Detak Papua
NEWS TICKER

FORKADA TABI BERSAMA SAIRERI DUKUNG PEMEKARAN 3 PROVINSI DIPAPUA

Jumat, 11 Maret 2022 | 8:41 pm
Reporter:
Posted by: Detak Papua
Dibaca: 22

*Ketua FORKADA TABI. Mathius Awoitauw, SE.M.Si., saat membaca Peryataan Sikap usay Diskusi Forum Kepala Daerah TABI dan SAIRERI di Hotel Suny Lake Sentani. Kabupaten Jayapura. Jumat (11/03/2022).

 

Sentani.Detakpapua.com.||Diskusi Forum Kepala Daerah (FORKADA) se – TABI  bersama wilayah SAIRERI akan mendorong Pemekaran 3 Provinsi di Provinsi Papua antara lain;  Prov. Papua Tengah  (Lapago) Provinsi Papua Selatan ( Animha) dan Prov. Papua Tengah ( Meepago).

Tabi  tetap ada di dalam Provinsi Papua jadi Provinsi induk itu tetap, tidak berubah ya namanya itu tetap di dalamnya,,  kalau TABI sendiri tetap TABI sendiri, itu namanya Provinsi Papua, kalau misalnya SARERI bergabung  berarti  Provinsi Papua itu TABI – SAIRERI.

Ketua Forum Kepala Daerah TABI. Mathius Awoitauw, SE.M.Si., kepada awak media mengatakan., Usay diskusi akan ada peryataan sikap  tertulis, ya nanti akan disampaikan dan akan tanda tangan semua pernyataan itu bahwa TABI konsisten mendorong Otonomi Khusus harus direvisi dan harus diperbaiki.Otonomi harus berjalan lebih baik lagi, untuk percepatan kesejahteraan, kita tidak menolak Otsus.  Otsus harus diperbaiki dalam perbaikan itu muncul ada 19 pasal yang ditambahkan, dan di pasal tersebut ada yang dilengkapi lagi di dalamnya adalah Pemekaran. Dan itu sudah disetujui.

Jadi kalau undang – undang sudah jadi, yang kita dorong supaya ada implementasinya undang-undang itu, jadi untuk forum ini hanya mau menegaskan bahwa DOB itu penting untuk kesejahteraan.

Forkada TABI menilai bahwa penolakan yang dilakukan merupakan hal yang biasa – biasa saja, mengapa kita harus terpengaruh? ada yang suka dan ada yang tidak! itu adalah hal yang biasa terjadi dimana – mana.  JIka mereka menolak karena punya alasan, kita juga punya alasan kenapa DOB itu penting. Pungkas Bupati Jayapura ini.

Ketua FORKADA TABI menegaskan Kita punya alasan juga bahwa percepatan kesejahteraan karena daerah ini terlalu luas, yang penting undang-undang otsusnya itu melindungi kita semua dia memproteksi kita semua dia mempercepat kesejahteraan orang Papua. Undang – undangnya  jangan di rubah, nanti baru kita perbaiki dan tingkatkan lagi. Karena UU itu merupakan regulasi yang mempersatukan tentang ke Papuaan kita.

Pembagian wilayah ini kan hanya berupa batas wilayah pemerintahan saja, tidak merubah tentang ke-Papuaan, hanya memang  bagaimana mengelola kesempatan-kesempatan ini dengan benar-benar jujur benar-benar Adil benar-benar transparan, itu yang dibutuhkan benar-benar berpihak kepada rakyat, dan itu yang diharapkan, ini yang mungkin masyarakat kita ini belum melihat data terlalu banyak untuk kita buktikan hal – hal itu.

Forum dikusi tersebut di akhiri dengan pembacaan Peryataan sikap oleh Ketua FORKADA TABI. Mathius Awoitauw, SE.M.Si.

Setelah mendengar pandangan Kepala Daerah Se-Tanah Tabi yang kemudian didiskusikan oleh peserta pertemuan serta membahas berbagai permasalahan yang berkembang saat ini, maka kami Tokoh Adat Se Wilyah Adat Tabi yang meliputi Kabupaten Jayapura, Kota Jayapura, Kabupaten Keerom, Kabupaten Sarmi dan Kabupaten Mamberamo Raya dengan ini menyampaikan pernyataan sikap sebagai berikut; 1) Mendukung Pembentukan Daerah Otonomi Baru (DOB) di Provinsi Papua meliputi DOB Provinsi Papua Selatan, DOB Provinsi Papua Tengah serta DOB Provinsi Papua Pegunungan Tengah; 2) Meminta dengan tegas kepada Gubernur Papua, DPRP Papua, MRP untuk menrespon dan menangani dinamika social politi yang berkembang di Tanah Papua; 3) Mendorong Pemerintah Pusat untuk tetap konsisten dalam pelaksanaan Otonomi Khusus di Provinsi Papua; 4) Meminta kepada Forum Kepala Daerah Se-Tanah Tabi untuk melakukan perlindungan dan konsolidasi terhadap hak-hak masyarakat adat di wilayah Tabi.

“Atas nama Pemerintah Daerah Kabupaten/Kota, Tokoh Adat, Tokoh Agama, MRP, DPRD, Tokoh Perempuan, Tokoh Pemuda Se Wilayah Adat Tabi”, (daniel).

Berita Lainnya

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Name *

© 2020 Detak Papua. All Rights Reserved.
Design by Velocity Developer