Arsip Kategori: Budaya

USIA KE 74 TAHUN BUPATI DR. YUNI WENDA TERIMA PENGHARGAAN BEST FIGURE VISIONER REGENT 2022 DI BALI

SIARAN PERS

Kuta-Bali (24 Juni 2022) Majalah Nasional The One Magazine bekerja sama dengan Grand Inna Hotel Kuta dan INews TV Bali memberikan Piagam Penghargaan kepada para kepala daerah/pemerintah, Legislatif, Profesional dan BUMN yang dinilai telah memiliki kepemimpinan dan kinerja baik serta menginspirasi publik pasca pandemi Covid-19 dalam berbagai sektor secara nasional. Pada acara yang bertajuk Nusantara Golden Award 2022 dengan tema Indonesia Inspiring Figure digelar di Hotel Grand Inna Kuta, Bali (24/6) Pkl. 20.00 Wit disambut langsung, manajemen hotel yaitu GM Hotel Grand Inna Kuta-Bali.

Night Dinner diawali dengan sejumlah tarian khas bali diantaranya tari topeng dan tari sekar yang menghibur hadirin. Selain itu dipaparkan sejumlah, nominasi penerima penghargaan dari tokoh dan figur dari seluruh pelosok nusantara.

Dalam sambutannya, Pimpinan Redaksi The One Magazine Bimo Sudibyo mengatakan bahwa pemberian pengahargaan ini adalah bentuk apresiasi atas dedikasi, kinerja dan pengabdian kepada bangsa dan negara secara khusus kepada masayarakat di daerah masing-masing.

“Kepada para penerima penghargaan, perkenankan kami menyampaikan rasa bangga dan hormat disertai ucapan terima kasih atas pengabdian, prestasi dan karya dalam pembangunan di segala bidang yang telah diukir dan memberi perubahan dan manfaat kepada bangsa dan negara ini,” ucapnya

Bupati Puncak Jaya Dr. Yuni Wonda, S.Sos S.IP, MM salah Kepala daerah yang menjadi nominasi dan menerima penghargaan tingkat nasional dalam kategori The Best Government dari 9 (sembilan) Kepala Daerah yang menerima penghargaan. Penyelenggara menilai hal ini sebagai kepala daerah yang mampu menjaga daerahnya tetap dalam zona hijau dari terpaan pandemi Covid-19.

Selain kategori The Best Government untuk 9 kepala daerah, juga diumumkan penerima penghargaan pada kategori lainnya, yakni 6 orang untuk kategori The Best Legislatif dan 7 orang dari berbagai latar belakang di kategori The Best Figure.

Hadir mewakili Bupati Puncak Jaya, Kabag Protokol dan Komunikasi Pimpinan Setda Kab. Puncak Jaya Akbar Fitrianto, SSTP naik ke atas panggung menerima piagam penghargaan dan trophy dari Pimpinan Redaksi One Magazine atas nama Bupati. Selain itu hadir pula Bupati Wajo yang diwakili Kepala Dinas Kominfo juga ikut menerima penghargaan yang serupa.

Dalam penetapan penerima penghargaan berdasarkan penilaian setelah majalah nasional The One Magazine melakukan pengumpulan data, kunjungan ke daerah peserta, wawancara masyarakat dan pihak – pihak terkait serta kriteria lainnya.

Dalam sambutannya mewakili Bupati Puncak Jaya. Akbar menyampaikan terima kasih atas penghargaan yang diberikan oleh penyelenggara. “Saya mewakili Bapak Bupati Dr. Yuni Wonda yang saat ini sedang mengikuti agenda penting dan mendesak di Jakarta. Atas Nama Bapak Bupati, Jajaran Pemda dan masyarakat menyampaikan apresiasi dan terima kasih luar biasa atas penghargaan yang diberikan penyelenggara kepada beliau.” ujarnya.

Hal yang sama dikemukakan Kabag, bahwa Bupati Puncak Jaya dua hari lalu memperingati ulang tahun ke 47 Tahun. Ia berharap reward ini menjadi hadiah berkesan atas segala pencapaian Bupati Puncak Jaya.

Ia berharap bahwa dengan penghargaan ini, menjadi entri poin agar publik nasional akan lebih mengenal Puncak Jaya dengan prestasi bukan stigma negatif yang selama ini muncul bagi daerah pedalaman Papua.

Dijelaskan lebih jauh kunci keberhasilan Dr. Yuni Wonda mendapatkan penghargaan dikarenakan Pemda Puncak Jaya bersama stakeholder (TNI, Polri, Pemuka Agama) merupakan Kabupaten pertama yang melakukan lockdown ketika Wabah Pandemi bermula. Kemudian berlanjut mempertahankan status Zona Hijau konsisten.

Selain itu Bupati berhasil membawa Puncak Jaya mendapatkan predikat Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) serta sukses membawa Puncak Jaya dalam situasi yang aman dan terkandali 95% melalui pendekatan humanis.

Dengan adanya perhargaan ini, dirinya berharap bertambah lagi prestasi yang ditorehkan Bupati Puncak Jaya dalam memimpin daerahnya, hal ini merupakan sejarah baru yang belum pernah ada sebelumnya. Ditambahkan bahwa pencapaian ini adalah hasil dari partisipasi dan kontribusi semua pihak baik TNI, Polri, Tokoh adat, tokoh agama, ormas dan segenap Masyarakat Puncak Jaya untuk menuju Puncak Jaya yang sesuai Visi Misi Bupati yakni Amanah (Aman, Mandiri dan Sejahtera).

Sejumlah mahasiswa Asal Puncak Jaya yang melakukan studi di Jawa dan Bali juga turut hadir mengikuti Acara Night Dinner kepada perwakilan tokoh dan figur berpengaruh tersebut.

60 KENDARAAN KEMBALI TERJARING TIM PEMBURU SATLANTAS POLRES JAYAPURA

*Salah satu pengemudi motor yang tidak gunakan helm, akhirnya ditahan Sat Lantas (Tim Pemburu) Polres Jayapura.

Sentani. Jayapura. Detakpapua.com,|| Satuan Lalu Lintas Polres Jayapura kembali mengamankan 60 Kendaraan roda 2 (dua) saat melaksanakan patroli di seputaran jalan raya Sentani Kab. Jayapura. Rabu, 18/05 sore.

Menjadikan kawasan tertib berlalu lintas di Kota Sentani  Patroli dengan sasaran pengendara roda 2 (dua) yang melanggar aturan lalu lintas kembali dilaksanakan tim pemburu unit turjawali Satuan Lalu Lintas Polres Jayapura yang dipimpin Aipda Irwan Jayadi Kusmara bersama 9 personilnya.

Kapolres Jayapura AKBP Fredrickus W.A Maclarimboen, S.IK., MH melalui Kasat Lantas Iptu Baharudin Buton, SH mengatakan pihaknya tetap konsisten untuk menjadikan kota Sentani sebagai kawasan tertib berlalu lintas “kembali patroli yang dilaksanakan berhasil menjaring 60 pengendara roda 2 (dua) yang melanggar, bervariasi pelanggarannya, diantaranya tidak menggunakan helm, menggunakan knalpot racing dan pelanggaran – pelanggaran yang lain,” katanya.

Lanjut Kasat Lantas, “60 roda dua yang terjaring 38 sudah kami berikan sangsi berupa tilang, sedangkan 22 kendaraan lagi masih menunggu pemiliknya, patroli ini dilaksanakan semata-mata untuk menekan angka kecelakaan lalu lintas, karena kecelakaan berawal dari pelanggaran pengendara itu sendiri, dihimbau kepada pengendara agar menjadikan kota Sentani kawasan tertib berlalu lintas agar selalu melengkapi kelengkapan berkendara, karena setiap harinya kami akan melaksanakan patroli lalu lintas seperti ini,” tutupnya. (Daniel)

 

 

SEORANG WANITA DITIKAM MANTAN SUAMI HINGGA TEWAS

 

Sentani. Jayapura. Detalpapua.com,|| Kasus penganiayaan berat yang mengakibatkan korban meninggal dunia terjadi di rumah makan jam gadang Sentani Kota Kab. Jayapura. Minggu, 15/05 pagi.

Polisi masih mendalami motif dari kasus penganiayaan berat yang mengakibatkan korban meninggal dunia, SY (37) tak berdaya saat dianiaya pelaku berinisial N (38), korban yang sehari – hari bekerja sebagai karyawati di rumah makan jam gadang Sentani ditikam dengan menggunakan pisau saat beristirahat di dalam kamarnya.

Kapolres Jayapura AKBP Fredrickus W.A Maclarimboen, S.IK., MH saat dikonfirmasi membenarkan bahwa telah terjadi kasus penganiayaan berat yang mengakibatkan korban meninggal dunia “pelaku sendiri merupakan mantan suami korban, motifnya masih kami dalami, dari keterangan saksi – saksi yang berada di TKP, pelaku N (38) yang datang ke rumah makan langsung menanyakan keberadaan korban ke salah satu saksi, saksi yang saat itu sedang bekerja kemudian mengatakan bahwa korban sedang berada di dalam kamar, mendengar hal tersebut pelaku langsung menuju ke kamar korban dan langsung menikamnya,” ungkapnya.

anjut mantan Wakapolres Manokwari, 2 hari sebelumnya pelaku N (38) sempat datang ke rumah makan untuk meminta maaf terhadap korban “setelah menikam korban pelaku langsung melarikan diri, saksi yang mendengar teriakan korban kemudian mendatangi kamar korban yang sudah bersimbah darah, adapun barang bukti yang kami amankan 1 buah pisau dapur beserta sarungnya, 1 unit handphone dan sampel darah milik korban,”.

Usai kejadian saksi langsung melaporkan hal tersebut ke anggota Mapolsek Sentani Kota, sehingga langsung di evakuasi ke RS. Yowari namun nyawa korban sudah tidak tertolong, “masih menunggu hasil visum untuk dapat memastikan penyebab kematian korban, koordinasi juga telah kami lakukan dengan pihak keluarga terkait jenasah korban, pelaku N (38) saat ini masih dalam pengejaran, kami menghimbau pelaku agar dapat menyerahkan diri dan mempertanggung jawabkan perbuatannya,” pungkasnya.(Daniel)

WARGA SENTANI HATI-HATI JIKA TIDAK MENGGUNAKAN KELENGKAPAN BERKENDARA : ADA TIM PEMBURU PELANGGAR LALIN POLRES JAYAPURA

*Gambar diatas; Pangendara motor ketika di kejar oleh Sat Lantas Polres Jayapura.

*Reporter : Daniel eluay* Editor : Jimmy Maloali

Sentani. Jayapura. Detakpapua.com,|| Patroli tim pemburu Satuan Lalu Lintas berhasil mengamankan puluhan unit motor saat berpatroli disiplin berkendara di seputaran wilayah Sentani Kab. Jayapura. Kamis, 12/05 sore.

Disiplin berlalu lintas menjadi prioritas utama dalam berkendara, baru sebulan menjabat Kasat Lantas Iptu Baharudin Buton, SH, langsung bergerak cepat dengan membentuk tim pemburu Satuan Lalu Lintas Polres Jayapura. Dipimpin Kanit Turjawali Ipda Sukarno serta melibatkan 10 personil  dan 10 unit sepeda motor tim ini berpatroli di wilayah Sentani dengan sasaran para pengendara yang tidak menggunakan helm standar, tidak dilengkapi kelengkapan berkendara dan kendaraan yang menggunakan knalpot racing.

Kapolres Jayapura AKBP Fredrickus W.A Maclarimboen, S.IK., MH melalui Kanit Turjawali Satuan Lalu Lintas Ipda Sukarno menyampaikan bahwa kegiatan patroli tersebut dilaksanakan guna menekan pelanggaran lalu lintas “seperti diketahui kecelakaan terjadi karena didahului adanya pelanggaran lalu lintas, patroli tim pemburu ini berjalan guna menekan angka kecelakaan yang ada di Kota sentani. Diharapkan kedepannya Kota Sentani menjadi kawasan tertib berlalulintas dan menjadi kota percontohan di Propinsi Papua,” ucapnya.

Dari kegiatan patroli yang dilaksanakan di seputaran jalan raya Sentani tim pemburu lalu lintas berhasil mengamankan 70 unit motor “ada sebanyak 70 unit sepeda motor yang kami amankan sementara di Kantor Satuan Lalu Lintas Polres Jayapura, 47 kendaraan telah diberikan tindakan tilang dan 23 kendaraan sementara masih menunggu pemiliknya datang,” tutupnya. (Daniel)

3 CALON SIAP BERTARUNG MENANGI JABATAN KETUA ASKAB PSSI KABUPATEN JAYAPURA

*Suasana rapat Panitia Kongres AsKab PSII Kabupaten Jayapura. 

*Reporter : Daniel Eluay; *Editor  : Jimmy Maloali

Sentani. Jayapura. Detakpapua.com.|| Pelaksanaan Kongres AsKab PSSI Kabupaten Jayapura,akan dilaksanakan hari ini  di Lantai Dua (II) Kantor Bupati Jayapura.

Calon yang lolos verifikasi untuk jkabatan ketua, wakil dan Exo, itu semua sudah melalui tahapan – tahapan yang ditentukan. Verifikasi calon sesuai formulir yang kita sebar ke semua klub aktif, kemudian klub  mengembalikannya dengan mengisi nama para calon, itulah sebabnya kita minta ke-masing-masing calon untuk melengkapi persyaratan. Panitia telah memberikan jeda waktu selama satu minggu agar calon dapat kembali melengkapi persyaratan berdasarkan format formulir yang sudah dikembalikan oleh Klub.

Hasil verifikasi data yang masuk ke panitian, sudah ada 3 calon ketua, 3 calon wakil ketua, dan 10 calon anggota EXO. Tiga calon Ketua antara lain: Mathius Awoitauw, Dantje Nere dan Stenly Ondikeleuw.

Ketua panitia Konggres Askab PSSI Kabupaten Jayapura Reymon Sokoy, kepada wartawan mengatakan, kurang lebih  23 klub yang selama 5 tahun belakangan ini aktif  dalam turnamen sepak bola, baik ditingkat Kabupaten Jayapura maupun kota Jayapura.

” Tim – tim yang aktif itulah yang akan di undang untuk mengikuti kongres, setelah badan pengurus Askab terbentuk. Sementara untuk Tim yang sudah tidak lagi aktif sampai sekarang kita akan data ulang karena mereka punya hak juga untuk bisa mengikuti kompetisi kembali, tapi kalau memang sudah tidak ada kepengurusannya atau tidak ada manajemen untuk mengelola klub itu berarti kita anggap sudah tidak aktif.

Jadi untuk tim yang sudah tidak lagi aktif akan digantikan dengan tim yang aktif saat ini di semua Kompetisi sepakbola di Kabupaten Jayapura ucap Sokoy.

Sebagai panitia kita berharap semua tim yang mengikuti kongres AsKab mempunyai pikiran yang baik. Kita tidak punya kepentingan lain, kita mengajak teman-teman yang ada yang aktif untuk hadir dalam kongres, agar kita sama-sama mensukseskan pemilihan ketua, wakil ketua dan juga 5 anggota exco.(Daniel)

 

PROGRAM UNGGULAN POLRES JAYAPURA “GABUS” TERUS MASIH BERLANJUT

*Suasana akitivitas belajar baca dan tulis, yang di lakukan oleh Srikandi Polres Jayapura kepada warga.

 

Sentani. Jayapura. Detakpapua.com,|| Gerakan baca tulis yang di ajarkan langsung Polwan Polres Jayapura terhadap mama – mama yang sedang berjualan di Kampung Toladan Sentani Kab. Jayapura. Senin, 09/05 sore.

Srikandi Polwan Polres Jayapura yang dipimpin Ipda Rismawati bersama anggotanya kembali mendatangi mama Ina Kogoya (43) seorang mama yang kesehariannya berjualan sayur di pinggir jalan Kampung Toladan Sentani, sembari berjualan mama Ina yang diketahui tidak mengenyam bangku pendidikan diajarkan langsung membaca dan menulis dalam program gerakan baca tulis (Gabus), program yang digawangi Polres Jayapura dalam membantu pemerintah mengentaskan buta aksara di Kab. Jayapura.

Kapolres Jayapura AKBP Fredrickus W.A Maclarimboen, S.IK., MH menjelaskan bahwa program yang dijalankannya bersama anggota sebagai inovasi dalam mencerdaskan kehidupan anak bangsa “melalui inovasi atau program gerakan baca tulis (Gabus), dengan menjemput bola anggota mendatangi dan mendata warga untuk diajarkan membaca maupun menulis, tentunya bagi siapa saja yang diketahui masih buta aksara,” katanya.

Lanjut Kapolres, diharapakan melalui inovasi gerakan baca tulis dapat meniadakan buta aksara di Kab. Jayapura, “tidak hanya di wilayah Sentani tetapi inovasi ini dijalankan seluruh Bhabinkamtibmas yang ada di Polsek – Polsek naungan Polres Jayapura, sesuai jadwal yang sudah disepakati bersama,” pungkasnya. (Daniel)

TIDAK BERIZIN, 660 PERSONIL TNI- POLRI DISIAGAKAN ANTISIPASI AKSI DEMO DI KAB. JAYAPURA

*Anggota Polisi dan TNI saat melukan razia kepada warga, lebih khusus yg tidak gunakan helm

Sentani. Jayapura. Detakpapua.com.|| Apel pengamanan mengantisipasi rencana aksi demonstrasi yang berlangsung di Lapangan malam Theys H. Eluay Sentani Kab. Jayapura. Selasa, 10/05 pagi.

Kapolres Jayapura AKBP Fredrickus W.A Maclarimboen, S.IK., MH memimpin langsung apel pengamanan mengantisipasi jalannya aksi demonstrasi yang rencananya akan dilakukan hari ini, 660 personil TNI Polri bersiaga di wilayah Kab. Jayapura.

Kapolres Jayapura AKBP Fredrickus W.A Maclarimboen, S.IK., MH menjelaskan bahwa walaupun aksi demonstrasi tersebut tidak diijinkan, pihaknya tetap mengsiagakan ratusan personil gabungan TNI dan anggotanya “demonstrasi tersebut tidak kami ijinkan, namun personil tetap disiagakan guna mengantisipasi hal – hal yang tidak diinginkan, ada 660 personil yang terdiri dari 277 personil Polres Jayapura, Dalmas Polda Papua 29 Personil, Brimob Polda Papua 105 personil, 249 personil TNI dari AURI, Batalyon 751 dan Koramil Sentani,” jelasnya.

Aksi demonstrasi yang rencananya akan dilaksanakan hari ini sesuai selebaran atau berita – berita di medsos menuntut penolakan otonomi khusus jilid 3 dan pemekaran daerah otomi baru “ada beberapa titik penyakatan massa oleh personil kami diantaranya pertigaan sosial, pertigaan pos 7, dan pertigaan netar, selain itu anggota juga melaksanakan razia di 2 titik berbeda yakni puspenka Hawai dan didepan Mapolsek Sentani Timur, perintah jelas jika ada massa yang berkumpul kami langsung bubarkan,” tegas Kapolres Jayapura. (Daniel)

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

BUPATI JAYAPURA MATHIUS. AWOITAUW’TEGASKAN, KEPALA DINAS LAPORkAN ASN YANG TIDAK MASUK KANTOR DIHARI PERTAMA”

*Suasana Apel Perdana Pemerintah Kabupaten Jayapura, setelah libur 10 hari pasca idul Fitri, dihadiri sejumlah OPD Pemerintah Kabupaten Jayapura.

Sentani. Detakpapua.com.||Suasana apel perdana awal masuk kerja usai libur Hari Raya Idul Fitri 1443 H. Bupati Jayapura. Mathius Awoitauw, SE. M.Si., Pimpin Apel dilapangan upacara kantor Bupati Jayapura.

Apel perdana tersebut dihadiri seluruh Organisasi Perangkat Daerah (OPD) dilingkungan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Jayapura. Senin, 9 Mey 2022

Kepada wartawan usai memimpin apel perdana. Bupati Jayapura, mengatakan pelaksanaan apel ini sangat istimewa karena apel perdana setelah libur panjang 10 (sepuluh) hari lamanya, pasca idul Fitri 2022. Kepada Kepala Dinas atau OPD agar segera melaporkan jika ada ASN yang tidak hadir di hari pertama masuk kantor.

” Saya, melihat antusias dari ASN untuk masuk kerja di hari perdana usai libur panjang lebaran ini cukup banyak sekali. Mungkin dong (mereka ASN) tambah semangat lagi,” ujarnya.

Tak lupa Saya ucapkan “mohon maaf lahir dan batin” kepada seluruh masyarakat dan khusus ASN Kabupaten Jayapura.

Bupati, menambahkan kepada seluruh ASN untuk tetap tingkatkan kehadiran seperti awal masuk kantor, harus terus di pertahankan dan tingkatkan karena disiplin Pegawai sangat penting. Karena, jika ASN malas – malas masuk Kantor, bagaimana kita mau membangun Daerah ini.

Saya, minta kepada para ASN untuk kembali bekerja dengan semangat baru, serta terus meningkatkan pelayanan kepada masyarakat. Mari sama _ sama kita bekerja kembali ini dengan semangat baru, karena masyarakat akan melihat kinerja Kita.

Harapan Bupati, kekompakan dan kebersamaan kita harus terus dijaga.  Artinya ” Perintah satu, semua harus jalan. Jangan latihan lain main lain’  itu akan membuat kinerja kita kacau. (Daniel)

MAYOR. INF. JHON F DAHAR, S.H., “JANGAN JADI YUDAS, DALAM AKSI DEMO 10 MEY 2022” KABUPATEN JAYAPURA & PAPUA TETAP AMAN DAN NYAMAN

Sentani. Jayapura. Detakpapua.com.||Selaku aparat kewilayahan Danramil 1701 Sentani Mayor Inf. Jhon D Dahar, S.H., bersama pihak Kepolisian menghimbau warga tetap bangun kebersamaan dengan menjaga situasi kamtibmas yang telah dibangun selama ini.

Aksi demo yang rencananya akan dilakukan besok,  sampai saat ini kita di Kabupaten Jayapura, masih kondusif aman dan aktivitas masyarakat tetap berjalan seperti biasa.

Kepada wartawan. Komandan Ramil 1701 Sentani. ungkapkan  bahwa, selaku aparat kewilayahan saya menghimbau untuk kita tetap menjaga kebersamaan ini ya, walaupun dibilang mau goyang Papua sampai bagaimanapun kita di Kabupaten Jayapura, masih tetap tenang karena Kabupaten ini sama – sama kita cintai dan kita jaga kebersamaan itu.

” Salah satu contoh yang pernah terjadi waktu demo tolak Otsus jilid 1 itu, yang pernah dilakukan, membuktikan bahwa kita di Kabupaten Jayapura setelah dibangunnya komunikasi bersama seluruh tokoh – tokoh dan semua pihak yang ada yang ada, walapun pelaksanaan demo tetap berjalan, kita bisa melihat bahwa Kabupaten Jayapura ini aman dan kondusif,” tegas Dahar.

Jhon menambahkan,  ” Jangan jadi Yudas” tinggal di tempat ini dan melakukan aksi – aksi demo dengan maksud atau muatan – muatan tertentu dan bersuara, yang tidak – tidak.

tidak ada untungnya  jika kita melakukan aksi – aksi yang membuat suasana di Papua dan Khususnya Kabupaten Jayapura tidak nyaman. Karena tidak mungkin orang dari luar yang datang untuk menjaga keamanan di wilayah kita, kitalah yang harus berperan menjaga wilayah kita ini.

Sampai saat ini koordinasi bersama Polres, Polsek masih terus kita bangun ciptakan situasi kamtibmas di Kabupaten Jayapura.

‘ Upaya memberikan suasana aman dan nyaman, mulai malam ini anggota telah siaga dan juga akan bersama – sama dengan aparat Kepolisian besok pagi akan melakukan apel dan kita siap untuk mengamankan wilayah kabupaten Jayapura tetap aman kondusif seperti itu” ujar Dahar, (Daniel)

DUKUNG & SUKSESKAN K-MAN VI 2022 ” UCCE SALON” GELAR LOMBA FASHION SHOUW YAU DAN ENGGO

*Ketua Panitia. Uce Puraro ketika ditemui diruang kerjanya.

Sentani-Jayapura detakpapua.com|| Dalam waktu dekat lomba fashion show Yau dan Enggo akan di gelar,  guna menyukseskan pelaksanaan Konggres Masyarakat Adat Nusantara (K-MAN) di Kabupaten Jayapura.

Bagi peserta fashion shouw yang dapat juara mereka akan ditempatkan untuk menemput tamu –  tamu yang datang pada kegiatan K-MAN dibulan Oktober 2022 nanti. Selain menjemput tamu – tamu, mereka juga yang mendapimgi para tamu ke.lokasi -lokasi wisata, juga Kampung – kampung yang ada sekalian mempromosikan tempat wisata dan kampung wisata Kabupaten Jayapura.

Lomba fashion show Yau & Enggo tidak hanya dilaksanakan untuk kegiatan K-MAN semata, tetapi akan terus dilakukan setiap tahun dalam rangka mempersiapkan Yau & Enggo, Ganteng dan Cantik ke tingkat Provinsi dan juga tingkat Nasional.

Ketua Panitia. Uce Puraro yang kenal dengan nama akrab medsos FB ( Putri Nolokla) itu juga menyampaikan bahwa, fashion show ini digelar untuk mengajak para kaula muda – mudi khususnya Yau dan Enggo untuk bisa tampil ganteng, cantik dan bisa belajar dan mengekspresikan diri mereka pada dunia fashion shouw, sehingga dapat terhindar dari hal – hal yang merugikan diri bahkan masa depan mereka.

Pelaksanaan lomba akan dilaksanakan pada Bulan Juni di Minggu ketiga, dan sejak tanggal 1 Mey  sampai dengan bukan Juni 2022.

Kriteria bagi Yau dan Enggo yang ingin mendaftar diantaranya.

  1. Usia 16 – 25 tahun
  2. Belum menikah
  3. KK foto Copi
  4. e-KTP foto copi

Lomba fashion shouw Yau & Enggo, lebih khusus kepada OAP (Orang Asli Papua) yang ada di Kabupaten Jayapura. Dan tidak menerima Non – OAP, dan juga tidak menerima dari dari Kabupaten dan Kota lain.

Ketua Panitia. Uce Puraro , kepada wartawan, mengatakan, Kegiatan lomba tersebut disponsori oleh Ucce Salon, yang berada di pertigaan lampu merah pasar lama Sentani (Ucce Salon) tersebut lansung dijadikan sebagai Sekertariat perlombaan fashion shouw. ” Untuk peserta yang ingin mendaftar dihargai per orang Rp. 200.000,-, kenapa di pungut biaya, karena kegiatan tersebut dilakukan lansung oleh pihak swasta dalam hal ini yang tangani lansung Uce Salon.

Sementara itu respon Pemerintah Daerah Kabupaten Jayapura sangat baik sekali untuk menyukseskan kegiatan dimaksud, dan sudah lampu hijau dari pihak Pemerintah Kabupaten Jayapura untuk mendukung suksesi kegiatan lomba fashion show ini.

” Untuk pelaksanaan kegiatan lomba telah siap, dan Panitia juga sudah melakukan audiensi bersama Bupati Jayapura, terkait pelaksanaan lomba fashion shouw tahun 2022 di Kabupaten Jayapura,” tutup Ucce (Daniel).