Detak Papua
NEWS TICKER

KEPALA SEKOLAH SD YPPK SANTA SISILIA HIMBAU ANAK DIDIKNYA BIJAK DALAM MENGGUNAKAN HANDPONE

Senin, 21 Juni 2021 | 3:36 pm
Reporter: Jimmy Maloali
Posted by: Detak Papua
Dibaca: 158

Insert : Foto Bersama  Dewan Guru, Siswa Kelas 6 SD YPPK Santa Sisilia dan Kepala PSW

 

Manokwari detak Papua. Sekolah Dasar (SD) YPPK Santa Sisilia tahun ini menamatkan 99 siswa kelas enam. Dalam Sambutannya dihadapan Orang tua murid, bertepatan dengan pengambilan ijazah siswa, kepala PSW Manokwari menyampaikan tahun ini memasuki tahun kedua pelayanan penddikan yang dilaksanaka oleh sekolah dalam keadaan Pandemi.  Kurang lebih sudah duakali perpisahan. Dalam penyampaian sambutannya dihadapan orangtua murid kepala PSW Manokwari menyampaikan terimakasih kepada kepala sekolah dan dewan guru karena dengan setia mendampingi anak-anak walaupun aktivitas belajar harus dilakukan dalam keadaan masa pandemi.

Selain sambutan oleh Kepala PSW Manokwari, sambutan juga disampaikan oleh Kepala sekolah Dasar YPPK Santa Sisilia, Petronela Ell,S.Pd. Dalam sambutannya kepala sekolah menyampaikan himbauan kepada orang tua murid agar mengawasi dan mengatur anak-anak dalam menggunakan telepon genggam/handpone diluar jam belajar. Sebagai Guru dan Kepala sekolah di SD Santa Sisilia, ia menghimbau kepada orang tua murid untuk memperhatikan penggunaan handpone pada anak.

Dalam wawancaranya bersama media ini usai penyerahan ijazah, Kepala sekolah menyampaikan ada sisi positif negative penggunaan hanpone (HP) pada anak usia sekolah. Guru yang sudah cukup senior ini mengatakan penggunaan HP pada anak itu ada baiknya jika digunakan pada saat anak sedang bepergian atau jauh dari rumah setidaknya orang tua dapat mengetahui keberadaan anak. Selain itu Kepala sekolah juga menyampaikan sisi positif lainnya yakni jika disekolah terjadi hal-hal diluar dugaan semisal anak sakit tiba-tiba atau ada musibah, pihak sekolah dapat segera menghbungi orang tua murid dengan segera.

 Sementara itu sisi negatifnya menurut Kepala Sekolah YPPK Santa Sisilia, cukup banyak. Ia mencontohkan terkait konten-konten yang tidak mendidik marak beredar dan mudah di akses oleh anak-anak kita karena ketersediaan jaringan yang tidak terbatas.       

Kepala sekolah yang berhasil mendidik beberapa orang siswanya yang kini turut bersama dirinya menjadi pendidik di Sekolah yayasan pendidikan persekolahan katolik ini menyampaikan, pihaknya tidak bisa melarang akan kepemilikan Hanpone, tetapi sebagai pendidik ia setuju bahwa penggunaan HP terhadap anak usia sekolah harus melalui Kontrol. Bahkan sebagai Kepala sekolah ia berharap adanya  ketegasan dari dinas terkait untuk dapat mengeluarkan aturan atau rambu-rambu  yang harus ditaati oleh anak usia sekolah dalam hal penggunaan hanpone android.

Penggunaan Handpone android pada anak usia sekolah dasar memang rawan. Banyak kalangan mulai mengkritisi agar pemerintah dapat memperhatikan hal ini. Perkembangan teknologi komunikasi memang telah melahirkan banyak terobosan baru di era millennium. Salah satunya HP android atau akrab disebut dengan  “gatged”.

Seperti yang telah di sampaikan oleh Kepala sekolah SD YPPK Santa Sisilia diatas, bahwa perlu kontrol orang tua dan perlu aturan melalui dinas terkait dalam hal penggunaan telepon genggam. Pandangan ini sejalan dengan pandangan ketua umum LEMTARI (Lembaga Tinggi Masyarakat Adat Indonesia ) Suhaili Husain Datuk Mudo,SH, yang sempat viral beberapa waktu lalu di media sosial, dengan surat terbukanya kepada Menteri Komunikasi dan Informasi untuk memblokir game online supaya anak-anak kita bisa fokus belajar kembali agar generasi kita bisa menjadi generasi yang berpendidikan.

Himbauan yang disampaikan oleh Kepala Sekolah SD YPPK Santa Sisilia di hadapan orang tua dan murid saat penerimaan ijazah kelulusan bagi siswa kelas enam nyaris sama dengan Seruan yang disampaikan ketua LEMTARI melalui media sosial walaupun dalam situasi,  kondisi, tempat dan waktu yang berbeda. Inti pesannya yang bisa kita petik adalah kita harus membentuk anak didik kita agar menjadi generasi yang berpendidikan.

Dalam kesempatan yang sama Kepala Sekolah SD YPPK Santa Sisilia,Petronela Ell, juga berpesan kepada anak didiknya agar bijaksana dalam menggunakan handpone, meningkatkan prestasi belajar dan tetap menjaga nama baik Sekolah .(mj)

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Berita Lainnya

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Name *

© 2020 Detak Papua. All Rights Reserved.
Design by Velocity Developer