Detak Papua
NEWS TICKER

GUBERNUR PAPUA BARAT: WALAUPUN DIMASA PANDEMI UPACARA PERINGATAN HUT KEMERDEKAAN NKRI KE-76 BERLANGSUNG LANCAR

Tuesday, 17 August 2021 | 3:40 pm
Reporter: Detak Papua
Posted by: Detak Papua
Dibaca: 35

Insert : Sesi Foto Bersama usai Pelaksanaan Upacara HUT NKRI ke-76 di Halaman Kantor Gubernur Papua Barat

Manokwari detakpapua.com. Hari ini 17 agustus 2021. Tepat 76 tahun Negara Kesatuan Republik Indonesia merdeka dari penjajahan. Seperti daerah lainnya di Indonesia, pemerintah Provinsi Papua Barat  juga melaksanakan Upacara peringatan HUT kemerdekaan ke 76 tahun Republik Indonesia. Pelaksanaan upacara perIngatan hari kemerdekaan ini dihadiri oleh para pimpinan OPD di lingkup Pemerintahan Provinsi Papua Barat,  TNI/POLRI, dan juga Siswa sekolah.   

Usai pelaksanaan upcara Pada kesempatan ini Gubernur Papua Barat Dominggus Mandacan menyampaikan Upcara Peringatan HUT Kemerdekaan Republik Indonesia tahun ini diselenggarakan secara sederhana, karena masih dalam situasi covid 19. Walaupun sederhana, tetap meriah ungkap orang nomor satu di Papua Barat ini. Kepada Insan Pers, Gubernur menyampaikan yang sangat penting atau inti dari pelaksanaan Upacara ini adalah makna dari kemerdekaan 17 Agustus, apalagi tahun 2021 ini tema negara kita adalah Indonesia tangguh Indonesia tumbuh. Kepada insan pers Gubernur Papua Barat menyampaikan Indonesia tangguh Indonesia tumbuh, berarti kita harus membangun disegala bidang.

Orang nomor satu dijajaran pemerintahan Provinsi Papua Barat ini menyampaikan jika dulu bangsa kita berperang melawan penjajah dengan bambu runcing, saat ini kita harus mengisi kemerdekaan dengan membangun disegala bidang, membangun Indonesia dan juga membangun Papua Barat, juga membangun Manokwari untuk kesejahteraan bagi rakyat dan juga bagi semua umat. Kepada awak media Gubernur menyampaikan mari sama-sama kita kompak menjaga kesatuan dan persatuan, kita bangun Indonesia dan Papua Barat untuk kesejahteraan kita saat  ini, dan juga untuk masa depan anak cucu kita.

Gubernur Mandcan juga menghimbau kepada seluruh masyarakat di Provinsi Papua Barat agar tetap menjaga dan menerapkan protokol kesehatan, karena sekalipun kita sedang memperingati HUT Kemerdekaan, namun hari-hari ini kita sedang berperang melawan Pandemi Covid-19. Terkait adanya informasi  tes polymerase chain reaction (PCR) yang masih mahal di Provinsi Papua Barat, menurut Gubernur pelayanan rapid anti bodi, rapid antigen hingga swab di Rumah sakit Provinsi sampai saat ini tidak dipungut biaya.

Kepada insan pers Gubernur menjelaskan bahwa pengalokasian dana dalam rangka  pandemi covid 19 ini dilakukan dalam rangka penanganan kesehatan, jaminan pengaman sosial dan pemulihan ekonomi. Bahkan sampai sekarang tidak ada pungutan biaya tegasnya. Terkait penanganan covid 19 dan refocusing APBD menurut Dominggus Mandacan hal inipun diketahui oleh Komisi Pemberantasan Korupsi yang sudah berkunjung ke Papua Barat ketika melakukan pemantauan. Selain itu Gubernur juga menegaskan bahkan hal ini pun telah dilakukan pendampingan oleh kejaksaan Tinggi dan BPKP Provinsi Papua Barat, dengan melakukan evaluasi dan monitoring sejauh mana penggunaaan APBD dalam pelaksanaan penanganan covid dan dampaknya. Di momentum 76 tahun kemerdekaan ini Gubernur bertekad untuk terus membangun sumber Daya Manusia, infrastruktur, serta berupaya menjangkau daerah-daerah terpencil dan tersulit. Dikatakannya memang membangun tidak semudah membalik telapak tangan, tetapi kita perlu mempersiapkan perencanaan yang baik, aparatur yang bersih dan berwibawa, sehingga kita bisa membangun negeri ini.

Di momentum Hari jadi yang ke 76 tahun Negara Kesatuan RI, pemerintah Provinsi Papua Barat sehari sebelumnya yakni pada tanggal 16 Agustus 2021,  juga melakukan pertemuan virtual bersama pemerintah pusat. Pertemuan virtual ini di hadiri oleh Gubernur, Wakil gubernur Sekretaris Daerah pimpinan DPR Papua Barat serta petinggi TNI-POLRI.9(mj)

Berita Lainnya

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Name *

© 2020 Detak Papua. All Rights Reserved.
Design by Velocity Developer