GOTONG ROYONG SEBAGAI BENTUK DUKUNGAN TERHADAP PEMERINTAH KAMPUNG DALAM ASPEK PEMBANGUNAN

*Kegiatan pembersihan yang dilakukan oleh Ikatan Pemuda – Pemudi Kampung Sereh (Yo Khelu Meangge Helle Wabhouw).

 

Sentani, Detakpapua.com.|| Budaya gotong royong sudah ada  sejak zaman dulu bahkan dibeberapa kota besar di Jawa tengah seperti di Solo, Jogja dan sekitarnya Gotong royong masih menjadi pemersatu warga, khususnya dalam kegiatan-kegiatan soisial dan juga ke agamaan.

Terkait kegiatan yang melibatkan banyak orang secara bersama-sama bergotong royong mengerjakan sesuatu sebenarnya sudah menjadi budaya bangsa Indonesia. Demikian yang di tunjukan warga kampung Sereh Sentani Kabupaten Jayapura dengan giat pembersihan lingkungan Kampung.

Ada kata-kata bijak yang “berkata hemat pangkal kaya, “bersih pangkal” sehat”. Beranjak dari kata-kata bijak inilah kemudian Ikatan Pemuda – Pemudi Kampung Sereh “YO KHELU MEANGGE HELLE WABHOUW (YKM-HW) atau dalam bahasa Indonesia berarti Ikatan Pemuda – Pemudi Kampung Sereh) melaksanakan giat bersama bersih-bersih kampung.

Terkait giat bersih kampung ini, ketua YKM – HW. Daniel Eluay, kepada wartawan media ini mengatakan giat bersih kampung ini dilaksanakan sebagai bakti sosial dalam mendukung program kegiatan Pemerintah Kampung Sereh, dan juga  merupakan salah satu tupoksinya YKM – HW, yang melekat pada administrasi pemerintahan Kampung Sereh. Selain itu bersih kampung ini juga dilakukan sebagai wujud tanggung jawab bersama untuk menjaga Kampung kita tuturnya.

Terkait rute bersih-bersih lingkungan kampung Daniel menambahkan” Giat kami hari ini yang dilakukan adalah Pembersihan jalan lingkungan  RW 2 dan RW 9 melingkupi 5 RT. Di Tanya disela-sela aktivitas bersih lingkungan ini, pria bersahaja yang juga aktif dalam beberapa organisasi ini mengaku aktivitas bersih kampung ini  sudah menjadi bagian tugas pemuda-pemudi Kampung.

Ditambahkan Daniel, kegiatan social seperti ini sudah menjadi rutinitas pemuda-pemudi kampung yang dilakukan pada hari Sabtu setiap Minggunya. Walaupun banyak kekurangan dalam melaksanakan kegiatan seperti ini, namun semangat  YKM – HW tetap dan terus untuk memberikan yang terbaik bagi Kampung tercinta.

Dengan adanya kegiatan bersih lingkungan ini kami berharap, dapat memacu semangat masyarakat Kampung untuk ikut peduli menjaga kebersihan,lingkungan tutup Daniel. (mj) .

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *