Detak Papua
NEWS TICKER

MENPAREKRAF SANDIAGA UNO SAMBUT BAIK KONFERENSI BESAR MASYARAKAT ADAT PAPUA KE-IV DI KAIMANA

Sabtu, 25 September 2021 | 2:40 pm
Reporter: Jimmy Maloali
Posted by: Detak Papua
Dibaca: 245

Insert : Galery Photo Kunjungan DAP, & Panitia KBMAP-IV di Kementerian Pariwisata dan Kementrian PPN

 

Manokwari detakpapua.com.|| Konferensi Besar Masyarakat adat Papua akan dilaksanakan pada tanggal 25 sampai dengan 30 oktober 2021 di wilayah adat IV Bomberay, tepatnya di Kabupaten Kaimana Provinsi Papua Barat, kabupaten yang terkenal dengan pemandangan alamnya yang indah dan senjanya yang sangat eksotik. Untuk suksesnya KBMAP ke-IV ini segenap Panitia dan Dewan Adat telah melakukan sejumlah persiapan, seperti bertemu Gubernur Papua dan Kapolda Papua Barat serta unsur-unsur terkait lainnya di Provinsi Papua Barat guna beraudiens, sampai dengan pelaksanaan Pleno terbatas dengan agenda persiapan teknis finalisasi sudah dilakukan.

Usai Persiapan Tehknis tanggal 9&10 September lalu, Panitia KBMAP bersama DAP kemudian bertolak ke Jakarta untuk menyampaikan secara langsung agenda besar kegiatan lima tahunan yang akan diselenggarakan di Kabupaten Kaimana 25 s/d 30 Oktober mendatang. Sesuai dengan hasil wawancara media ini bersama Sekretaris Umum Dewan Adat Papua Leonard Imbiri dan Ketua Panitia KBMAP-IV Arifin Sirfefa, bahwa tujuan Panitia ini ke Jakarta sesuai dengan apa yang telah diberitakan media ini sebelumnya, yakni; untuk meminta Kesediaan Presiden RI Joko Widodo membuka Konferensi Besar masyarakat Adat di Kaimana. Selain itu, tim juga akan bertemu Menteri Pariwisata dan ekonomi kreatif untuk kepentingan pengembangan sektor wisata dan ekonomi kreatif di Kabupaten Kaimana.

Panitia KBMAP-IV akhirnya diterima Menparekraf Sandiaga Uno di gedung Sapta Pesona Kamis 23 september lalu. Menparekraf, menyambut baik maksud dan tujuan Panitia KBMAP dan Dewan Adat. Dalam pertemuan ini Menteri Parekraf Sandiaga Uno menyampaikan, bahwa, harmonisasi antara pemerintah dan dewan adat Papua harus terus dibangun. Salah satunya dengan menjadikan kaum muda sebagai ujung tombak dalam pembangunan pariwisata bukan saja yang go Nasional tetapi harus go internasional seperti Raja Ampat.

Selain bertemu Mentri Pariwisata dan ekonomi Kreatif, DAP dan Panitia KBMAP-IV Kaimana, juga bertemu wakil Menteri Agraria dan staf ahli Mentri PPN bidang Pembangunan sektor unggulan dan infrastruktur Dr. Felix Vernando  Wanggai. Pertemuan bersama Staf ahli Menteri PPN bidang pembangunan sektor unggulan dan infrastruktur Republik Indonesia ini,  berlangsung jumat 24 september 2021. pukul 15.00-16.00.WIB. Turut hadir mendampingi Dr. Felix Wanggai Tenaga ahli Kelembagaan Desk Papua, Moksen Idris Sirfefa. Hasil pertemuan Dewan Adat Papua yang di motori oleh Sekretaris DAP Leonard Imbiri dan Ketua II Sayd Fadhal Alhamid serta panitia KBMAP IV Kaimana, dengan sejumlah kementerian terkait memperoleh respon positif bahkan dukungan terhadap DAP dan Panitia Konferensi dalam penyelengaraan Konferensi Besar Masyarakat Adat Papua wilayah Adat IV Bomberay. (mj)

 

 

 

Berita Lainnya

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Name *

© 2020 Detak Papua. All Rights Reserved.
Design by Velocity Developer