini disampaikan kondisi penyebaran hoax seperti ini tentunya menghadirkan paranoid bagi banyak pihak, sebab jika pejabat negara atau pejabat daerah saja dapat dengan mudah dirusak reputasinya dengan berita hoax, lantas bagaimana negara dapat melindungi rakyat secara umum?

Diakhir pernyataan melalui press release ini disampaikan, apabila kelompok pembuat dan penyebar hoax tidak segera ditindak, tidak hanya stabilitas politik yang terganggu melainkan peradaban suatu bangsa mungkin saja menjadi terhambat dan akan selalu jalan ditempat (Roy)

 

 

 

 

KAPOLDA PAPUA PIMPIN SERAH TERIMA JABATAN 3 PEJABAT UTAMA DAN 4 KAPOLRES JAJARAN

*Penanda tanganan berita acara Sertijab oleh salah satu Pejabat Polda Papua.

Reporter : Daniel Eluay; Editor Jimmy Maloali

Jayapura. Papua. Detakpapua.com,|| Kapolda Papua Irjen Pol Mathius D. Fakhiri, S.I.K mempimpin upacara serah terima jabatan 3 pejabat utama dan 4 Kapolres jajaran Polda Papua serta pelantikan PS. Kapolres Dogiyai, Rabu (18/05).

Hadir dalam kegiatan tersebut Wakapolda Papua Brigjen Pol Dr. Eko Rudi Sudarto, S.I.K, M.Si dan seluruh PJU Polda Papua.

Tiga PJU dan 4 Kapolres serta pelantikan Kapolres Dogiyai berdasarkan surta ST/747/IV/KEP./2022 dan ST/748/IV/KEP./2022.

Kombes Pol Ir. Kasmolan, M.A.P yang sebelumnya menjabat sebagai Dir Polairud Polda Papua mendapatkan promosi jabatan sebagai Kabag Binlat Robinopsnal Baharkam Polri dan digantikan oleh Kombes Pol Andi Anugrah, S.I.K.

Kombes Pol Ricko Taruna Mauruh, S.E., M.M yang sebelumnya menjabat sebagai Dir Reskrimsus Polda Papua mendapatkan promosi jabatan sebagai penyidik utama TK.II Riwassidik Bareskrim Polri dan digantikan oleh Kombes Pol Fernando Sanches Napitupulu, S.I.K.

Kombes Pol Gustav Robby Urbinas, S.H, S.I.K, M.Pd yang sebelumnya menjabat sebagai Kapolresta Jayapura Kota mendapatkan jabatan baru sebagai Kabid Propam Polda Papua.

AKBP Dr. Victor Dean Mackbon, S.H., S.I.K., M.H., M.Si. yang sebelumnya menjabat sebagai Wadir Reskrimsus Polda Papua, saat ini menempati jabatan baru sebagai Kapolresta Jayapura Kota.

AKBP I Gusti Gde Era Adhinata, S.I.K. yang sebelumnya menjabat sebagai Kapolres Mimika mendapat jabatan baru sebagai Wadir Reskrimsus Polda Papua dan digantikan oleh AKBP I Gede Putra, S.H., S.I.K. yang sebelumnya menjabat Danyon B Pelopor Satbrimob Polda Kalteng.

AKBP Ridwan, S.H, M.H yang sebelumnya menjabat sebagai Kapolres Puncak Jaya digantikan dalam rangka masa purna bakti  digantikan oleh AKBP Kuswara, S.H, S.I.K yang sebelumnya menjabat sebagai Danyon A Pelopor Sat Brimob Polda Papua.

AKBP Muhammad Jafar yang sebelumnya menjabat sebagai Kapolres Tolikara digantikan dalam rangka masa purna bakti dan akan digantikan oleh AKBP Dicky Hermansyah Saragih, S.Sos yang sebelumnya menjabat sebagai Kabag RBP Ro Rena Polda Papua.

Kompol Bambang Suranggono, S.Sos. yang sebelumnya menjabat sebagai Kanit 2 Subdit 4 Dit Intelkam Polda Papua mendapatkan promosi jabatan sebagai P.S. Kapolres Dogiyai.

Kapolda Papua pada kesempatannya mengatakan kegiatan serah terima jabatan dalam suatu organisasi adalah merupakan bagian dari mekanisme dan dinamika organisasi yang bertujuan untuk meningkatkan dan mengembangkan organisasi, memberikan kesejahteraan personel berupa peningkatan promosi jabatan dan menyiapkan regenerasi sehingga organisasi tetap berjalan dan berkesinambungan.

“Selain itu, mutasi pada suatu jabatan diharapkan juga dapat mengakselerasikan pelaksanaan program kerja yang telah dirumuskan sehingga dapat berjalan dengan efektif dan mengalami peningkatan kualitas kesatuan, baik dalam bidang pembinaan maupun operasional, sehingga dapat menumbuhkan semangat pengabdian yang tinggi serta mengukir prestasi pada setiap penugasan yang semata-mata berorientasi kepada pelayanan terhadap masyarakat,” ucap Kapolda.

Lanjut Kapolda, kepada pejabat yang baru dan kepada kepada Kombes Pol Andi Anugrah, S.I.K, dan AKBP I Gede Putra, S.H., S.I.K. selamat datang di bumi Cenderawasih. Serta kepada pejabat yang baru dilantik atas nama pribadi dan kesatuan saya ucapkan selamat atas kepercayaan pimpinan Polri dan promosi untuk menduduki jabatan baru sebagai Pejabat Utama dan Kapolres di jajaran Polda Papua.

“Saya mengharapkan untuk segera beradaptasi dilingkungan kerja yang baru dan hal-hal positif yang telah dibangun selama ini oleh pejabat lama agar ditindak lanjuti dan ditingkatkan. Saya yakin dan percaya, dengan bekal pengalaman dan latar belakang pendidikan yang telah saudara miliki, saudara mampu meningkatkan kinerja pada kesatuan yang akan anda pimpin,” ujar Irjen Pol Fakhiri.

Selain dari pada itu diera modernisasi dan keterbukaan informasi sekarang ini, Polri dituntut untuk melaksanakan tugas secara profesional dan inovatif guna mendukung dan mensukseskan program prioritas Kapolri yang bertujuan menjadikan sumberdaya manusia (SDM) Polri yang unggul di Era Police 4.0. dan peningkatan pelayanan terhadap masyarakat.

“Kita juga masih dihadapkan pada Covid-19 yang sampai dengan saat ini masih ada dan perlu kita waspadai. Meskipun herd immunity atau kekebalan ditengah masyarakat Indonesia sudah terbentuk namun, kita harus tetap mengingatkan kepada masyarakat agar selalu mematuhi protokol kesehatan,” kata Kapolda Papua.

Kapolda menambahkan kepada seluruh personel Polda Papua, saya harapkan senantiasa memberikan dukungan kepada pejabat yang baru, serta membangun kerjasama yang harmonis sebagaimana kerjasama yang telah ditunjukkan selama ini kepada pejabat lama untuk selanjutnya dapat diteruskan dan bahkan ditingkatkan kepada pejabat baru.

“Jadikanlah serah terima jabatan ini sebagai momentum untuk memacu dan meningkatkan kembali semangat, disiplin dan etos kerja dalam pelaksanaan tugas di Polda Papua. Mari kita songsong tugas kedepan dengan satu keyakinan dan optimisme serta sikap positif, tidak lupa saya ucapkan terima kasih atas kesanggupannya dalam pelaksanaan tugas yang telah dilaksanakan selama ini, semoga Tuhan yang maha Esa selalu memberkati dan menyertai kita sekalian,” ungkap Kapolda Papua Irjen Pol Mathius Fakhiri. (Daniel)

WARGA SENTANI HATI-HATI JIKA TIDAK MENGGUNAKAN KELENGKAPAN BERKENDARA : ADA TIM PEMBURU PELANGGAR LALIN POLRES JAYAPURA

*Gambar diatas; Pangendara motor ketika di kejar oleh Sat Lantas Polres Jayapura.

*Reporter : Daniel eluay* Editor : Jimmy Maloali

Sentani. Jayapura. Detakpapua.com,|| Patroli tim pemburu Satuan Lalu Lintas berhasil mengamankan puluhan unit motor saat berpatroli disiplin berkendara di seputaran wilayah Sentani Kab. Jayapura. Kamis, 12/05 sore.

Disiplin berlalu lintas menjadi prioritas utama dalam berkendara, baru sebulan menjabat Kasat Lantas Iptu Baharudin Buton, SH, langsung bergerak cepat dengan membentuk tim pemburu Satuan Lalu Lintas Polres Jayapura. Dipimpin Kanit Turjawali Ipda Sukarno serta melibatkan 10 personil  dan 10 unit sepeda motor tim ini berpatroli di wilayah Sentani dengan sasaran para pengendara yang tidak menggunakan helm standar, tidak dilengkapi kelengkapan berkendara dan kendaraan yang menggunakan knalpot racing.

Kapolres Jayapura AKBP Fredrickus W.A Maclarimboen, S.IK., MH melalui Kanit Turjawali Satuan Lalu Lintas Ipda Sukarno menyampaikan bahwa kegiatan patroli tersebut dilaksanakan guna menekan pelanggaran lalu lintas “seperti diketahui kecelakaan terjadi karena didahului adanya pelanggaran lalu lintas, patroli tim pemburu ini berjalan guna menekan angka kecelakaan yang ada di Kota sentani. Diharapkan kedepannya Kota Sentani menjadi kawasan tertib berlalulintas dan menjadi kota percontohan di Propinsi Papua,” ucapnya.

Dari kegiatan patroli yang dilaksanakan di seputaran jalan raya Sentani tim pemburu lalu lintas berhasil mengamankan 70 unit motor “ada sebanyak 70 unit sepeda motor yang kami amankan sementara di Kantor Satuan Lalu Lintas Polres Jayapura, 47 kendaraan telah diberikan tindakan tilang dan 23 kendaraan sementara masih menunggu pemiliknya datang,” tutupnya. (Daniel)

LAKSANAKAN BINAROHANI & MENTAL, CIPTAKAN KARAKTER PERSONIL POLRI YANG RELIGIUS

*Kegiatan pembinaan rohani kepada anggota Polres Jayapura.

*Reporter : Daniel eluay* Editor : Jimmy Maloali

Sentani. Jayapura. Detakpapua.com,|| Bertempat di Kapel Yehezkiel dan Masjid Al Amin Polres Jayapura, Personil Polres Jayapura melaksanakan Pembinaan rohani dan mental (Binrohtal) Polri, Jumat  (13/05) pagi.

Kapolres Jayapura AKBP Fredrickus W.A Maclarimboen, S.IK., MH melalui Kasie Humas IPTU Iwan, S.E menekankan pentingnya disiplin anggota dalam pelaksaan tugas yang sesuai dengan prosedur standar, Polri yang tegas, disiplin dalam tugas tetap humanis dan tidak arogan dalam menyelesaikan segala pemasalahan.

“Perlu terus ditingkatkan kegiatan pembinaan rohani dan mental (Binrohtal) kepada personil Polres Jayapura agar sikap mental personil dapat menciptakan hasil pelaksanaan tugas yang baik dan bijaksana serta dapat dipertanggungjawabkan, sehingga Citra Polres Jayapura akan semakin baik di mata Masyarakat khususnya di kabupaten Jayapura, ucap IPTU Iwan.

Bina Rohani dan mental bagi yang beragama Islam dilaksanakan di Mushola Al Amin dengan membaca Surat Yaasin, dzikir dan doa yang dipimpin oleh ustad Mahmud Gani. Sementara  untuk Agama Kristen dilaksanakan di Kapel Yehezkiel.

Kasie Humas melanjutkan, bahwa pentingnya hubungan dengan Tuhan adalah wajib sebagai bentuk penghambaan diri sebagai manusia kepada sang khalik, dengan cara meningkatkan ibadah kepada Tuhan adalah bentuk manifestasi rasa syukur atas segala karunia dan hidayah-Nya.

“Dengan dilaksanakannya pembinaan rohani dan mental para personil Polres Jayapura,diharapkan dapat meningkatkan iman dan taqwa agar karakter personel polres Jayapura berubah menjadi lebih baik dalam pelaksanaan tugas sehari-hari,” tutupnya. (Daniel)

SAMBUT LEBARAN BANDARA SENTANI AKTIFKAN POSKO TERPADU

*Nampak diatas semua Unsur Foto bersama usai Apel Pembukaan Posko

Sentani. Jayapura. Detakpapua.com|| Sore hari ini (24/04) PT Angkasa Pura I melaksanakan apel pembukaan Posko Angkutan Udara Lebaran Tahun 2022 (1443H) di Bandara Sentani berdasarkan instruksi Kementerian Perhubungan No 01 Tahun 2022 tentang Angkutan Lebaran Tahun 2022 (1443H). Posko ini berlokasi di area selasar Bandara dan dilaksanakan selama 16 (enam belas) hari mulai tanggal 25 April sampai dengan 10 Mei 2022.

Pelaksanaan posko ini melibatkan seluruh Stakeholder bandara sentani (TNI AU, Polsek KP3, Koramil, LPPNPI / Airnav, maskapai, ground handling, KKP). Kami berharap semua stakeholder Bandara Sentani dapat bekerja sama dengan baik, solid dan saling menjaga koordinasi, komunikasi agar kegiatan operasional selama posko dapat berjalan dengan baik serta meminimalisir adanya incident maupun accident di bandara dan kami berharap seluruhnya tetap melaksanakan protokol kesehatan di bandara secara ketat.

Posko Angkutan Udara Lebaran Tahun 2022 secara resmi di buka oleh Iwan Novi Hantoro selaku General Manager Bandara Sentani pada hari ini (25/4) pukul 15.00 WIT yang dihadiri oleh Management PT Angkasa Pura I Bandara Sentani serta para pihak yang terlibat posko.

Prediksi puncak kepadatan arus mudik (keberangkatan) lebaran terjadi pada h-4 yaitu pada Kamis, 29 April 2022 sebanyak 3.597 penumpang. Sedangkan puncak kepadatan arus balik (kedatangan) lebaran diperkirakan terjadi pada h+5 yaitu pada Jumat, 8 Mei 2022 sebanyak 3.134 penumpang.

Untuk pelaporan data pergerakan trafik posko terpadu nantinya akan diperbarui setiap hari dan dapat dimonitor langsung di posko terpadu angkutan lebaran tahun 2022

“Untuk periode Posko Angkutan Udara Lebaran Tahun 2022 dimana terdapat momen lebaran Idul Fitri 1443 Hijriyah, maka saya menghimbau kepada pengguna jasa yang akan melakukan penerbangan untuk dapat mempersiapkan dokumen sebaik mungkin sesuai dengan regulasi pemerintah dan menjaga penerapan protokol kesehatan dan agar calon penumpang mengisi e-hac pada aplikasi Peduli Lindungi sebelum keberangkatan sehingga perjalanannya dapat berjalan lancar ” ucapnya

“Kami prediksi trafik penumpang harian di Bandara Sentani pada periode Posko Angkutan Lebaran 2022 mengalami kenaikan  37 % dimana rata-rata menjadi 5.069 an penumpang dari sebelumnya 3.700 penumpang per hari ” tutup Surya, (Daniel).

LANTAS RES JAYAPURA TETAPKAN KTL DI WILAYAH DISTRIK SENTANI KABUPATEN JAYAPURA

*Kasat Lantas Polres Jayapura. AKP. Baharudin Buton, ketika diwawancarai oleh wartawan media on line detakpapua com, di Mako Lantas Res Jayapura.

Sentani. Jayapura. Detakpapua.com.|| Upaya memberikan kesadaran bagi masyarakat khusus pengguna kendaraan roda dua / motor wajib melengkapi kendaraan dan menggunakan helm. Kurangnya partisipasi pengguna kendaraan dalam menggunakan helm, Polres Jayapura melalui Sat Lantas akan rutin melaksanakan swiping kelengkapan kendaraan.

Kasat lantas Res Jayapura. AKP. Baharudin Buton, kepada wartawan mengatakan, perlu diketahui bahwa KTL (Kawasan Tertib Lalu lintas) mulai dari Jembatan Pojok sampai Jembatan Tahara Sentani, warga pengguna kendaraan bermotor wajib gunakan helm saat berkendara.

” Sesuai data dilapangan menunjukan masih minimnya kesadaran warga untuk menggunakan helm saat berkendara motor dan juga angka kecelakaan yang terjadi cukup meninggal bahkan meninggal dunia. Maka itu kami Satuan Lantas Polres Jayapura melakukan kegiatan swipimg untuk mengingatkan agar warga sadar untuk kelengkapan kendaraan dan juga keselamatan dirinya,” tegas Kasat Lantas saat ditemui di Mako Lantas Sentani.

Baharudin, juga menambahkan, sejak dilakukan razia atau swipimg kendaraan pada bulan Maret 2022, terdapat 88 kendaraan yang terjaring karena tidak menggunakan helm.dan telah melakukan tindakan tilang terdapat 50 kendaraan motor dan lainnya masih diberikan tolerasi.

Kedepan kegiatan swipimg akan lebih tingkatkan untuk melihat lansung nomor rangka dan mesin, untuk mengecek apakah kendaraan tersebut hasil curian atau tidak. Jika kedapan curanmor maka akan dilaporkan kepada Sat Reskrim untuk penindakan lebih lanjut. Tegas Buton.

” Selama Bulan Suci Ramadhan atau bulan puasa yang dijalankan oleh umat Muslim, diharapkan untuk kita bersama – sama untuk mengendarai kendaraan dengan trtib dan juga kenalpot motor harus gunakan yang standar agar tidak mengganggu orang lain yang menjalankan ibadah puasa,” tutup Kasat Lantas Res Jayapura,(Daniel)

PERAYAAN PASKAH IKAWATI ATR / BPN LAKUKAN KUNJUNGAN KASIH KE PANTI ASUHAN DI SENTANI

*Foto bersama IKAWATI ATR/BPN Papua bersama Anak – anak Panti Asuhan

 

Sentani. Jayapura. Detakpapua.com||Setiap umat kristen merayakan paskah dengan cara yang berbeda – beda seperti yang di lakukan oleh Ikatan Istri Karyawan dan Karyawati ATR / BPN ( IKAWATI ATR / BPN ) se – Provinsi Papua pada Rabu 20 april 2022 mereka mengunjungi panti asuhan di sentani untuk Ibadah dan berbagi kasih

Ikawati ART / BPN pada momen paskah tahun 2022 mereka mengunjungi Panti Asuhan Santo Egidius Polomo Sentani Kabupaten Jayapura

Pada Ibadah itu Ikawati ATR / BPN bersama anak anak panti asuhan dipimpin oleh Pastor Jhon Bunay dengan tema paskah ” Tak Terpisahkan Dari Kasih Allah ” dalam pengayatan Firman Pastor Jhon mengajak semua selalu harus dengan hati yang tulus melakukan hal kasih sesama manusia dan kepada Tuhan

Setelah Ibadah Ibu Alberthina Aleida Erari Aufa Ketua  Ikawati ATR / BPN Provinsi Papua menyerahkan bantuan kepada Pastor Didimus Kaki OFM sebagai pimpinan panti asuhan , bantuan yang diberikan berupa sembako dan sejumlah uang guna menopang panti asuhan dalam pelayanan kepada anak – anak nantinya

Pada sambutan Ibu Ketua Ikawati ATR / BPN Provinsi Papua menyampaikan kedatangan mereka ke panti ini merupakan kunjungan kasih untuk berbagi berkat kepada sesama kita juga mereka sangat rindu bertemu dengan anak anak panti asuhan, mereka merupakan gabungan dari Ikawati – Ikawati ATR / BPN kabupaten – kota wilayah  papua

” kami datang kesini kami ingin bertemu anak – anak , terima kasih bapa pemimpin panti asuhan yang telah menerima kami ” kata Ibu Ketua Ikawati ATR / BPN Provinsi Papua

Pada momen yang sama Pastor Didimus Kaki OFM pemimpin panti asuhan juga menyampaikan terima kasih atas kunjungan dan bantuan kasih yang di berikan , bantuan ini sangat bermanfaat bagi kami di panti asuhan semoga Ikawati ATR / BPN di berkati Tuhan dalam setian kerja dan tanggung jawab di rumah , tempat kerja juga dalam organisasi

Pastor Didimus juga menjelaskan tentang panti asuhan ini merupakan salah satu unit karya dari Yayasan Putri Kerahiman Papua ( YAPUKEPA ) dimana di dalam panti ini adalah anak – anak yantim piatu dan keluarga tidak mampu dari berbagai daerah pedalaman di Papua

Lanjut Pastor , anak – anak disini berjumlah 37 orang mereka di sini sekolah tingkat SMP dan SMA di harapkan anak anak akan tinggal di sini sampai selesai sekolah dan mencari pekerjaan , pengurus panti asuhan juga tidak menutup kemungkinan akan tetap membantu atau mendampingi mereka sampai masuk kuliah nanti , tutup pastor Didimus. (Daniel)

DIRUT PDAM JAYAPURA RAIH TOP CEO BUMD AWARDS 2022

* Dirut PDAM Jayapura. Entis Sutisna raih Penghargaan Tip BUMD       Awards 2022

Jayapura. Papua. Detakpapua.com.||Direktur Utama PDAM Jayapura Dr. H. Entis Sutisna, SE, MM raih penghargaan Top BUMD Awards 2022 kategori Top CEO BUMD 2022. Penghargaan tersebut diraih bersamaan dengan 4 kategori lainnya, yakni kategori Top Pembina BUMD 2022, Perumda Air Minum Bintang 4, dan Top BUMD Bidang Khusus Penyediaan Air Bersih dalam PON XX Papua 2021. Atas capaian tersebut, diharapkan semakin memotivasi segenap tukang ledeng dalam meningkatkan pelayanan air bersih di masyarakat.

Dirut mengapresiasi penyelenggara Top BUMD Awards 2022 atas penghargaan mengalami peningkatan dari tahun sebelumnya. “Keempat kategori penghargaan tersebut merupakan sebuah prestasi yang meningkat dibanding tahun lalu, di mana sebelumnya meraih 3 kategori penghargaan dan tahun ini meraih 4 kategori. Di dalamnya ada apresiasi terhadap PDAM Jayapura dalam mensukseskan PON XX Papua tahun 2021, dan akan menjadi motivasi serta semangat dari segenap tukang ledeng Jayapura untuk semakin eksis dan mengembangkan kinerja,” katanya menanggapi Top BUMD Awards 2022, Selasa (19/4). Kegiatan penganugrahan tersebut dihadiri oleh Bupati Jayapura, Asisten III Pemkot Jayapura,Sekretaris Dewan Pengawas dan Direktur Umum PDAM Jayapura

Majalah Top Business juga menganugerahkan kepada PDAM Jayapura, penghargaan penyediaan air bersih pada PON XX Papua 2021. Dirut mengatakan bahwa di tengah pesimistis tidak mampu melayani kontingen, ofisial dan tamu daerah sekitar 20 ribu penonton, PDAM tetap memaksimalkan sumber daya yang ada. “Kami standby membantu instalasi sarana air bersih di masing-masing venue, melakukan pemeriksaan ketersediaan air bersih di seluruh venue, bahkan PDAM melakukan upaya maksimal dengan mengadakan kendaraan operasional truk tangki air sebanyak 3 unit, dan operasional mobil pick up sebanyak 5 unit ditambah 2 mobil operasional jenis mini bus,” katanya.

Sementara di kategori Top Pembina BUMD 2022, keberhasilan PDAM adalah sebuah bentuk dukungan Wali Kota Jayapura Dr. Benhur Tomi Mano, MM dan Bupati Jayapura Mathius Awoitauw, SE, MSi. Dukungan untuk melakukan inovasi, diversifikasi usaha, saran perbaikan baik di penagihan rekening air, penurunan kebocoran air, memaksimalkan potensi SDM, merupakan kontribusi nyata pembina yang mendorong PDAM lebih maju. Dukungan lain adalah penyertaan modal Pemerintah Kota Jayapura sebesar Rp 4,5 Milyar. (Daniel)

PT. AP 1 BERAMA MASKAPAI DAN MITRA USAHA GELAR HUT KARTINI DI BANDARA SENTANI

*Gambar Diatas: Salah satu petugas yang berbusana kebaya, saat melayani  penumpang diareal Bandara Sentani. 

Sentani. Jayapura. Detakpapua.com.|| Hari Kartini selalu dimeriahkan dengan berbagai acara yang dianggap dapat mengenang jasa Kartini salah satunya di Bandara Sentani dimana para wanita berkebaya tampak melayani penumpang pada hari ini. Kegiatan ini dilaksanakan dalam rangka memperingati dan memeriahkan Hari Kartini yang diperingati setiap tanggal 21 April ini.

Para petugas bandara baik dari maskapai, mitra usaha dan personil dari PT Angkasa Pura I menggunakan kebaya dalam rangka memeriahkan hari kartini 2022 di Bandara Sentani. Kegiatan ini merupakan program bersama PT Angkasa Pura I, maskapai dan mitra usaha.

Diharapkan dapat sekaligus memberikan pelayanan dan kesan kepada para penumpang di Bandara Sentani

Kegiatan kami hari ini merupakan bukti komitmen kami dalam memberikan service excellent kepada para pengguna jasa. Kami akan selalu berusaha meningkatkan pelayanan dan fasilitas kami di Bandara Sentani ujar Humas Bandara Sentani, (Daniel).