Detak Papua
NEWS TICKER

Program ekonomi hijau diharapkan berlanjut di Papua

Kamis, 3 Desember 2020 | 8:27 am
Reporter:
Posted by: Detak Papua
Dibaca: 203

Jayapura, Jubi – Kementerian Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal, dan Transmigrasi  menyambangi kantor Gabungan Wirausahawan Muda Papua atau Garap, Rabu (2/12/2020). Mereka berharap Garap berinovasi dalam mengembangkan inkubator bisnis untuk mendukung pembangunan ekonomi hijau di Papua.

“Makin banyak pemuda (terlibat), energinya akan sangat luar biasa dalam mendukung pengembangan ekonomi hijau. Garap dapat menjadi inkubakor bisnis dalam mengembangkan potensi sumber daya alam dan sumber daya manusia sehingga melahirkan wirausahawan berintegritas dan berdaya saing (tinggi) di Papua,” kata Direktur Pengembangan Sumber Daya dan  Lingkungan Kementerian Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal, dan Transmigrasi  Dwi Rudi Hartoyo, saat berdiskusi dengan Pengurus Garap.

Dewan Pembina Garap Aloysius Jufuay mengatakan visi dan misi mereka ialah mendorong jiwa kewirausahaan pada kalangan muda Papua. Dia berharap bantuan program kepada Garap terus dipertahankan pemerintah.

 
“Bantuan dalam Program Pertumbuhan Ekonomi Hijau Papua diberikan kepada Garap sejak 2017. Saya berharap (bantuan tersebut) terus berlanjut agar semakin banyak wirausahawan muda di Papua,” kata Jufuay.

Harapan serupa diutarakan Ketua Garap Sopater Sam. “Kami  berharap Kemendesa berkolaborasi dalam mengembangkan (kapasitas) wirausahawan muda Papua.”

Kunjungan rombongan Kementerian Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal, dan Transmigrasi (Kemendesa) berlanjut ke Highland Roastery yang juga mitra Program Pertumbuhan Ekonomi Hijau Papua. Usaha pengolahan kopi milik Yafeth Wetipo di Waena tersebut menjadi pusat pelatihan barista di Jayapura.

“Tempat ini beroperasi sejak September. Kami menyelenggarakan pelatihan dasar barista bagi pemuda-pemudi di Kota Jayapura,” kata Wetipo.

;
Program Ekonomi Hijau mengembangkan komoditas kopi, kakao, pala, kelapa, dan rumput laut menjadi usaha berkelanjutan atau ramah lingkungan. Program kerja sama Pemerintah Inggris dengan Indonesia tersebut juga mendukung Pemerintah Provinsi Papua dan Papua Barat dalam mengembangkan pembangunan ekonomi lokal berbasis investasi hijau.

 
“Program selama lima tahun ini dijalankan dengan pendekatan hulu-hilir melalui kemitraan dengan sektor publik maupun swasta. Program memberi  dukungan teknis bagi petani, serta usaha mikro, kecilm dan menengah di Papua dan Papua Barat,” kata Pemimpin Sistem Pemasaran Program Ekonomi Hijau Giri Arnawa. (*)

 

Editor: Aries Munandar

sumber : https://jubi.co.id/program-ekonomi-hijau-diharapkan-berlanjut-di-papua/

Berita Lainnya

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Name *

© 2020 Detak Papua. All Rights Reserved.
Design by Velocity Developer