Detak Papua
NEWS TICKER

SAR JAYAPURA GELAR PELATIHAN POTENSI SAR”PENYELAMATAN DIATAS AIR”

Monday, 12 April 2021 | 8:19 am
Reporter: Daniel Eluay
Posted by: Detak Papua
Dibaca: 92

Raymond Konstantin, S.E., Sub Koordinator Sertifikasi Potensi Badan Nasional Pencarian dan Pertolongan Penyusun Bahan Sertifikasi, 

Detakpapua.com – Antusiasme dan semangat peserta cukup tinggi ketika mengikuti pelatihan ini, dan mereka akan diberikan sertifikat apabila secara fisik mereka mampu melakukan teknik penyelamatan di permukaan air.

Hal tersebut disampaikan Sub Koordinator Sertifikasi Potensi Badan Nasional Pencarian dan Pertolongan Penyusun Bahan Sertifikasi Raymond Konstantin, S.E. Penilaian ini diberikan berkat pantauan selama peserta mengikuti kegiatan sejak hari pertama sampai dengan hari terakhir. “

Walaupun dikegiatan ini membutuhkan banyak sekali energi fisik, tetapi mereka betul-betul semangat mengikuti seluruh rangkaian kegiatan baik yang di kelas praktek dering, maupun praktek bahasa langsung di kolam atau di danau ini. Mereka untuk simulasi renangnya dan teknik pertolongan dimulai dari kolam Yonif 751 sampai di hari terakhir ini praktek di danau Sentani, sangat baik walaupun dalam keterbatasan – keterbatasan peralatan ungkap Raymond.

Saya melihat ada semanagt yang luar biasa dari peserta dengan mengikuti pembinaan selama 5 hari dengan waktu pembinaan selama 5 hari atau selama 72 jam pelajaran, tuturnya. Jika Peserta sudah lupa teknik yang dipelajari bisa kembali ke kantor untuk merefresh ilmu pengetahuan maupun keterampilan yang sudah mereka terima sampai dengan saat ini ucapnya meyakinkan.”ditambahkannya, “Peserta pelatihan ini akan menjadi tim pendukung dari operasi pencarian dan pertolongan sebagai potensi Sar,  mereka juga bisa meningkatkan komunikasi langsung dengan Kantor Sar Jayapura,”

Wlayah kerja kantor SAR Jayapura memiliki luas 14 Kabupaten dan 1 Kota namun demikian, Basarnas berupaya terus – menerus untuk meningkatkan baik kualitas sumber daya manusianya maupun kualitas sarana dan prasarananya. “kita juga mengembangkan wilayah – wilayah di Wamena, Sarmi dan di Oksibil.” Hal ini diungkapkannya terkait adanya pos – pos yang disediakan guna membantu Kantor SAR Jayapura sebagai ujung tombak dalam melakukan tindakan penyelamatan, jika terjadi darurat bencana.

Raymond, sangat berharap peserta pelatihan bisa menularkan, memberitahukan dan juga menyebarkan ilmu kepada masyarakat luas. Terutama tentang pengetahuan dasar dalam hal  menumbuhkan jiwa kemanusiaan mereka agar mampu melakukan tindakan pertolongan serta mendukung operasi maupun kegiatan – kegiatan tanggap bencana.

Pelatiahn ini seperti ini sangat menguras tenaga. Walaupun demikian, bukan berarti pesertanya di pelatihan ini hanya diikuti kaum pria saja, karena latihan operasi penyelamatan ini juga dapat diikuti oleh kaum Hawa. Suci Indah salah satu contoh kecil. Perempuan bernama lengkap Suci Indah Permatasari ini adalah salah satu peserta perempuan utusan Ormas Basnas Tanggap Bencana (BTB) Provinsi Papua.

Media ini mencoba mewawancarainya di sela-sela pelatihan tanggap bencana yang diikutinya. Ketika ditanya terkait dirinya mengikuti pelatihan ini, kepada detakpapua.com., Suci mengungkapkan,kegiatan ini banyak memberikannya pengetahun baru. Suci, berharap agar pelatihan ini dapat dilaksanakan ke tahap berikutnya agar para peserta benar-benar dapat mengaplikasikan ketrampilan yang mereka peroleh ketika terjadi bencana ataupun keadaan darurat lainnya.(Eluay&)

Berita Lainnya

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Name *

© 2020 Detak Papua. All Rights Reserved.
Design by Velocity Developer