Detak Papua
NEWS TICKER

Sosialiasi MRP Lahirkan 7 Peryataan Sikap “

Saturday, 10 July 2021 | 5:55 am
Reporter: Daniel eluay
Posted by: Detak Papua
Dibaca: 33

Perwakilan Tokoh Adat Yanto Eluay Ondofolo Kampung Sereh, saat  menyerahkan   peryataan sikap Hasil diskusiPara tokoh  kepada Anggota MRP

 

Jayapura-Detakpapua.com – Majelis Rakyat Papua (MRP) melalui Pokja Agama dan Pokja Adat melakukan sosialisasi dan jaring aspirasi terkait Perlindungan, Afirmasi, dan Perubahan ke – 2 RUU Otsus Papua di Kabupaten Jayapura.

Kegiatan tersebut dihadiri perwakilan Tokoh Agama, Tokoh Adat, Tokoh Masyarakat, Tokoh Pemuda, dan Ketua Organisasi masyarakat.

Dalam kegiatan Sosialisasi dan penjaringan aspirasi masyarakat ini, ketua Pokja Agama, Dorlince Mehue, mengatakan banyak sekali keluh kesah yang disampaikan oleh para tokoh. Dari pertemuan ini ia menyampaikan banyaknya keluhan ini menandakan apa yang sudah dilakukan oleh MRP ternyata masih banyak kekurangan. Oleh sebab itu pihaknya berjanji akan tetap berusaha untuk memberikan pelayanan yang terbaik bagi masyarakat baik orang asli Papua maupun masyarakat Indonesia yang ada di tanah Papua.

Diskusi bersama para tokoh ini melahirkan 7 pernyataan sikap, dan akhirnya seluruh peserta yang hadir menyepakati bahwa forum ini dinamakan forum Indonesia bersatu di Tanah Papua. Kita harus bersatu untuk bicara Papua tidak terlepas dari Indonesia. Karena itu apapun yang disampaikan oleh para peserta tentang bagaimana negara bisa mengindonesiakan Papua dan Papua juga merasa  merasa bagian dari Indonesia. Karena itu kita harus menjaga keseimbangan di Tanah Papua,” sahut Dorlince.

Ditambahkan Mehue, Tujuh ( 7 ) pernyataan sikap ini adalah murni hasil diskusi dari jam 10 pagi sampai dengan jam 3 sore. Dari diskusi ini kita bisa melihat bagaimana masyarakat membutuhkan ruang-ruang yang disediakan oleh Lembaga untuk bisa menyampaikan apa yang menjadi isi hati masyarakat.

Penjaringan Aspirasi ini juga diikuti dengan penyerahan pernyataan sikap oleh para tokoh kepada anggotab MRP Karena itu pernyataan sikap yang tadi diserahkan secara resmi Kepada Saya sebagai Anggota Majelis Rakyat Papua (MRP) Saya juga harus bertanggung jawab untuk menyerahkan kepada Lembaga yang mengutus kami.

Yang saya lakukan hari ini adalah mengundang para tokoh dari tingkat Provinsi itu artinya semua orang bertanggung jawab untuk bagaimana menjaga Tanah Papua ini supaya aman damai dan tentram. terkait dengan dinamika yang terjadi di Papua hari-hari ini, satu hal yang kami inginkan dari forum ini adalah bagaimana kita bisa menjaga Papua tetap ada dalam bingkai NKRI. Dan yang paling utama adalah menjaga kenyamanan supaya kita dengan hati yang damai dan sukacita menyambut penyelenggaraan PON yang akan diselebngarakan nanti dalam waktu yang tidak terlalu lama lagi.Besar harapan masyarakat apa yang di sampaikan kiranya dapat ditindaklanjuti oleh semua pihak yang telah direkomendasikan hari ini melalui Forum Indonesia Bersatu.

Kami akan serahkan Peryantaan Sikap setelah ada rapat Bamus dan pembukaan masa sidang ketiga selepas itulah baru kami akan serahkan hasil – hasil reses yang dilakukan oleh seluruh Anggota MRP di semua konstituen mereka, termasuk Saya hari ini mengundang para tokoh untuk bisa memberikan buah-buah pikiran dan juga harapan, untuk ditindak lanjuti. (DaniEl).

Berita Lainnya

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Name *

© 2020 Detak Papua. All Rights Reserved.
Design by Velocity Developer