Detak Papua
NEWS TICKER

KETUA DAS SENTANI : PON ADALAH HARGA DIRI KITA’ MARI KITA SUARAKAN BAHWA TORANG BISA

Kamis, 16 September 2021 | 5:21 pm
Reporter: Daniel eluay
Posted by: Detak Papua
Dibaca: 336

Orgenes Kaway, Ketua Dewan Adat Suku Sentani (DASS) saat diwawancarai di Kampung Bambar.(daniel)

 

SENTANI DETAKPAPUA.COM| Pemerintah yang sama yang menangani perhelatan Pekan Olah Raga Nasional (PON) XX tahun 2021 di Papua dan menangani permasalahan hak ulayat atau ganti rugi tanah Adat.

Masyarajat tidak salah dalam melakukan pemalangan, karena Pemerintah sudah berikan harapan kepada mereka, cuman sampai dengan hari ini waktu yang begitu mengejar pemerintah untuk persiapan – persiapan PON hingga konsentrasi mereka terbagi untuk mengurus Pon dan masalah – masalah hak ulayat Masyarakat, itu sebabnya terjadi penundaan sampai saat ini. Jikalau memang ada aksi-aksi pemalangan, Saya pikir hari ini kita fokus dulu sukseskan PON XX  Papua.

Ketua DAS Sentani Orgenes Kaway, kepada awak media mengatakan, khusus wilayah Waibu telah dibangun lapangan kriket dan belum dibayarkan, tapi Saya berpikir sampai dengan hari ini terkait kesiapan kalau dibilang tidak siap, harus sudah siap, kalau dikatakan berbagai kelengkapan belum siap, itu sudah resiko menjadi  tuan rumah,? Siap tidak siap kita harus siap !, maka kita semua harus terlibat untuk sukseskan Pon tersebut tegas Ketua DAS.

Hal ini disampaikan Orgenes Kaway terkait statemen ketua harian PB PON ketika launching beberapa waktu lalu, bahwa masih ada banyak kekurangan tapi Kita percaya saja bahwa tidak ada yang mustahil bagi Tuhan Tanah Papua tetap Tanah Papua dan kitong punya statemen tentang TORANG BISA itu karena ada masalah, dengan adanya masalah kita hadapi semua, Pon harus sukses dengan semua dukungan dari semua pihak, ” ucap Kaway.

Ditambahkan Orgenes, Saya mohon kepada semua masyarakat kita disisi lain kita adalah bagian dari pemerintah dan kita juga sebagai masyarakat siap sukseskan Pelaksanaan PON,  tapi dari sisi lain kita juga pemilik hak ulayat. Tetapi kita tidak takut, kita percaya  Pemerintah pasti akan bayar.

Kepada awak media pimpinan dewan Adat sentani ini menuturkan, dirinya sudah bertemu Kapolri dan Panglima TNI untuk menyampaikan  bahwa kami akan tutup, tapi saya juga menyadari bahwa ini momen yang terbaik di Papua, itu sebabnya mari kita berbesar hati, sama-sama bergandeng tangan sukseskan PON XX tahun ini.

Setelah selesai Pon dan kita akan bertemu pemerintah untuk menyelesaikan tanggung jawab mereka jar ketua DAS.  Kebijakan pemerintah dalam hal ini Kabupaten Jayapura terlalu lambat ujarnya. Sebenarnya saya mau bicara, tetapi bingung dengan bahasa apa lagi harus saya sampaikan? Sebagai orang Sentani melihat masyarakat saya seperti itu hati saya juga sakit, kalau saya menjadi penentu kebijakan tidak perlu kamu sakit, sebelum Pon datang semua sudah harus diselesaikan.

Hari ini saya menghimbau kepada seluruh Masyarakat yang saya kasihi dan saya cintai Masyarakat Sentani jadi tuan rumah. Ini yang perlu kita pahami dulu. Sentani hari ini jadi tuan rumah di seluruh Papua karena stadion utama ada di Kota Sentani maka dengan itu saya mengharapkan mari kita menahan diri. Semua proses akan kita lalui, harga diri kita sebagai orang Papua kita akan buktikan di ajang PON ini. Berbagai pandangan miring orang dari sisi politik tidak boleh dipertontonkan di ajang PON ini.  Tidak boleh.!  Karena PON XX ini pertaruahan harga diri kita semua. Kau di kampung Kau di Gunung Kau di pinggir pantai kau berdiri di situ katakan kami bisa. Torang bisa.!! karena PON Papua ini juga merupakan penghargaan pemerintah Republik Indonesia untuk Provinsi Papua.

Menutup wawancaranya bersama awak media Kaway menyampaikan, harapnnya agar masyarakat menahan diri. “Harapan Saya seperti itu, Saya minta mari kita tahan diri, nanti Saya yang akan pimpin juga kita kan jalan untuk menuntut hak – hak kita kepada Pemerintah. Tegas Ondoporo Kampung Bambar. (daniel)

Berita Lainnya

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Name *

© 2020 Detak Papua. All Rights Reserved.
Design by Velocity Developer