Detak Papua
NEWS TICKER

JELANG HPSN 2022′ DLH KABUPATEN JAYAPURA GEMAKAN KEBERSIHAN LINGKUNGAN

Kamis, 17 Februari 2022 | 8:05 am
Reporter: Daniel Eluay
Posted by: Detak Papua
Dibaca: 143

Insert: Kepala Kampung Sereh. Steven Eluay menerima bantuan alat kerja dari Kepala DLH Kabupaten Jayapura. Abdul Rahman Basri.

 

Sentani-Detakpapua.com||Kepala Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kabupaten Jayapura. Abdul Rahman Basri mengajak seluruh warga menjaga dan menata lingkungan agar  bersih dan rapi. Karena bersih dan rapi  sudah tentu nyaman dan sehat. Hal tersebut disampaikan Kadis Lingkungan Hidup menjelang Hari Peduli Sampah Nasional (HPSN) tahun 2022.  

Untuk mewujudkan kerja-kerja nyata dalam menata lingkungan yang bersih dan sehat maka, Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Jayapura bersama Pemerintah Kampung Sereh, Distrik Sentani, melaksanakan kegiatan pembersihan selokan atau parit di Kampung Sereh, dengan melibatkan masyarakat sekitar.

Gerakan – gerakan kebersihan lingkungan itu kita integrasikan seluruhnya dari Kampung dalam hal ini melalui RT / RW,, lingkungan masyarakat Kelurahan dan juga lingkungan Distrik.

Dalam wawancaranya bersama awak media, Abdul Rahman Basri, menyampaikan, bahwa gerakan – gerakan ini kita laksanakan secara terus-menerus yang momennya biasa dilaksanakan pada hari jumat ataupun hari-hari libur, sekalipun kita sedang dalam situasi menghadapi isu covid-19 varian baru. Namun untuk menjaga  lingkungan agar tetap bersih sudah menjadi tanggung jawab bersama ungkap Basri.

Sesuai dengan kebijakan Pemerintah Kabupaten Jayapura, Bupati telah memberi kewenangan kepada Distrik, dalam memainkan  peran – peran Pemerintahan di tingkat bawah khususnya di Kampung. Ini dilakukan agar aspek pengendalian atau rentang kendali pelayanan Pemerintah dari bawah itu benar – benar dapat terukur sehingga dapat menjalin satu hubungan koordinasi komunikasi dalam pelayanan Pemerintahan dari sektor lingkungan,” tegas Basri.

Ditambahkan, Abdul Rahman Basri, Kampung Sereh dengan gagasan Kepala Kampung yang begitu kita apresiasi dan menjadi contoh bagi Kampung – kampung yang lain, sehingga gerakan bersih lingkungan ini benar – benar dapat dilaksanakan secara menyeluruh dan dapat membantu semua sektor.  Kepala DLH Kabupaten Jayapura ini juga menyampaikan,  bahwa menyambut peringatan Hari peduli Sampah Nasional (HPSN) tahun 2002 yang akan digelar pada hari Senin tanggal 21 bulan Februari, merupakan rangkaian – rangkaian kegiatan peringatan HPSN 2022.

Mantan Asisten I Sekda Kabupaten Jayapura itu menyatakan, kita lihat hari ini luar biasa Kepala Kampung Sereh dan seluruh masyarakat menggerakkan peran serta dan partisipasi masyarakat,  dan ini perlu kita gemakan di semua kampung dan dlistrik agar dapat menggerakkan partisipasi masyarakat untuk mewujudkan lingkungan yang bersih.

Gerakan aksi bersih – bersih ini dalam rangka menyukseskan kongres bersama Aliansi Masyarakat Adat Nasional (AMAN) tahun 2002, dimana seluruh Kampung wajib bersih, karena tamu para undangan dari seluruh Indonesia akan datang tinggal di Kampung – kampung se – Kabupaten Jayapura.

Kepala Kampung Sereh, Steven Eluay, SE., Menyambut baik kehadiran Dinas Lingkungan Hidup yang dipimpin langsung oleh Kepala Dinas. ” Apa yang dilakukan hari ini adalah wujud nyata bahwa Pemerintah Kampung dan seluruh Masyarakat antusias menjaga kebersihan lingkungan dan juga siap sukseskan Konggres AMAN di Kabupaten Jayapura,” kata Eluay. Pada momen tersebut, Kepala DLH Abdul Rahman Basri juga mengerahkan 2 unit  truk sampah untuk mengangkut sampah, serta menyerahkan beberapa perlengkapan guna mendukung kegiatan bersih-bersih lingkungan oleh masyarakat (Daniel).

Berita Lainnya

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Name *

© 2020 Detak Papua. All Rights Reserved.
Design by Velocity Developer