Detak Papua
NEWS TICKER

JELANG HUT KE-48 DPD KNPI KABUPATEN JAYAPURA GELAR BERBAGAI LOMBA

Saturday, 3 July 2021 | 8:53 am
Reporter: Daniel eluay
Posted by: Detak Papua
Dibaca: 333
insert Photo : EROL MARWERI - KETUA DPD KNPI KABUPATEN JAYAPURA

 

 Kabuten Jayapura-Detakpapua.com –  sambut Hari jadinya ke 48 tahun Komite Nasional Pemud Indonesia Kabupaten Jayapura akan menggelar berbagai kegiatan perlombaan. Pelaksanaan kegiatan lomba ini tidak terlepas dari semangat kebersamaan kaula muda Kabupaten Jayapura untuk menyukseskan PON XX dan Peparnas di tanah Papua.

Komite Nasional Pemuda Indonesia, atau lebih populernya KNPI adalah organisasi kepemudaan yang awalnya merupakan gabungan dari kelompok cipayung, yang dideklarasikan pada tanggal 23 Juli 1973. Organisasi ini lahir dengan maksud menumbuhkan, meningkatkan, dan mengembangkan kesadaran sebagai suatau bangsa yang merdeka, dan berdaulat berdasarkan UUD NKRI Tahun 1945.

Organisasi ini langsung mendapat restu dari pemerintah Orde Baru dan pada tahun itu pula, mereka mengikuti unjuk rasa mahasiswa dalam menentang masuknya pemodal-pemodal asing ke Indonesia. Peristiwa unjuk rasa yang berujung pada kerusuhan sosial tersebut lebih dikenal dengan peristiwa MALARI(Malapetaka 15 Januari 1974).

Meskipun dianggap sebagai bagian dari Orde Baru dan sempat diusulkan untuk dibubarkan, namun KNPI tetap bertahan bahkan setelah jatuhnya Suharto pada Tahun 1998.

23 Juli 2021 menjadi agenda Penting, dan dalam rangka itu juga pelaksanaan HUT KNPI ke-48, akan dilaksanakan berbagai kegiatan yang berkaitan dengan semangat kepemudaan yang menjadi pertanda tingginya semangat juang Pemuda Indonesia untuk berpartisipasi dalam Pembangunan.

Ketua DPD KNPI Kabupaten Jayapura. Erol Marweri., mengatakan, 23 Juli 2021 sebagai HUT KNPI  harus dimaknai sebagai momentum sejarah perjuangan kaum pemuda dalam menyikapi persoala-persolan mendasar bangsa Indonesia.

HUT ini adalah Momentum untuk merekatkan tali kasih, momentum untuk selalu memperhatikan situasi dan kondisi bangsa saat ini. Dan juga sebagai momentum untuk menyukseskan PON XX Tahun 2021 di Tanah Papua.

“Saat ini dunia dalam ancaman Covid-19, pun dengan kondisi di tanah Papua, khususnya Kabupaten Jayapura yang sama-sama kita cintai, maka marilah kita gaungkan PON XX Bebas Covid-19 berbasis pada penerapan protokler kesehatan, dengan memakai masker, menjaga jarak aman, mencuci tangan dan tetap menjaga imunitas tubuh.” Imbuhnya.

Erol, menambahkan, Harapan kita tentu sama, memulihkan kondisi bangsa lewat gerakan dan aksi nyata dari para pemuda sebagai tongkat estafet pemimpin di masa yang akan datang.  Lewat konsolidasi dan komunikasi terarah dan terstruktur.

Adapun beberapa kegiatan yang akan dilombakan diantaranya Voly Putra – Putri Futsal, Bakti Sosial   Kunjungan Tali Kasih ke Panti Asuhan dan Ekspedisi atau Trip Lereh-Sentani. Tentunya ini bukan menjadi tantangan dan tangungjawab KNPI Kabupaten Jayapura dan Pantia HUT KNPI Ke-48, akan tetapi ini menjadi tangungjawab kita semua dalam mengawal, dan peduli terhadap kondisi Kepemudaan saat ini.

Wawancara bersama ketua KNPI Kabupaten Jayapura ini ditutup dengan sebuah syair yang cukup terkenal yang pernah dikumandangkan oleh Ir.soekarno “Beri aku 1000 orang tua niscaya akan kucabut semeru dari akarnya, beri aku 10 pemuda niscaya akan ku guncangkan dunia”. Pungkasnya mengakhiri wawancara bersama detakpapua.com (Daniel-Eluay).

Berita Lainnya

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Name *

© 2020 Detak Papua. All Rights Reserved.
Design by Velocity Developer