Detak Papua
NEWS TICKER

, HUNTING SELAMA 45 MENIT, SAT LANTAS POLRES JAYAPURA JARING 21 PELANGGAR

Kamis, 3 Maret 2022 | 8:30 pm
Reporter:
Posted by: Detak Papua
Dibaca: 78

Insert: Pengemudi kendaraan roda dua (motor) yang di tindak Satuan Lantas Polres Jayapura, ketika melakukan hunting belum lama ini di Jalan Raya Utama Sentani – Kemiri (depan Kantor Sat Lantas Polres Jayapura.

 

Sentani-Detakpapua.com.||Satlantas Polres Jayapura melaksanakan razia kendaraan roda dua di Jalan Raya Sentani, tepatnya di depan kantor Satlantas Polres Jayapura.

Satlantas Polres Jayapura gelar giat razia Hunting Sistem dengan penindakan secara selektif prioritas terhadap pelanggaran kasat mata yang berpotensi kecelakaan lalu lintas (Lakalantas) di wilayah hukum Polres Jayapura.

Razia dengan sistem hunting menerjunkan 25 orang personil itu digelar selama 45 menit. Para pelanggar yang terjaring ada yang langsung ditindak dengan dikenakan sanksi tilang ditempat namun juga ada yang diberikan teguran.

Kegiatan hunting yang dilaksanakan dengan penindakan, seperti helm standar, surat-surat kendaraan (SIM dan STNK), serta knalpot racing. Selain penindakan, juga diberikan teguran dan himbauan terhadap pengguna jalan tersebut.

Dibawah pimpinan Kepala Satuan Lalu Lintas (Kasatlantas) Polres Jayapura Iptu Jusman Mori, giat tersebut berjalan lancar. Tidak sedikit pengendara sepeda motor yang berbalik arah agar tidak terjaring razia.

Hunting ini dilakukan, karena masih banyak masyarakat yang mengabaikan pentingnya keselamatan saat berkendara dan mentaati peraturan lalu lintas.  21 pengendara sepeda motor ditindak dan 37 lainnya diberikan teguran. Ini menjadi salah satu bukti kurang taatnya pengendara terhadap aturan berlalulintas.

“Hari ini kami dari Satlantas Polres Jayapura melaksanakan kegiatan hunting, dimana dalam hunting ini targetnya (sasaran utama) pengendara yang tidak tertib, terutama pengendara yang membahayakan pengendara itu sendiri maupun pengendara lain atau pengguna jalan lainnya. Jadi, kami lakukan penertiban terhadap pengendara sepeda motor yang tidak tertib berlalulintas,” ungkap Kapolres Jayapura AKBP Fredrickus W. A. Maclarimboen, melalui Kasat Lantas Polres Jayapura Iptu Jusman Mori usai pelaksanaan hunting.

Lanjut Kasat Lantas, sasaran razia ini yaitu terhadap pengendara kendaraan roda dua yang tidak tertib dalam berkendara, seperti tidak menggunakan helm standar, berknalpot racing dan yang tidak memiliki kelengkapan dokumen kendaraan bermotor.

Terpapntau  banyak pengendara roda dua yang melanggar aturan, yakni tidak memakai helm dan tidak bisa menunjukkan kelengkapan surat-surat seperti SIM dan STNK, yang mengakibatkan pengendara di tilang. Dalam “Kegiatan (hunting) ini lebih banyak teguran yang diberikan oleh pihak SATLANTAS,  Karena saat ini masih dalam keadaan pandemi.

Sasaran Razia Kendaraan bermotor ini selain kelengkapan surat-surat kendaraan, salah satu yang dibidik juga adalah kendaraan roda dua yang diindikasi sebagai hasil tindak pidana Curanmor. Iptu Jusman Mori menegaskan, pihaknya rutin melaksanakan razia Hunting. Sistem ini untuk menekan angka pelanggaran lalulintas yang menjadi salah satu faktor penyebab kecelakaan.

Kasat Lantas berharap masyarakat di Kabupaten Jayapura ini bisa mentaati peraturan lalulintas, serta disiplin dalam berkendara. Oleh sebab itu pihaknya menghimbau para pengendara sepeda motor yang ada di Kabupaten Jayapura, untuk selalu tertib berlalulintas demi keselamatan diri sendiri dan juga orang lain. (daniel)

Berita Lainnya

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Name *

© 2020 Detak Papua. All Rights Reserved.
Design by Velocity Developer