Detak Papua
NEWS TICKER

RESES DPRP: KETUA KOMISI IV BERTEMUA WARGA KABUPATEN JAYAPURA

Monday, 5 July 2021 | 12:55 pm
Reporter: Daniel eluay
Posted by: Detak Papua
Dibaca: 43
Insert Photo: KETUA KOMISI IV DPR PAPUA. HERLIN BETARIX MONIM.SE

 

SENTANI-Detakpapua.com – Saya berharap ada Kelompok-kelompok pencinta lingkungan hidup  khusus untuk menyelamatkan danau Sentani. Karena saat Danau Sentani sedang terjadi pendangkalan. Saya berharap kelompok anak-anak muda sentani harus bangkit membantu keluarga-keluarga kita yang selama ini hidup danau Sentani.

Hal ini disampaikan Ketua Komisi IV. DPR Papua, Herlin Betarix  M Monim dalam kegiatan Reses di Kabupaten Jayapura belum lama ini.  Herlin Betarix Monim menyampaikan warga masyarakat, organisasi pemuda, warga Gereja dan semua Kita harus bekerja bersama dalam menuntaskan masalah ini. Pendangkalan danau sentani akan segera terjadi, jika tidak ada tindakan nyata untuk melindungi, dan untuk melindungi keberlangsungan hidup masyarakat di sekitar danau sentani, warga tidak bisa berdiri sendiri-sendiri. Justru warga khususnya orang sentani harus memulainya, tertama oleh kaum muda Sentani.

Dalam pertemuannya bersama warga dalam kegiatan Reses DPR Papua, Ketua Komisi Empat ini menyampaikan warga perlu mendorong untuk segera dilakukan percepatan pembuatan peraturan daerah tentang larangan buang sampah  ke kali yang pada akhirnya akan bermuara ke Danau Sentani. Danau Sentani hari-hari ini  menjadi muara tempat sampah bagi semua warga kota yang tinggal di Kabupaten Jayapura dan Kota Jayapura.

Selain Peraturan Daerah tentang larangan membuang Sampah ke Kali atau sungai, Ketua Komisi Empat DPR Papua Herlin Monim juga menyinggung soal pentingnya Peraturan daerah tentang perlindungan cagar alam cyclop. Dikatakannya dihadapan warga kita harus dorong lahirnya Perda Perlindungan cagar alam cyclop karena selama ini sudah terjadi pembabatan liar hutan Cyclop yang menyebabkan  gunung menjadi gundul dan kemudian mengakibatkan banji. Kita semua berharap ada perlindungan sehingga tidak lagi terjadi penebangan liar di kawasan Gunung Cyclop supaya ketika turun hujan air bisa terserap  dengan baik. Karena serapan air yang tidak maksimal ini menyebabkan banjir, sehingga warga juga yang menjadi korban.

Angota DPR Papua ini juga berharap seluruh warga masyarakat yang berdomisili di Kabupaten Jayapura dan Kota Jayapura khususnya disekitar Danau Sentani dan aliran – aliran sungai untuk tidak membuang sampah sembarangan ke sungai-sungai yang bermuara di Danau Sentani. Selain itu Ketua Komisi empat DPR Papua ini juga menghimbau kepada masyarakat untuk taat kepada peraturan ketika Peraturan itu dibuat oleh pemerintah. Jika warga tidak mentaati aturan maka sia-sialah semua yang di upayakan.

” Menutup pertemuan Reses bersama warga Ketua Komisi 4 DPR Papua ini menyampaikan harapannya untuk menyelamatkan danau sentani.  Saya mengajak  mari kita bersama bangkit masih ada waktu belum terlambat selama Danau ini ungkapnya. Usai pertemuan Reses di Kabupateb Jayapura sayan akan melakukan reses di Kabupaten Keerom  dan ke Kabupaten Sarmi, karena saya bicara tentang penyempitan muara sungai danau Sentani itu.” Karena bicara tentang normalisasi itu terkait dengan tupoksi saya di komisi 4 yang akan bersinergi dengan Dinas terkait yang terlibat secara langsung.”.(DaniEl).

Berita Lainnya

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Name *

© 2020 Detak Papua. All Rights Reserved.
Design by Velocity Developer