KADISTRIK SENTANI SERAHKAN BANTUAN BAMA KEPADA WARGA PENGUNGSI LUAPAN AIR SUNGAI

Insert: Kepala Distrik Sentani Eroll Yohanis Daisiu, SE., menyerahkan secara simbolis bantuan Nama kepada warga pengunsian luapan air sungai, di perumahan Btn Gajah Mada Kampung Yahim, Distrik Sentani, Kabupaten Jayapura.

 

Sentani-DetakPapua.com.|| Warga BTN Gajah Mada, Kampung Yahim Distrik Sentani Kabupaten Jayapura, yang terdampak banjir menerima bantuan bahan makanan dari Pemerintah Kabupaten Jayapura.

Bantuan tersebut di sediakan oleh Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Jayapura, kemuddian diberikan secara simbolis kepada Kepala Distrik Sentani dan dilanjutkan kepada warga di lokasi pengungsian.

Kepala Distrik Sentani Eroll Yohanis Daisiu, SE., mengatakan, lokasi perumahan BTN Gajah Mada di Kampung Yahim, merupakan tempat luapan air. Jika curah hujan dengan intesitas tinggi, lokasi ini dipastikan terendam air.  Menurut informasi warga yang bermukim di  Perumahan Gajah Mada ini,  tiap tahun mereka mengalami hal yang sama.

“Kita akan komunikasikan dengan Dinas terkait untuk lakukan normmalisasi sungai. Warga setempat harus bijaksana untuk melihat kondisi yang terjadi, artinya jika terus – terusan seperti ini maka warga di relokasi ke.lokasi yang lebih aman,” kata Eroll.

Ia, juga menambahkan, bahwa ada warga terkena malaria dan lain sebagainya, akan Kami laporkan kepada Dinas Kesehatan untuk segera lakukan pengobatan bagi warga yang sakit akibat luapan air di perumahan Gajah Mada Kampung Yahim.

Koordinator Pengungsi Ramil Muis, mengatakan, sekitar 62 Kepala Keluarga terkena dampak luapan air sungai, sejak curah hujan tanggal 6 Desember 2022. Kami warga berharap Pemerintah Kabupaten Jayapura bisa membantu kami dengan membuat normalilsasi sungai ungkapnya.

” Ramli Muis menambahkan selain bantuan dari BPBD Kabupaten Jayapura yang diserahkan langsung oleh Kepala Distrik Sentani, ada juga beberapa instansi yang sudah memberikan bantuan kepada Kami warga pengungsi”.

Lebih lanjut Koordinator Pengungsi ini menambahkan banjir yang dialami warga ini tidak sampai menimbulkan korban jiwa.  Hanya saja akibat naiknya debit air  yang merendam pemukiman warga ini cukup berdampak  bagi perkembangan penyakit malaria. Bahkan sejauh ini diketahui sudah 5 orang warga terdampak Malaria,  selain itu warga dan  ada anak-anak yang mengalami radang dan kutu air, demam. Harapan kami Dinas kesehatan bisa datang untuk melakukan pengobatan bagi warga yang sakit.

Khusus di wilayah Pemerintahan Distrik Sentani, warga yang terkena dampak banjir dan luapan air lebih parah adalah di Perumahan Btn Gajah Mada Kampung Yahim, dan Kampung – kampung juga keluarahan tidak begitu parah. (dani)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *