TRIWULAN 3 KANTOR PENGADILAN AGAMA SENTANI TERIMA 60 PERKARA PERCERAIAN TAHUN 2022

*Foto bersama Kepala Dinas Dukcapil. Herald Berhitu didampingi Sekretaris Dukcapil. Muzida dan Kepala Kantor Pengadilan Agama Sentani. Ahmad Zuhri, didepan Kantor Disdukcapil Kabupaten Jayapura

 

Sentani-Detakpapua.com|| Kantor Pengadilan Agama menindak lanjuti MoU bersama Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Jayapura. tentang perubahan identitas sebelum diterbitkannya AKTA CERAI.

Ketua Pengadilan Agama Sentani. Ahmad Zuhri, S.HI.M.Sy., kepada wartawan mengatakan, selain menindak lanjuti, kerja sama, pada kesempatan tersebut juga disampaikan bahwa ada Aplikasi yang akan dikelola oleh Disdukcapil untuk pengurusan Akta Perceraian bersama Kantor Agama Sentani.

Adapun aplikasinya adalah ‘Sistem¬† Integrasi Pengisia Akta Capil Pasca Perceraian’ SIPACE KREN, itu aplikasi yang telah kami sosialisasikan kepada Disdukcapil, dan sudah diterima oleh Pak Kadis dan selain ini, kami akan bisa laksanakan baru tahun 2022,” kata Zuhri dihalaman Kantor Disdukcapil. Pelaksanaa kerja tersebut mulai dilakukan tahun 2022.

Ahmad, menambahkan, sesuai data Kantor Agama , untuk tahun 2021 tercatat perkara perceraian sebanyak 160 perkara dan perkiraan kisarannya memang dari tahun ke tahun sekitar itu antara 150-180.

¬†Tetapi untuk tahun 2022 sampai di Bulan ini Kita sudah menerima perkara perceraian sekitar 60, nampaknya meningkat dari tahun sebelumnya ujarnya,”

Aplikasi yang telah disampaikan kepada Disdukcapil bisa digunakan oleh dukcapil dengan harapan dapat memudahkan masyarakat pencari keadilan dan masyarakat yang ada di daerah di kabupaten Jayapura ini untuk pengurusan dokumen perubahan dokumen kependudukan setelah perceraian dengan kerjasama ini masyarakat tidak perlu lagi kesana kesini cukup satu pintu nanti di Pengadilan Agama akan terbitkan semuanya melalui Dukcapil.

Kepala Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Jayapura. Herlald Berhitu., Kepada wartawan mengatakan, Kerja sama yang dilakukan bersama Kantor Pengadilan Agama Sentani adalah untuk memudahkan masyarakat dalam mengurus administrasi kependudukannya, masyarakat tidak perlu lagi ke Dinas Dukcapil tetapi bisa ambil datanya lansung di Kantor Pengadilan Agama Sentani.

” Hal tersebut dilakukan khususnya untuk yang beragama Muslim, bagi mereka yang mengurus perceraian melalui aplikasi yang telah dibuat oleh Pengadilan Agama nanti kita di sini langsung mengurus punya kartu keluarga,. KTP nya langsung dicetak statusnya cerai hidup atau cerai mati, dan data lengkap bisa langsung di terima di Pengadilan Agama Sentani,” pungkas Berhitu diruang kerjanya.

Kerja sama ini dilakukan guna antisipasi masyarakat sehingga masyarakat tidak perlu lagi datang berbondong – bondong disini hanya untuk antre mengurus surat – surat perceraian, dengan adanya aplikasi tersebut akan lebih memudahkan masyarakat dan dengan cepat mengambil dokumennya tutup Herlad. (Daniel)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *