Detak Papua
NEWS TICKER

KAMPANYE&DEBAT CALON KEPALA KAMPUNG“KADIN PMK BERI APRESIASI” BAGI PANITIA DAN WARGA KAMPUNG MANSINAM “

Sunday, 20 June 2021 | 1:20 pm
Reporter: Yohanes Kabes
Posted by: Detak Papua
Dibaca: 115

Insert Photo: Pembukaan Kampanye&Debat  Calon Kepala Kampung Mansinam

Manokwari detak Papua.com. Tiga Kandidat Calon Kepala Kampung Sabtu siang bertempat di Pendopo Kampung Mansinam memaparkan Visi-Misinya dalam debat kandidat calon kepala kampung periode 2021-2027. Debat kandidat ini di pandu langsung oleh oleh ketua panitia pemilihan kepala kampung. Selain panitia dan para kandidat hadir dalam acara ini para panelis diantaranya Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Kampung,  Sekretaris Distrik Manokwari Timur, dan juga pelaksana tugas sementara kepala kampung Mansinam.

Walaupun sedikit terlambat dari jadwal yang ditetapkan Panitia melalui undangan, namun pelaksanaan debat kandidat serta pemaparan visi misi ini tetap dilaksanakan dalam suasana hangat dan penuh rasa persaudaraan. Bahkan dari pantauan media ini, suasana semakin siang justeru situasi di sekitar pendopo tempat berlangsungnya kegiatan terlihat semakin ramai di padati warga dari masing-masing pendukung. Suasana pembacaan visi-misi dan rencana program dari masing-masing kandidat, serta pemandu acara yang dipimpin langsung oleh ketua panitia sungguh benar-benar menyita perhatian massa yang memadati ruang pendopo dan lingkungan sekitarnya.

Debat kandidat calon kepala kampung Mansinam ini resmi dibuka oleh Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Kampung Kabupaten Manokwari Jefri J.Sahuburua,SH.MH dalam penyampaiannya dihadapan masyarakat yang memadati pendopo dan dihadapan panitia menegaskan agar  anggaran pelaksanaan kegiatan pemilihan kepala kampung segera dicairkan dan diserahkan kepada panitia paling lambat hari senin 21 Juni 2021. Selanjutnya Kepala Dinas Pemberdayaan juga menyampaikan bahwa pelaksanaan pemilihan kepala kampung ini dilakukan dengan dasar hukum sesuai undang-undang nomor 6 tahun 2014 tentang Desa. Selain itu, pesta demokrasi tingkat kampung ini juga, didukung oleh peraturan daerah nomor 10 tahun 2016 tentang pemilihan kepala kampung dan juga didukung dengan surat edaran Bupati tentang tahapan-tahapan pemilihan kepala kampung.

Dalam wawancaranya bersama detak papua, Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Kampung Kabupaten Manokwari menyampaikan apresiasi kepada panitia pelaksana dan warga Kampung Mansinam karena telah melaksanakan pemilihan kepala kampung sesuai tahapan-tahapan yang tertuang dalam edaran Bupati walaupun sedikit terlambat. Ini harus dilaksanakan agar program-program kerja yang disampaikan oleh para kandidt ini langsung didengar oleh masyarakat ungkap Orang nomor satu di Dinas pemberdayaan Masyarakat dan kampung Kabupaten Manokwari ini.

Pelaksanaan Debat kandidat dan pembacaan visi misi calon kepala kampung Mansinam ini berlangsung meriah. Hiruk pikuk warga yang memadati ruangan ini cukup memberi warna demokrasi yang santun dan bersahaja. Warga kampung betul-betul menunjukan kedewasaan dalam sikap demokratis yang patut diberikan  apresiasi. Hal ini juga ditunjang dengan sikap para kandidat yang brsahaja dalam menyampaikan visi misi dan program yang pro rakyat menurut versi para kandidat.

Untuk sekedar diketahui setiap kandidat diberikan waktu untuk menyampaikan orasi terbuka dengan membacakan visi misinya. Dalam orasinya kandidat nomor urut 01 atas nama Albert Rumbarar dihadapan warga yang hadir di Pendopo  ini menyampaikan, bahwa perlunya komitmen yang kuat yang dimulai dari diri kita, keluarga kita, dan lingkungan kita untuk menjadikan mansinam menjadi “benar-benar pulau peradaban”, dengan visinya mewujudkan kampung Mansinam yang mandiri sebagai kawasan pengembangan ekonomi kreatif, pengembangan wisata bahari, menuju kampung yang sejahtera religius dan berbudaya. Sedangkan kandidat calon nomor urut dua atas nama Tobias Akwila Rumadas dalam visinya menekankan perlunya peningkatan ekonomi keluarga, perlunya mencari solusi atas jumlah pengangguran angkatan kerja yang terus bertambah, serta berupaya mewujudkan pendapatan asli kampung, dan membuka kesempatan pendidikan nonformal seperti peningkatan ketrampilan bagi masyarkat. Sedangkan kandidat calon kepala kampung nomor urut 03 atas nama wely Rumsayor, dihadapan warga menyampaikan pentingnya pemberdayaan masyarakat dengan melibatkan warga, Karena jabatan kepala kampung bukanlah jabatan pribadi atau milik keluarga. Selain itu penting juga bekerja sesuai dengan aturan.

Selain mengkampanyekan program, visi dan misi para kandidat juga menerima pertanyaan dari para panelis , yang wajib dijawab Karena Panelis merupakan para pamong yang nantinya juga akan menjadi pembina sekaligus mitra kerja Kepala kampung terpilih. Kampanye dan debat calon kepala kampung di akhiri dengan penandatanganan fakta integritas oleh ke tiga calon Kepala Kampung Mansinam. (mj)    

 

 

 

Berita Lainnya

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Name *

© 2020 Detak Papua. All Rights Reserved.
Design by Velocity Developer