Arsip Kategori: Olah Raga

USIA KE 74 TAHUN BUPATI DR. YUNI WENDA TERIMA PENGHARGAAN BEST FIGURE VISIONER REGENT 2022 DI BALI

SIARAN PERS

Kuta-Bali (24 Juni 2022) Majalah Nasional The One Magazine bekerja sama dengan Grand Inna Hotel Kuta dan INews TV Bali memberikan Piagam Penghargaan kepada para kepala daerah/pemerintah, Legislatif, Profesional dan BUMN yang dinilai telah memiliki kepemimpinan dan kinerja baik serta menginspirasi publik pasca pandemi Covid-19 dalam berbagai sektor secara nasional. Pada acara yang bertajuk Nusantara Golden Award 2022 dengan tema Indonesia Inspiring Figure digelar di Hotel Grand Inna Kuta, Bali (24/6) Pkl. 20.00 Wit disambut langsung, manajemen hotel yaitu GM Hotel Grand Inna Kuta-Bali.

Night Dinner diawali dengan sejumlah tarian khas bali diantaranya tari topeng dan tari sekar yang menghibur hadirin. Selain itu dipaparkan sejumlah, nominasi penerima penghargaan dari tokoh dan figur dari seluruh pelosok nusantara.

Dalam sambutannya, Pimpinan Redaksi The One Magazine Bimo Sudibyo mengatakan bahwa pemberian pengahargaan ini adalah bentuk apresiasi atas dedikasi, kinerja dan pengabdian kepada bangsa dan negara secara khusus kepada masayarakat di daerah masing-masing.

“Kepada para penerima penghargaan, perkenankan kami menyampaikan rasa bangga dan hormat disertai ucapan terima kasih atas pengabdian, prestasi dan karya dalam pembangunan di segala bidang yang telah diukir dan memberi perubahan dan manfaat kepada bangsa dan negara ini,” ucapnya

Bupati Puncak Jaya Dr. Yuni Wonda, S.Sos S.IP, MM salah Kepala daerah yang menjadi nominasi dan menerima penghargaan tingkat nasional dalam kategori The Best Government dari 9 (sembilan) Kepala Daerah yang menerima penghargaan. Penyelenggara menilai hal ini sebagai kepala daerah yang mampu menjaga daerahnya tetap dalam zona hijau dari terpaan pandemi Covid-19.

Selain kategori The Best Government untuk 9 kepala daerah, juga diumumkan penerima penghargaan pada kategori lainnya, yakni 6 orang untuk kategori The Best Legislatif dan 7 orang dari berbagai latar belakang di kategori The Best Figure.

Hadir mewakili Bupati Puncak Jaya, Kabag Protokol dan Komunikasi Pimpinan Setda Kab. Puncak Jaya Akbar Fitrianto, SSTP naik ke atas panggung menerima piagam penghargaan dan trophy dari Pimpinan Redaksi One Magazine atas nama Bupati. Selain itu hadir pula Bupati Wajo yang diwakili Kepala Dinas Kominfo juga ikut menerima penghargaan yang serupa.

Dalam penetapan penerima penghargaan berdasarkan penilaian setelah majalah nasional The One Magazine melakukan pengumpulan data, kunjungan ke daerah peserta, wawancara masyarakat dan pihak – pihak terkait serta kriteria lainnya.

Dalam sambutannya mewakili Bupati Puncak Jaya. Akbar menyampaikan terima kasih atas penghargaan yang diberikan oleh penyelenggara. “Saya mewakili Bapak Bupati Dr. Yuni Wonda yang saat ini sedang mengikuti agenda penting dan mendesak di Jakarta. Atas Nama Bapak Bupati, Jajaran Pemda dan masyarakat menyampaikan apresiasi dan terima kasih luar biasa atas penghargaan yang diberikan penyelenggara kepada beliau.” ujarnya.

Hal yang sama dikemukakan Kabag, bahwa Bupati Puncak Jaya dua hari lalu memperingati ulang tahun ke 47 Tahun. Ia berharap reward ini menjadi hadiah berkesan atas segala pencapaian Bupati Puncak Jaya.

Ia berharap bahwa dengan penghargaan ini, menjadi entri poin agar publik nasional akan lebih mengenal Puncak Jaya dengan prestasi bukan stigma negatif yang selama ini muncul bagi daerah pedalaman Papua.

Dijelaskan lebih jauh kunci keberhasilan Dr. Yuni Wonda mendapatkan penghargaan dikarenakan Pemda Puncak Jaya bersama stakeholder (TNI, Polri, Pemuka Agama) merupakan Kabupaten pertama yang melakukan lockdown ketika Wabah Pandemi bermula. Kemudian berlanjut mempertahankan status Zona Hijau konsisten.

Selain itu Bupati berhasil membawa Puncak Jaya mendapatkan predikat Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) serta sukses membawa Puncak Jaya dalam situasi yang aman dan terkandali 95% melalui pendekatan humanis.

Dengan adanya perhargaan ini, dirinya berharap bertambah lagi prestasi yang ditorehkan Bupati Puncak Jaya dalam memimpin daerahnya, hal ini merupakan sejarah baru yang belum pernah ada sebelumnya. Ditambahkan bahwa pencapaian ini adalah hasil dari partisipasi dan kontribusi semua pihak baik TNI, Polri, Tokoh adat, tokoh agama, ormas dan segenap Masyarakat Puncak Jaya untuk menuju Puncak Jaya yang sesuai Visi Misi Bupati yakni Amanah (Aman, Mandiri dan Sejahtera).

Sejumlah mahasiswa Asal Puncak Jaya yang melakukan studi di Jawa dan Bali juga turut hadir mengikuti Acara Night Dinner kepada perwakilan tokoh dan figur berpengaruh tersebut.

KENIUS KOGOYA CALON TUNGGAL KETUA UMUM KONI PAPUA

*Ketua Tim Pendaftaran&Penjaringan BENJAMIN YENSENEM ketika memberikan keterangan usai Verifikasi berkas Kandidat Ketua Umum KONI Papua*

JAYAPURA DETAKPAPUA.COM|| Tepat pukul 17.00 WIT Pendaftaran dan penjaringan bakal calon ketua umum KONI PROVINSI PAPUA periode 2021-2025 resmi ditutup.

Pendaftaran yang  dibuka sejak 31 Mei 2022 hingga 1 Juni 2022 hanya 2 bakal calon yang resmi mendaftarkan diri di sekertariat pendaftaran dihari terakhir. Kedua calon tersebut yakni Decky kayame  dan Kenius Kogoya.

Setalah melakukan pendaftaran bakal calon tim penjaringan dan penyaringan langsung melakukan verifikasi berkas.

Ketua tim penjaringan Benjamin Yensenem mengaku dari hasil verifikasi bakal calon Deky kayame dinyatakan tidak lolos dikarena hanya mendapat 1 dukungan KONIDA Nabire.

Sedangkan bakal calon Kenius Kogoya mendapat dukungan dari 15 KONIDA dan 25 cabor.

Yensenem mengaku sesuai persyaratan bakal calon dinyatakan lolos jika mendapat dukungan dari 9 KONIDA dan 17 Cabang Olahraga

Untuk itu Kenius Kogoya dinyatakan lolos dan maju sebagai calon tunggal ketua umum KONI Provinsi Papua dalam musyawarah provinsi yang akan digelar selama dua hari yakni tanggal 7 dan 8 juni 2022.

Setelah menyatakan dengan resmi hasil verifikasi, pendaftaran dan penjaringan bakal calon ketua umum KONI Provinsi Papua periode 2021-2025 resmi ditutup (Jo).

DAFTAR CALON KETUA KONI PAPUA, 15 KONIDA DUKUNG KENIUS KOGOYA

Jayapura Detak Papua.Com|| Didukung 15 KONI Daerah dan 24 cabang olah raga, Sekertaris umum KONI Provinsi Papua Kenius Kogoya secara resmi mendaftarkan diri sebagai bakal calon ketua umum Komite Olahraga Nasional Indonesia Provinsi Papua Selasa 1 Juni 2022.

Bertempat di sekertariat pendaftaran tim pemenangan Kenius Kogoya menyerahkan seluruh berkas  administrasi yang menjadi pesyaratan kepada tim penjaringan dan penyaringan calon ketua umum KONI Papua masa bakti 2021-2025.

Dengan kelengkapan persyaratan Ketua tim pemenangan Buce hukunala sangat yakin kenius Kogoya akan terpilih menjadi ketua umum KONI Papua.

Setelah tim pemenangan Kenius Kogoya tidak ada yang mendaftarkan diri. Tepat pukul 17.00 WIT pendaftaran dan penjaringan bakal calon ketua umum KONI Papua akhirnya ditutup.(Jo)

UGW KOMITMEN KEMBANGKAN POTENSI OLAHRAGA DI TOLIKARA

Laporan : Joice Rumkorem

Jayapura Detak Papua.com.,|| Bertempat di wisma atlet, Sekertaris umum Komite Olahraga Nasional Indonesia Provinsi Papua Kenius Kogoya secara resmi melantik Usman Genongga Wanimbo sebagai ketua KONI Kabupaten Tolikara periode 2021-2025.

Usai dilantik Ketua KONI Kabupaten Tolikara Usman Genongga Wanimbo mengaku selama ini lebih fokus untuk dua cabor, yaitu Sepak Bola Putra dan Putri yang lebih dikenal dengan nama Toli FC. Srikandi dari Tolikara telah mengharumkan nama Papua khususnya Tolikara sampai di Tingkat Nasional. Terbukti dari kemenangan yang di raih berturut-turut pada ajang Pertiwi cup. Tidak hanya Pertiwi cupGalanita Toli FC juga berhasil mengharumkan nama Papua pada ajang PON 2021 lalu.

Sepak terjang orang nomor satu di kabupaten Tolikara dibidang olahraga ini juga sudah terbukti. Selain membina cabor sepak bola UGW fokus membina cabor paralayang.

UGW juga berjanji akan terus meningembangkan talenta pemuda pemudi Tolikara pada cabang olahraga lainnya.

Sementara itu Sekertaris umum KONI Papua Kenius Kogoya berharap KONI Tolikara dapat menjadi wadah untuk menjaring atlit muda yang berpontensial untuk dibina  di KONI PAPUA agar dapat memperkuat atlit Papua lainnya di ajang paling bergengsia tingkat nasional maupun internasional.

Kenius juga berpesan KONI Tolikara dapat mengembangkan cabang olah raga lainnya/karena dirinya yakin masih banyak pemuda maupun pemudi yang berpontensi di bidang olah raga. (jo).

PEMERINTAH PROVINSI PAPUA LAUNCHING PAPUA MENUJU PROVINSI OLAHRAGA

Jakarta Detak Papua.Com.|| Gagasan menjadikan Papua sebagai Provinsi olahraga mengemuka sejalan dengan prestasi yang dicapai Provinsi Papua Pada PON XX dan PEPARNAS XVI yang baru lalu. Suatu prestasi yang dicapai dari persiapan panjang dan tekad yang bulat untuk menunjukkan bahwa Papua mampu mencapai prestasi yang tinggi dalam event olahraga terbesar di Indonesia.

Hal ini disampaikan Sekretaris daerah dalam sambutan yang dibacakan oleh Plt. Kepala Dinas Olah Raga dan Pemuda Papua, Alexander Kapisa pada acara “Launching dan Diskusi Strategis Kolaborasi Papua Menuju Provinsi Olahraga” yang diselenggarakan hari ini, 20 Mei 2022 di Hotel Sultan Jakarta.

Dorongan untuk Papua menjadi Provinsi Olahraga karena tersedianya sarana dan prasarana olahraga di Papua. “Dorongan untuk menjadi Provinsi olahraga ini juga diperkuat dengan semakin tersedianya sarana dan prasarana olahraga pasca pelaksanaan PON dan PEPARNAS yang sudah dilaksanakan di Papua. Saat ini terdapat 28 venue olahraga berstandar internasional yang telah disertifikasi secara internasional oleh masing-masing federasi cabang olahraga dengan total nilai asset sebesar Rp. 5 Triliun.” Kata Sekretaris Daerah Papua dalam sambutannya.

Untuk mendukung Papua menjadi Provinsi Olahraga, lanjut Sekretaris Daerah dalam sambutannya, juga telah dilakukan kajian akademis. “, kami juga sudah bekerjasama dengan Universitas Cendrawasih, pada Fakultas Ilmu Olahraga, untuk melakukan kajian berkaitan layak tidaknya Papua menjadi Provinsi Olahraga di Indonesia” ungkap Sekretaris Daerah.

Dalam acara yang juga di hadiri pejabat kementerian/Lembaga di tingkat Pusat seperti Deputi IV Kemenpora, Staf Ahli Menteri PPN/Kepala Bappenas Bidang Produk Unggulan dan Infrastruktur, Wakil Ketua Komisi V DPRP, Kantor Sekretariat Presiden, Kantor Sekretaris Kabinet, KONI dan mantan atlit berprestasi papua, Sekretaris Daerah Papua  menjelaskan tentang karakteristik budaya yang beraneka ragam di papua dalam hubungannya dengan sumber daya manusia di Papua.

“Jika dilihat dari karakteristik budaya, Papua yang terdiri dari 29 Kabupaten/kota dan 466 etnis, penyebarannya secara ekologis-geografis berbeda antara pesisir pantai, lembah, danau, perbukitan dan kepulauan. Dari keberagaman inilah muncul berbagai corak, bentuk dan karakteristik manusia dengan ciri khas masing-masing. Tinggi badan penduduk pesisir dan pantai seperti Merauke misalnya, rata-rata mempunyai tinggi di atas 167 cm lebih tinggi dibandingkan penduduk lembah dan pegunungan yang rata-rata mempunyai tinggi 149 cm.

Dari postur tubuh ini dapat diarahkan untuk cabang olahraga tertentu seperti basket dan bola volley” sambung Sekretaris Daerah papua.

Dalam akhir sambutannya, Seretaris Daerah Papua mengharapkan  agar seluruh stakeholders olahraga dapat memahami pentingnya papua ditetapkan sebagai provinsi olahraga. “saya atas nama pemerintah provinsi papua sangat mengharapkan dari acara hari ini kita dapat memahami arti pentingya papua ditetapkan menjadi provinsi olahraga. Venue-venue yang ada perlu di manfaatkan dengan baik.

Tentunya kerjasama Pemerintah, KONI, KOI dan seluruh stakeholders olahraga nasional sangat kami harapkaan sehingga kita mempunyai komitmen yang sama dalam membangun olahraga Indonesia dari negeri terbitnya matahari di bumi pertiwi ini.” Ungkap beliau mengakhiri sambutannya.

Launching Papua menuju Provinsi Olahraga ditandai dengan melakukan pemukulan tifa secara Bersama-sama oleh Plt. Kepala Dinas Olahraga dan Pemuda Provinsi Papua, Deputi IV Kemenpora, Staf Ahli Menteri PPN/Bappenas Bidang Produk Unggulan dan Infrastruktur, Wakil Ketua Komisi V DPRP, Wakil Sekjen KONI dan Tim Universitas Cendrawasih Jayapura (Roy).

 

KANTONGI 14 SUARA, MATHIUS AWOITAUW, TERPILIH SEBAGAI KETUA ASKAB PSSI KABUPATEN JAYAPURA 2022 – 2027

* Suasana proses pemilihan Ketua dan Anggota AsKab PSSI Kabupaten Jayapura periode 2022 – 2027

Reporter : Daniel Eluay; Editor: Jimmy Maloali

Sentani. Jayapura. Detakpapua.com|| Pelaksanaan Konggres Askab PSSI Kabupaten Jayapura yang berlangsung cukup tegang di lantai dua Kantor Bupati Jayapura Jumat 13 Mey 2022.

Usay pembacaan tata tertib oleh Panitia Pemilihan, dilanjutkan dengan proses pemilihan yang di ikuti oleh 23 peserta Konggres yang merupakan kumpulan dari klub-klub yang ada  Kabupaten Jayapura.

Dari 3 calon Ketua, 3 calon wakil Ketua dan 10 Exco yang terdaftar telah dilakukan pemilihan pada Konggres ASKAB PSSI.

Ketua Panitia Konggres Raymond Sokoy, ketika diwawancarai awak media mengatakan, hasil Pemilihan Askab Kabupaten Jayapura 2022 – 2027 ini yag memperoleh suara terbnayak dan berhak menduduki jabatan ketua adalah Mathius Awoitauw. Sedangkan Wakil ketua  Greg Yoku. Sementara itu  Exco terpilih antara lain Huberto Monim, Raymon Sokoy,Jhony K, Predik Ohee, dan. Nelce. L.

” Total suara pemilih sebanyak 23, calon ketua yang maju bertarung sebanyak ada 3 orang.  Dari 3 kandidat tersbut, Mathius Awoitauw, memperoleh 14 suara, Dantje Nere, mendapatkan 4 suara dan Stenli Ondikeleuw, 5 suara. Dan calon Wakil Ketua, ada 3 orang, diantaranya Greg Yoku, mendapatkan 18 suara,. Ronald Pangkali mendapatkan 8 suara dan  Piter W 1 suara. Sedangkan untuk Exco ada 10 calon, dan yang terpilih 5 orang,” kata Sokoy.

Walapun situasi sempat tegang beberapa menit namun proses Pemilihan berjalan dengan aman dan baik hingga selesai. (Daniel)

 

 

 

 

 

 

KONGGRES ASKAB PSSI KABUPATEN JAYAPURA, DIBUKA RESMI OLEH WAKET ASPROV PAPUA

*Pelaksanaan Konggres Askab PSII Kabupaten Jayapura dilantun2 Kantor Bupati Jayapura.

*Reporter : Daniel Eluay*  Editor  : Jimmy Maloali*

 

Sentani. Jayapura. Detakpapua.com,|| Wakil Ketua Asosiasi Provinsi (AspRov) Papua. Rocky Bebena., hadiri pelaksanaan Kongres AsKab PSSI Kabupaten Jayapura, sekaligus resmi membuka kegiatan tersebut, yang belangsung di lantai dua kantor Bupati Jayapura.

Menurut Rocky Bebena, dari sekian banyak AsKab Kabupaten dan Kota, hari ini Kabupaten Jayapura sudah menyelenggarakan Kongres dan ini merupakan satu langkah maju untuk mempersiapkan struktur kepengurusan sepak bola di Kabupaten Jayapura.

Ketua KONI Kabupaten Jayapura. Mathius Awoitauw, yang juga maju mencalonkan diri sebagai Ketua Askab PSSI Kabupaten Jayapura, kepada awak media mengatakan, jika dirinya terpilih, peserta Konggres harus menentukan Ketua Harian yang cocok.

” Karena Ketua Harian itu yang akan dipersiapkan untuk memimpin AsKab PSSI Kabupaten Jayapura kedepan, kemajuan sepakbola bola akan di tingkatkan janji Matius, terutama dengan memastikan bahwa jangan lagi menjual lahan atau tanah yang digunakan untuk lapangan sepakbola,” ucap Mathius, yang juga Bupati Jayapura.

Ketua KONI, menambahkan Kita perlu tahu bahwa berapa banyak lapangan yang diketahui oleh Pengurus ASKAB PSSI Kabupaten Jayapura. Anggota – anggota AsKab harus memiliki lapangan karena itu hal yang prinsip dan utama bagi perkembangan kemjauan Olahraga sepakbola di Kabupaten Jayapura.

” Berbagai hal menyangkut Olahraga sepakbola sudah dilakukan oleh KONI, diantaranya menyiapkan SDM, contohnya  pelatih – pelatih sepakbola kita sudah mengikuti training pelatih di Kabupaten Jayapura,” pungkas Awoitauw.

Pendidikan sepakbola harus benar – benar berencana dan pastikan untuk anak usia dini.

Selanjutnya, Plt. Ketua Askab PSSI Kabupaten Jayapura  Parson Horota, kepada awak media mengatakan, bahwa kegiatan Konggres ini akan berjalan selama satu hari.

” Guna menata manajemen olahraga sepakbola yang lebih baik, maka perlu ada wadah, dengan kegiatan ini agar kedepan olahraga sepakbola Kabupaten Jayapura bisa berjalan lebih baik dari sebelumnya,” ucap Horota.

Perlu diketahui bahwa SSB atau dan Anggota Askab PSSI Kabupaten Jayapura harus berbadan hukum, karena dari situlah klub – klub bisa hidup, Seperti yang kita lihat SSB itu sangat bagus dimana ada dukungan dari orang tua, sehingga pendidikan sepakbola benar – benar terus berkembang,” tutup Mathius Awoitauw,( Daniel).

VAKSINASI MASAL KERJASAMA POLRES DAN SEJUMLAH ORMAS

*Gambar diatas tampak warga ketika mengikuti Gebyar Vaksin Ramadhan yang dilakukan oleh Polres Jayapura bekerja sama dengan SOPAN KKD di Mesjid Al Aqsa Sentani*

 

Sentani. Jayapura. Detakpapua.com,|| Sentani-Lanjutan Gebyar Vaksin Ramadhan dengan Kerja Sama Pemda Kab. Jayapura, Polres Jayapura, SOPAN, KKSS dan Masjid Al-Aqsa di Halaman Masjid Al-Aqsa Sentani, Minggu (17/04).

Kapolres Jayapura AKBP Fredrikus W.A Mclarimboen, SIK., MH didampingi Kapolsek Sentani Kota AKP Rozikin, SH, Kasi Propam Polres Jayapura IPTU Wayan Winaya, Kasi Humas Polres Jayapura, Iptu Iwan, SE, Kasi Kesehatan Polres Jayapura Penata Rosdiana, S.Km.,M.Kes, Tim Vaksinasi Polres Jayapura, Bintara remaja Polwan Polres Jayapura 5 personil, Masyarakat penerima Vaksin Dosis I, II dan III  sebanyak 178 (Seratus Tujuh Puluh Delapan) orang.

Kapolres Jayapura AKBP Fredrikus W.A Maclarimboen, SIK., MH melalui Kasie Humas IPTU Iwan, SE saat ditemui mengatakan sasarannya ialah masyarakat yang melaksanakan buka puasa bersama, forum Sopan dan keluarga KKSS, serta masyarakat umum, dengan jumlah sasaran sebanyak 178  peserta.

“Dalam kegiatan vaksinasi serentak ini melayani vaksin dosis tahap pertama, tahap kedua dan tahap ketiga/Booster, perlu kami sampaikan bahwa untuk anak di bawah umur 12 tahun belum bisa menerima vaksin dosis ketiga/booster dan untuk masyarakat yang akan melakukan vaksin tahap ketiga minimal 3 bulan setelah vaksin kedua, ucap Kasie Humas.

Dia menjelaskan selain vaksinasi pada kesempatan tersebut juga dilaksanakan sosialisasi dan edukasi kepada peserta tentang pentingnya vaksinasi, agar tidak mudah tertular virus Corona, terutama di masa pandemi Covid-19 ini.

“Pelayanan vaksinasi ini kami akan layani sampai semua masyarakat yang datang kesini sudah menerima vaksin sehingga kami himbau kepada bapak/ibu agar mengajak keluarga atau kerabat-kerabat lain yang belum melaksanakan vaksin agar datang kesini melaksanakan vaksin,” tutupnya. (Daniel)

 

PERATURAN TERBARU TRANSPORTASI UDARA DI BANDARA SENTANI

*Nampak salah satu penumpang ketika mencetak data pribadinya melalui aplikasi PeduliLindungi di Bandar Udara Sentani, Kabupaten Jayapura, Provinsi Papua*

 

Sentani-Detakpapua.com|| Satuan Tugas (Satgas) Penanganan Covid-19 secara resmi menerbitkan aturan baru mengenai syarat perjalanan dalam negeri pada Selasa (8/3/2022). Aturan tersebut adalah Surat Edaran Satgas Penanganan Covid-19 Nomor 11 Tahun 2022 tentang Ketentuan Perjalanan Orang Dalam Negeri Pada Masa Pandemi Coronavirus Disease 2019 (Covid-19). Dalam aturan terbaru, hasil negatif tes RT-PCR atau rapid test antigen tidak lagi menjadi syarat mutlak untuk bepergian di dalam negeri bagi pelaku perjalanan yang telah memenuhi ketentuan. Ketentuan tersebut juga telah diatur Surat Edaran Kementerian Perhubungan Nomor 21 Tahun 2022 tentang Petunjuk Pelaksanaan Perjalanan Orang Dalam Negeri dengan Transportasi Udara Pada Masa Pandemi Coronavirus Disease (Covid-19).

Dimana pelaku perjalanan dalam negeri (PPDN) dengan moda transportasi udara, yang sudah divaksinasi dosis kedua dan vaksinasi booster tidak wajib menunjukkan hasil tes negatif Covid-19 dari antigen dan PCR. Ketentuan tersebut tertuang di dalam Surat Edaran (SE) Satuan Tugas (Satgas) Penanganan Covid-19 dan SE Kementerian Perhubungan. Dimana peraturan tersebut berlaku efektif kemarin (8 Maret 2022).

Tes Covid-19 sebagai syarat perjalanan masih wajib bagi mereka yang baru divaksinasi dosis pertama dan bagi mereka yang tidak bisa menerima vaksinasi karena memiliki komorbid atau kondisi kesehatan khusus. Tes Covid-19 yang dimaksud yaitu PCR yang sampelnya diambil dalam kurun waktu 3 x 24 jam atau tes antigen yang sampelnya diambil dalam kurun waktu 1 x 24 jam sebelum keberangkatan. Khusus yang tidak bisa divaksinasi wajib melampirkan surat keterangan dokter dari rumah sakit pemerintah yang menyatakan bahwa belum dan/atau tidak dapat mengikuti vaksinasi Covid-19. Adapun pelaku perjalanan dalam negeri dengan usia di bawah 6 tahun dapat melakukan perjalanan dengan pendamping perjalanan dan menerapkan protokol kesehatan secara ketat.

“Selama pemberlakuan SE terbaru tersebut, penumpang pesawat Bandara Sentani tidak lagi diwajibkan untuk menunjukan hasil negatif tes PCR ataupun tes Antigen untuk yang sudah mendapatkan vaksinasi kedua atau dosis ketiga, tetapi masih tetap berlaku kepada penumpang yang baru divaksin dosis pertama dan yang tidak bisa menerima vaksin dikarenakan mempunyai kondisi kesehatan khusus.” kata Stakeholder Relation Manager Bandara Sentani – Surya Eka.

Peraturan tersebut juga meminta setiap penumpang menggunakan aplikasi PeduliLindungi sebagai syarat melakukan perjalanan dalam negeri. Kemudian, setiap operator moda transportasi diwajibkan menggunakan aplikasi PeduliLindungi untuk memeriksa persyaratan perjalanan pada setiap pelaku perjalanan. Ketentuan ini dikecualikan untuk moda transportasi perintis termasuk di wilayah perbatasan, daerah 3T (tertinggal, terdepan, terluar), dan pelayaran terbatas sesuai dengan kondisi daerah masing masing. (Daniel).

MASIH DALAM MASA PANDEMI, POLRES JAYAPURA KEMBALIBERIKAN PELAYANAN VAKSINASI DAN BANTUAN BERAS KAPOLRI

Sentani-Detakpapua.com.|| Pelaksanaan Vaksinasi Presisi dan Pendistribusian Bantuan Beras Kapolri berlangsung di gerai Vaksinasi Presisi di Gedung Rusun  Mako Polres Jayapura dilaksanakankan oleh Tim nakes Poliklinik Polres Jayapura Sabtu 5 Maret 2022.

Kapolres Jayapura AKBP Fredrickus W.A Maclarimboen, S.IK., MH  saat meninjau langsung pelaksanaan Vaksinasi kepada masyarakat dan Polres Jayapura meyalurkan bantuan beras Kapolri kepada masyarakat, menyampaikan bahwa hal ini sangat disambut baik oleh masyarakat yang hadir menerima pelayanan dari Kepolisian dan Tim Tenaga Kesehatan.

Kapolres Jayapura AKBP Fredrickus W.A Maclarimboen, S.IK., MHs aat dikonfirmasi menyatakan bahwa hal ini merupakan upaya kami dalam mendukung program pemerintah dalam hal mencegah bahaya penularan virus covid-19 yang hingga saat ini masih masa pandemi, terlebih khusus di wilayah Kabupaten Jayapura

“Kiranya apa yang kami upayakan saat ini dapat sukses mewujudkan wilayah kami aman dan sehat tanpa bahaya virus covid-19, sehingga masyarakat kami dapat beraktifitas dengan rasa aman dan nyaman tanpa takut bahaya dari virus tersebut, akan tetapi perlu diingatkan kembali agar selalu menerapkan protokol kesehatan dimanapun dan kapanpun untuk menjamin putusnya rantai penyebaran virus covid-19.” Ungkap  AKBP Fredrickus W.A Maclarimboen, S.IK., MH.

Ia menambahkan juga bahwa, selain pelaksanaan vaksinasi pihaknya turut memberikan bantuan beras seberat 10Kg dari Kapolri kepada masyarakat yang telah usai melaksanakan vaksinasi, sebagai bentuk perhatian Polri kepada masyarakat yang membutuhkan dikala terdampak masa pandemi covid-19.

“Mari bersama kita berperan aktif dalam memutus mata rantai penyebaran virus ini, dengan patuhi protokol kesehatan dan melaksanakan vaksinasi. Bersama kita kuat dalam melawan bahaya virus tersebut.” Tutup Kapolres Jayapura. (Daniel)