Detak Papua
NEWS TICKER

DISTRIK WAIBHU KEMBALI JUARA UMUM: PADA GIAT MTQ KE XXIX TINGKAT KABUPATEN JAYAPURA

Senin, 28 Maret 2022 | 10:09 am
Reporter:
Posted by: Detak Papua
Dibaca: 14

 

* Asisten I menyerahkan piala bergilir kepada juara umum MTQ ke-XXIX.

 

Sentani. Jayapura. Detakpapua.com,|| Musabaqah Tilawatil Qur’an (MTQ) ke XXIX tingkat Kabupaten Jayapura tahun 2022 yang berlangsung di Halaman Masjid Agung Al Aqsha, Kota Sentani, Distrik Sentani, Kabupaten Jayapura, resmi berakhir.

Kafilah Distrik Waibhu kembali keluar sebagai juara umum pada MTQ ini, yang pada pagelaran sebelumnya juga menjadi juara umum.

Hal itu diketahui saat Drs. Muh. Hajir selaku Sekretaris Dewan Hakim membacakan pengumuman juara setiap cabang lomba serta peraih juara MTQ XXIX tahun 2022.

“Juara umum pada Musabaqah Tilawatil Qur’an XXIX tingkat Kabupaten Jayapura tahun 2022 adalah Distrik Waibhu dengan menyabet beberapa juara di setiap cabang lomba,” ucap Ketua Dewan Hakim H. Drs. Moh. Makmun Rasydi, M.Pdi, yang diwakili Sekretaris Dewan Hakim Drs. Muh. Hajir.

Kegiatan ditutup langsung oleh Asisten I Bidang Pemerintahan Umum Setda Kabupaten Jayapura Elphyna Situmorang, AP., S.Sos., M.KP., mewakili Bupati Jayapura, pada Sabtu 26 Maret 2022.

Asisten I menyerahkan piala bergilir kepada juara umum MTQ ke- XXIX Distrik Waibhu. Para pemenang masing-masing jenis lomba juga mendapatkan piala dan uang pembinaan.

Bupati Jayapura Mathius Awoitauw, S.E., M.Si., dalam sambutannya yang dibacakan oleh Asisten I Bidang Pemerintahan Umum Setda Kabupaten Jayapura Elphyna Situmorang, AP., S.Sos., M.KP., menyampaikan apresiasi dan penghargaan yang tinggi kepada panitia, dewan hakim dan pengurus LPTQ Kabupaten Jayapura serta seluruh pihak yang terlibat, sehingga pelaksanaan MTQ berjalan dengan lancar.

“Kami ucapkan terimakasih dan mengapresiasi seluruh panitia pelaksana, dewan hakim dan seluruh pihak yang telah berusaha menyelenggarakan ajang MTQ tingkat Kabupaten Jayapura ini mulai dari persiapan panitia sampai penyelenggaraan lomba MTQ selama 3 hari dengan penuh semangat tanpa mengenal lelah hingga pada akhirnya menghasilkan para juara qori dan qoriah terbaik yang akan mewakili Kabupaten Jayapura pada ajang MTQ tingkat Provinsi Papua,” jelas Bupati Jayapura dalam sambutannya.

Selain itu, Bupati Jayapura juga memberikan apresiasi khusus kepada kafilah dari 7 distrik di Kabupaten Jayapura yang telah berpartisipasi mengikuti lomba MTQ XXIX tingkat Kabupaten Jayapura tahun 2022 dengan antusias dan kebersamaan yang luar biasa.

“Meskipun ada sejumlah distrik yang belum mampu meraih prestasi maksimal seperti yang diharapkan. Namun saya yakin jika upaya program pembinaan seni baca Al-Qur’an terus

dilakukan LPTQ Kabupaten Jayapura secara dinamis di tingkat-tingkat distrik. Maka tidak ada yang mustahil jika suatu saat nanti baca seni Al-Qur’an pada ajang STQ maupun MTQ seperti ini ke depan juara umumnya tidak hanya milik Distrik Sentani dan Distrik Waibhu saja, tetapi juga bisa diraih oleh distrik yang jauh dari kota,” harapnya.

Dirinya juga berharap, momentum STQ dan MTQ yang rutin dilakukan setiap tahun seperti ini, setiap peserta tidak hanya fokus pada lomba untuk mengejar prestasi juara. Namun yang paling penting adalah memahami dan menghayati, serta mengamalkan isi kandungan Al-Qur’an secara baik dan benar.

“Penyelenggaraan MTQ ini diharapkan membawa dampak positif yang dapat dirasakan secara nyata dalam kehidupan masyarakat, berbangsa dan bernegara di Kabupaten Jayapura yang kita cintai,” harapnya menambahkan.

“Akhirnya, saya ucapkan selamat dan sukses kepada panitia penyelenggara dan pengurus LPTQ Kabupaten Jayapura atas penyelengaraan MTQ XXIX tingkat Kabupaten Jayapura tahun 2022, pada tanggal 24 Maret – 26 Maret 2022,” pungkasnya.

Sementara itu, Ketua Lembaga Pengembangan Tilawatil Qur’an (LPTQ) Kabupaten Jayapura, Abdul Rahman Basri, S.Sos., M.KP., dalam laporannya menyebutkan penyelenggaraan MTQ tingkat Kabupaten Jayapura tahun 2022 ini merupakan bagian dari penyelenggaraan tugas dan fungsi LPTQ dalam program mewujudkan visi misi Kabupaten Jayapura yang berkualitas sejahtera dan ramah.

“Merupakan salah satu tugas kami di LPTQ Kabupaten Jayapura yaitu, mewujudkan penghayatan dan pengamalan nilai-nilai Al-Qur’an bagi masyarakat yang ber-Pancasila melalui berbagai iven atau momen. Baik itu, penyelenggaraan MTQ atau STQ di Kabupaten Jayapura,” katanya saat penutupan MTQ XXIX tingkat Kabupaten Jayapura tahun 2022, di Halaman Masjid Agung Al-Aqsha, Kota Sentani, Distrik Sentani, Kabupaten Jayapura, Sabtu 26 Maret 2022 malam.

Pria yang juga Kepala Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Jayapura ini menuturkan, peran LPTQ untuk dapat mewujudkan nilai-nilai isi kandungan Al-Qur’an dalam penghayatan serta pengamalan berbangsa dan bernegara yang aman dan damai di Bumi Khenambay Umbay sebagai mana aktualisasi dari tema MTQ kali ini “Oleh karena itu, LPTQ Kabupaten Jayapura melaksanakan upaya pembinaan dilaksanakan secara berjenjang dari kampung dan distrik, sehingga apa yang dilaksanakan ini merupakan suatu perwujudan kebijakan pemerintah daerah Kabupaten Jayapura yaitu pembinaan dari kampung dan distrik ataupun kebijakan Distrik Membangun Membangun Distrik,” ungkap Abdul Rahman Basri.

Setelah pelaksanaan MTQ XXIX tingkat Kabupaten Jayapura, sambung Abdul Rahman Basri, selanjutnya akan dilaksanakan orientasi dan berbagai kepelatihanan kepada para pelatih dan pemenang lomba untuk mempersiapkan diri pada ajang MTQ tingkat Propinsi pada bulan Mei 2022 mendatang.

Ajang MTQ XXIX tingkat Kabupaten Jayapura tahun ini, mengusung tema “Aktualisasi Nilai-nilai Isi Kandungan Al-Qur’an unuk Pencerahan Kehidupan Berbangsa dan Bernegara Yang Rukun dan damai di Bumi Khenambay Umbay”. Adapun cabang yang diperlombakan, diantaranya Tilawatil Al-Qur’an, Hifzh Al-Qur’an, Fahm Al-Qur’an, Syarh Al-Qur’an, Khath Al-Qur’an dan Karya Tulis Ilmiah Al-Qur’an (KTIQ). Pelaksanaan MTQ yang diikuti 7 Distrik se-Kabupaten Jayapura ini, yang keluar sebagai juara umum diraih Distrik Waibhu.

Dengan kemenangan tersebut, Dist ik Waibhu mencatatkan diri sebagai juara umum untuk kedua kalinya secara berturut-turut. (Daniel)

Berita Lainnya

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Name *

© 2020 Detak Papua. All Rights Reserved.
Design by Velocity Developer