Detak Papua
NEWS TICKER

TERIMA BANTUAN MESIN PENCACAH SAMPAH: KEPALA KAMPUNG SEREH UCAPKAN TERIMA KASIH

Friday, 12 March 2021 | 5:19 pm
Reporter: Daniel eluay
Posted by: Detak Papua
Dibaca: 167
Kepala Kampung Sereh Steven Eluay, SE saat foto bersama dengan Kabid Lingkungan Hidup Dinas Kehuatanan Provinsi Papua, dihalaman Kantor Kampung (df ; Eluay).

DETAKPAPUA.COM – Kampung Sereh memiliki wilayah yang cukup luas dengan laju pertumbuhan penduduk yang cukup tinggi. Dengan banyaknya jumlah penduduk tentunya akan sangat mempengaruhi tingkat konsumsi masyarakat, karena daya beli yang juga cukup tinggi.

Penduduk yang cukup padat yang mendiami kampung Sereh ini, juga berpengaruh tehadap timbulan sampah yang dihasilkan oleh masyarakat. Akibat banyaknya sampah inipun akan sangat mempengaruhi lingkungan dari segi estetika, terutama ke-indahan dan kenyamanannya.

 Untuk mengendalikan laju timbulan sampah maka pemerintah melalui Dinas Kehutanan Provinsi Papua khususnya bidang lingkungan hidup belum lama ini menyerahkan bantuan mesin pencacah sampah ke Kampung Sereh yang diterima langsung oleh Kepala Kampung Sereh Steven Eluay. Dalam wawancaranya bersama detak papua Steven menyampaikan, Sebagai Kepala Kampung Sereh mewakili seluruh Masyarakat, ia megucapkan terima kasih kepada Pemerintah Kabupaten dan juga Provinsi melalui Dinas Kehutanan dan Lingkungan Hidup, khususnya terkait kepedulian pemerintah  bagi Masyarakat di Kampungkhususnya dalam hal  mengatasi masalah sampah.

Selanjutnya Kepala Kampung sereh, melalui media ini juga memberikan himbauan kepada masyarakat kampung Sereh agar, sesegra mungkin membentuk  kelompok pengelola yang akan bekerjasama dengan Pemuda Kampung untuk mengelola sampah -sampah yang ada di lingkungan Kampung Sereh.

Kepala Kampung Sereh, Steven Eluay, SE., menyampaikan, bahwa kampong Sereh ini cukup luas Wilayahnya dan kampug ini berada di jantung Kota Sentani sehingga berpenduduk cukup padat. Dari ukuran jumlah warga  sudah pasti menghasilkan banyak sampah rumah tangga ujarnya. Sehingga dalam hal ini mesin yang telah diberikan akan kami gunakan untuk bagaimana sampah – sampah yang ada di lingkungan ini bisa menjadi sesuatu yang bernilai ungkapnya.

Lebih Lanjut kepada wartawan media ini Kepala Kepala Kampung Sereh menyampaikan Kebetulan di kampung ada Ikatan Pemuda Kampung jadi mereka juga sudah bersedia dan sudah saya instruksikan untuk membentuk kelompok pengelola sampah yang rencananya akan diberi nama “Kelompok Muda Berkarya” atau “KMB”. Jadi itu diserahkan langsung kepada pengurus Pemuda yang akan membentuk melihat anggota muda yang mungkin tidak punya kesibukan secara tetap mereka bisa masuk dalam kelompok ini pengelola sampah ini.

Kepala Kampung juga menyampaikan akan memberikan himbauan kepada masyarakat agar di setiap lingkungan RT / RW warga dapat mengumpulkan sampah – sampah baik organik  maupun anorganik ke kelompok yang sudah terbentuk untuk selanjutnya dikelola oleh mesin pencacah sampah ini.

Dengan demikian akan ada kegiatan pengelolaan sampah oleh kelompok-kelompok masyarakat di Kampung Sereh yang akan mengelola sampah sehingga sampah ini memiliki nilai ekonomis. Steven Eluay juga menyampaikan akan ada penjajakan dengan Bank sampah agar  kelompok-kelompok pengelola sampah ini dapat terus mengelola sampah sehingga bernilai jual yang pada akhirnya akan mendatangkan keuntungan ekonomis bagi warga kampung.

 

Mengakhiri wawancaranya bersama detakpapua.com, Steven Eluay menambahkan, sebagai aparat kampung ia juga berharap dengan adanya bantuan mesin pencacah ini minimal Kampung Sereh dapat menjadi pelopor kampung bersih”bebas dari masalah sampah. Pihaknya sebagai Pemerintah kampung dan Warga juga menyampaikan ucapkan terima kasih kepada Dinas lingkungan hidup Provinsi Papua dan juga Kabupaten Jayapura yang sudah menaruh rasa kepedulian pada masyarakat dengan menyerahkan mesin pencacah ini.

 Redaksi ; Eluay

Berita Lainnya

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Name *

© 2020 Detak Papua. All Rights Reserved.
Design by Velocity Developer