Detak Papua
NEWS TICKER

LAUNCHING APLIKASI SIPACE KREN, MoU & PERESMIAN MEDIA CENTER’ WARNAI HUT KE – 23 TAHUN PENGADILAN AGAMA SENTANI

Jumat, 1 April 2022 | 12:39 pm
Reporter:
Posted by: Detak Papua
Dibaca: 13

*Foto bersama usay melakukan penanda tanganan bersama, di aula Pengadilan Agama Sentani pada acara HUT ke 23 tahun.

 

 

 

Sentani. Jayapura. Detakpapua.com,|| Seiring dengan kemajuan teknologi yang yang begitu cepat Kantor Pengadilan Agama Sentani, tidak ketinggalan dengan menghadirkan sebuah Aplikasi yang dapat membantu masyarakat nantinya.

Perayaan HUT ke 23 tahun Kantor Pengadilan Agama Sentani pada tanggal 31 Maret 2022 dirangkai dalam beberapa kegiatan diantaranya, Penanda tanganan MoU, Lanching Aplikasi dan Peresmian Media Center Pengadilan Agama Sentani, yang berlangsung di Aula Kantor Agama Sentani.

Kentor Pengadilan Agama Sentani tidak hanya melayani masyarakat di Kabupaten Jayapura, tetapi juga masyarakat yang berada di Kabupaten Sarmi dan Kabupaten Mamberamo Raya, sehingga dengan perpgram – program baru yang diluncurkan tadi dapat membantu masyarakat yang berada jauh dari Kantor Pengadilan Agama Sentani. Sabtu, (31/03/2022).

Ketua Pengadilan Agama Jayapura  DR. H. Zulkarnain, S.H., M.H., mengatakan, Kantor Pengadilan Agama Sentani, tidak hanya mengurusi dalam rangka administrasi pengadilan semata tetapi juga harus bisa melayani sampai kepada eksekusi itu dimanfaatkan sedemikian rupa sehingga masyarakat mudah mendapatkan putusan pengadilan karena itulah kerjasama dengan dengan berbagai pihak, seperti Pihak Polres Jayapura, Dinas Dukcapil dan juga lbaga lainnya

‘ Diperlukan bagi lembaga peradilan untuk melakukan inovasi-inovasi dan kerjasama dengan instansi yang tadi patut kita banggakan, bahwa hari ini Pengadilan Agama Sentani telah melakukan kerjasama dalam bentuk Penandatanganan Piagam MoU. Kantor Agama tidak  sekedar mengurus status – status lama perceraian semata,  tapi juga mengurus  Administrasi –  administrasinya itu juga dipikirkan sehingga kerjasama dan dilakukan dengan cepat sederhana dan biaya ringan, bahkan biaya bisa lewat Bank yang sudah ada kerja sama,” kata Zulkarnain.

Ketua Pengadilan Agama Jayapura, Mudah-mudahan apa yang dilakukan oleh pengadilan agama Sentani ini, hari ini sudah kita resmi ini hendaknya tidak hanya diresmikan tapi juga perlu disosialisasikan kepada masyarakat bahwa sekarang pelayanan peradilan sudah sangat mudah dan cepat dengan aman lewat hp seorang tidak perlu datang ke sini dia bisa mengajukan gugatan secara mandiri Jika dia juga bisa bertanya melalui online dan akhirnya bisa bayar dengan.

Sambutan Bupati Jayapura. Mathius AWOITAUW, SE. M.Si. yang disampaikan oleh Kepala Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Jayapura. Herald Berhitu, sebagai kepanjangan tangan dari pada pemerintah memang kita berupaya maksimal bagaimana masyarakat terlayani dengan baik, dan Disdukcapil tidak hanya melakukan pelayanan secara On Line namun juga secara Ofline guna menolong warga yang tidak memilik HP android dan juga yang berada di tempat yang jauh dari perkotaan.

” Sebelumnya Pemerintah Kabupaten telahkam canangkan sebagai Kabupaten layak anak dan juga zona integritas kerukunan umat beragama dan beberapa kegiatan lainnya yang ada sangkut-pautnya dengan masyarakat dan itu sudah diterjemahkan oleh pimpinan perangkat daerah, untuk itu kita tidak bisa bekerja sendiri memang harus ada kerjasama dan kami berterima kasih kepada Pengadilan Agama Sentani agama yang telah bermitra bersama Pemerintah, untuk melakukan pelayanan yang lebih baik,’ ungkap Berhitu.

Herald, juga tambahkan, Kami atas nama Pemerintah Daerah Kabupaten Jayapura menyampaikan Selamat ulang tahun yang ke-23 Pengadilan Agama Sentani, mudah-mudahan dengan semangat tahun ini lebih memacu untuk berinovasi lebih dan membahagiakan masyarakat agar tentunya menjadi tujuan kita semua dapat tercapai.

Ketua Pengadilan Agama Sentani. Ahmad Zuhri, S.H.I., M.Say., mengungkapkan bahwa Lanching Aplikasi yang dilakukan adalah aplikasi SIPACE KREN adalah untuk membantu para pihak yang berperkara di Pengadilan Agama Sentani yang sudah diputuskan cerai dan berkuatan hukum tetap, secara otomatis bisa lansung mendapatkan KTP dan KK barunya, karena telah kerja dengan Dukcapil dan data akan di kirim ke Capil kemudian datanya dilengkapi dan surat – surat tersebut bisa dicetak lansung di kantor pengadilan agama.

” Sesuai data Pengadilan Agama Sentani, triwulan akhir ini ada 70.laporan perkara dan lebih banyak perceraian dan dua harta bersama dan telah dilakukan mediasi oleh petugas Pengadilan Agama. Dalam sehari terdapat 3 sampai 4 orang yang melapor perkara di Pengadilan Agama Sentani,” kata Ahmad.

Selain membangun kerja sama lewat MoU dan Lanchin aplikasi SIPACE KREN. Kantor.pemgadilan agama juga menyediakan media center yang nanti dapat menyampaikan informasi kepada masyarakat. tutup Zuhri, (Daniel).

 

 

 

Berita Lainnya

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Name *

© 2020 Detak Papua. All Rights Reserved.
Design by Velocity Developer