PERPUSTAKAAN PERLU DI PERHATIKAN DARI SISI PROGRAM DAN ANGGARAN

Insert: Pustakawan Madya; Mikael Talubun, saat wawancara bersama awak media

Merauke detakpapua.com|| Dinas Perpustakaan dan Kearsipan daerah Kabupaten Merauke belum lama ini melaksanakan Bimbingan Teknis Perpustakaan, Pengembangan tenaga Pengelolah Perpustakaan dan Penilaian Lomba Perpustakaan Sekolah. Tujuan diadakannya kegiatan ini untuk menghidupkan kembali perpustakaan sekolah yang ada di Kabupaten Merauke.

Perpustakaan ini mempunyai nilai strategis yaitu sebagai sumber ilmu pengetahuan, kebudayaan dan juga peradaban, dan perpustakaan juga mendukung kebijakan menteri pendidikan “merdeka dalam belajar”, ungkap Pustakawan Madya Mikael Talubun.  Jadi, selain pendidikan yang mereka dapatkan diruang belajar, juga disediakan media yakni perpustakan agar siswa sekolah bisa mandiri dalam mempergunakan ruang perpustakaan ujarnya.

Pustakwan madya kabupaten Merauke ini menambahkan, selama ini Perpustakaan Sekolah kurang diberikan perhatian terutama dari sisi program maupun dari sisi aggaran. Umummya pengelolaan Perpustakaan di lakukan oleh guru-guru yang memiliki kepeduliaan yang besar terhadap perpustakaan, sehingga mereka menyediakan waktu, tenaga dan ketrampilan mereka untuk mengelola  perpustakaan. Selama ini juga tidak ada formasi Kepegawaian untuk petugas perpustakaan yang ada, sehingga bisa mendukung pengembangan sumber daya manusia di bidang ini kedepan, tutur Mikael Talubun menambahkan.

Kepada awak media, Mikael talubun menyampaikan, dari segi SDM patokan dasarnya adalah guru-guru dan juga tenaga-tenaga relawan. Oleh karena itu  kami sebagai SKPD terkait memberikan pendampingan dan bimbingan lewat kunjungan ke sekolah-sekolah yang intinya memberikan support kepada tenaga – tenaga pengelola perpustakaan ini tutupnya mengakhiri wawancara bersama awak media (michela)

 

 

 

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *