Detak Papua
NEWS TICKER

SEKOLAH KADER BAWASLU: UPAYA TRANSFER PENGETAHUAN PENGAWASAN PEMILU

Friday, 10 September 2021 | 8:04 pm
Reporter: Daniel eluay
Posted by: Detak Papua
Dibaca: 63

Insert Photo: Ketua Bawaslu Kabupaten Jayapura, Zakharias Rumbewas, SH

 

Ketua Badan Pangawas Pemilu (Bawaslu) Kabupaten Jayapura. Zakharias Rumbewas, SH menegaskan, Bawaslu memiliki kewenangan untuk melakukan pengawasan terhadap tahapan penyelenggaraan pemilu maupun pemilukada di wilayah NKRI.

Tindakan pengawasan ini cukup berat, untuk itu Kami butuh partisipasi Masyarakat, maka Bawaslu RI melalui Bawaslu Kabupaten Jayapura sebagai tuan rumah melaksanakan kegiatan Sekolah Kader, sebelum menerjunkan petugasnya dilapangan.  Sebelumnya kita berikan modal pengetahuan dulu, agar mereka tidak salah dalam melakukan tupoksinya ujar Rumbewas.

Selanjutnya Ketua Bawaslu kepada media ini mengatakan, peserta yang mengikuti sekolah kader ini adalah perpanjangan tangan dan sebagai corong Bawaslu.  Selalu saya tekan berulang – ulang terkait dengan proses demokratisasi disuatu daerah. Seperti halnya di Kabupaten Jayapura, bukan hanya menjadi tanggung jawab Bawaslu namun tanggung jawab bersama yaitu, Bawaslu, Media dan Masyarakat.  Hal ini bisa dikatakan sebagai upaya tranfer pengetahuan tentang kepemiluan,” tegas Rumbewas, usay pembukaan kegiatan Sekolah Kader.

Sangat diharapkan media juga kalau bisa terus membekap kami untuk menjadi corong dan menyampaikan kepada publik mengenai seluk beluk pemilihan Umum. Kita sangat tau bahwa peran media sangat penting. Zakharias, meminta agar peserta yang telah mengikuti Sekolah Kader agar memilik kemampuan dan dapat berperan dengan baik ditengah – tengah masyarakat, sesuai dengan apa yang di harapkan. (daniel)

Berita Lainnya

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Name *

© 2020 Detak Papua. All Rights Reserved.
Design by Velocity Developer