Detak Papua
NEWS TICKER

SOLIDARITAS MAHASISWA DAN RAKYAT PAPUA TOLAK OTSUS JILID II

Thursday, 15 July 2021 | 8:15 am
Reporter: Daniel eluay
Posted by: Detak Papua
Dibaca: 20

Insert Photo: Aparat Kepolisian Ketika Membubarkan Aksi Unjuk Rasa Penolakan Otsus Jilid II oleh Solidaritas Mahasiswa Oleh Puluhan mahasiswa Universitas Cenderawasih (Uncen).  Aksi penggalangan masa oleh Solidaritas Mahasiswa dan masyarakat ini, menolak Otsus Jilid dua (II) dan Pengesahan revisi undang – undang Otsus oleh DPR – RI.

.

Jayapura-detakpapua. Tepat di Gapura Universitas Cenderawasih (Uncen) Abepura, Kelurahan Kota Baru Distrik Abepura Kota Jayapura, telah dilaksanakan Aksi Penggalangan Massa oleh Solidaritas Mahasiswa dan Rakyat Papua Tolak Otsus Jilid II dalam rangka Menolak Pengesahan Revisi UU Otsus Jilid II oleh DPR RI, kegiatan ini di Koordinatori oleh Apeniel Doo (Ketua Umum IPPMMEE).  Aksi ini Menolak dengan tegas perpanjangan pemberlakuan otonomi khusus jilid II dalam bentuk dan nama apapun di teritori West Papua.

Aksi tersebut dilakukan tepat di depan Gapura Uncen Jayapur. Menolak segala bentuk kompromi sepihak serta agenda-agenda pembahasan dan keputusan yang tidak melibatkan rakyat Papua selaku subjek dan objek persoalan di Papua. Selain itu dalam aksi ini juga menuntut segera kembalikan kepada rakyat Papua untuk memilih dan menentukan nasibnya sendiri apakah menerima otsus atau merdeka sebagai sebuah negara yang merdeka dan berdaulat. Massa yang terdiri dari puluhan orang mahasiswa ini menyampaikan tuntutan antara lain : 1) Menolak dengan tegas perpanjangan pemberlakuan otonomi khusus jilid II dalam bentuk dan nama apapun di teritori West Papua.2) Menolak segala bentuk kompromi sepihak serta agenda-agenda pembahasan dan keputusan yang tidak melibatkan rakyat Papua selaku subjek dan objek persoalan di Papua. 3) segera kembalikan kepada rakyat Papua untuk memilih dan menentukan nasibnya sendiri apakah menerima otsus atau merdeka sebagai sebuah negara yang merdeka.

Untuk mengamankan aksi unjuk rasa penolakan Otsus Jilid II ini Polisi menurunkan 1 SSR Sabhara Polda Papua dipimpin Kapolsek Abepura, AKP. Lintong Simanjuntak, SH. MA,. di dampingi AKP Harjaka (Wakapolsek Abepura) langsung turun ke  Tempat kejadian.  Dalam wawancaranya Kapolsek mengatakan, saya harapkan agar adik-adik segera membubarkan diri dengan baik-baik, karena kegiatan adik-adik saat ini tidak memiliki surat ijin. “Kami di sini hanya melaksanakan tugas yang diberikan oleh pimpinan kepada kita, dan situasi saat ini Kota Jayapura sebagai daerah Merah penyebaran Covid-19.  Untuk itu saya meminta kedewasaan adik-adik untuk mengerti situasi yang kita alami saat ini terkait dengan Pandemi Covid-19, sudah ada himbauan terbaru dari pemerintah untuk tidak boleh melakukan kerumunan.” Tegas Lintong.

Dalam orasi yang disampaikan oleh para pengunjuk rasa yang terdiri dari Solidaritas Mahasiswa dan Rakyat Papua  ini dengan tegas Menolak Otsus Jilid II, karena negara tidak bisa memaksakan kehendak untuk melanjutkan Otsus di Tanah Papua, Jika betul Otsus untuk Rakyat Papua, maka harus dikembalikan juga kepada rakyat Papua, biarkan rakyat Papua sendiri yang menentukan apakah Otsus Jilid II lanjut atau tidak.

Menanggapi apa yang disampaikan oleh Kapolsek terkait ijin, Apeniel Doo yang juga merupakan ketua Umum IPPMMEE, menyampaikan, sebelum melaksanakan kegiatan ini, kami sudah memberikan surat ijin kepada Kanit Intelkam. kami massa aksi yang di sini mengikuti Korlap umum yang ada di perumnas 3 (tiga) Waena, dan kami di sini mewakili rakyat untuk menyuarakan aspirasi dari masyarakat untuk menolak Otsus Jilid II. “Tugas bapak hanya mengawal kegiatan kami, karena kegiatan kami ini sudah sesuai dengan Undang-undang penyampaian pendapat di muka umum,” sahut Apinel. Walaupun sudah memberikan ijin untuk melakukan aksi, massa Aksi dari Solidaritas Mahasiswa dan Rakyat Papua akhirnya di bubarkan juga oleh Aparat keamanan. Aparat juga mengamankan Korlap Aksi Unjuk Rasa ini. Untuk mengamankan aksi ini bukan saja melibatkan polisi tetapi juga 1 SST Korem 172/PWY di bawah pimpinan Letda Inf Umar. R Dantim Hub Korem 172/PWY.(DaniEl).

Berita Lainnya

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Name *

© 2020 Detak Papua. All Rights Reserved.
Design by Velocity Developer