Detak Papua
NEWS TICKER

DISDUKCAPIL SIAP MENYAPA WARGA’ DENGAN MENDEKATKAN PELAYANAN DOKUMEN ADMINDUK

Saturday, 12 June 2021 | 9:00 pm
Reporter: Daniel eluay
Posted by: Detak Papua
Dibaca: 144

Insert Foto Penyerahan Kartu Keluarga yang sudah jadi saat pelayanan oleh Disdukcapil di Kampung Nolokla, oleh Kepala Kampung Nolokla Jotam Nelson Ongge, (Kamis, 10/7/2021).

Sentani – Jayapura Detak Papua.com. Petingnya kelengkapan dokumen administrasi kependudukan (Adminduk) bagi masyarakat, Disdukcapil siap jemput bola.

Hal tersebbut disampaikan Kepala Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Jayapura Herald J Berhitu. Kadis DukCapil juga menghimbau agar Kepala – kepala Kampung dapat menggunakan dana Kampung untuk mendekatkan Pelayanan administrasi kependudukan guna memperpendek jarak masyarakat ke Kantor Dinas Capil.

Kepada Media ini Kadis Duk-Capil menyampaikan sangat senang dengan adanya pelayanan di Kampung Nolokla Distrik Sentani Timur. Ia menyampaikan ini salah satu cara kita menyapa masyarakat sehingga masyarakat juga peduli akan dokumen  administrasi kependudukan.

Dokumen Kependudukan ini memang sangat penting, karena saat ini semua hal terkait dengan administrasi kependudukan. Kita mau bikin apapun dan segala macam itu butuh KTP dan lainnya, seperti bantuan sosial dan bantuan bantuan langsung tunai. Oleh sebabnya maka dengan pelayanan seperti ini kita membantu masyarakat ungkapnya.

Selanjutnya Kepala Dinas juga menyampaikan” Saya, merasa bahwa kalau bisa kampung-kampung yang lain juga bisa mengikuti hal yang sama, kan ini sudah kita laksanakan  berapa kali sampai di Distrik yang jauh juga kita laksanakan. Ini yang namnya jemput bola.”

Kita sampaikan trima kasih ada tim-tim yang bergerak sangat membantu seperti, tim paralegal yang setiap kali membantu Dinas Dukcapil untuk bagaimana melakukan pelayanan dokumen administrasi kependudukan dan  ini bisa merata di semua masyarakat di 139 Kampung yang ada di 19 Distrik Kabupaten Jayapura.

Dan saya berharap bahwa semua masyarakat wajib mempunyai dokumen administrasi kependudukan dari akte kelahiran, kartu keluarga, KTP, akte perkawina dan yang terbaru KIA Kartu Identitas Anak.

Herald, menambahkan, pelayanan seperti ini sangat bagus salah satunya untuk menghindari praktek calo yang ada, atau  sering dipergunakan oleh orang yang tidak bertanggung jawab untuk mendapatkan keuntungan secara pribadi. Saya sangat senang kalau ini bisa dilakukan oleh kampung -kampung yang ada di Kabupaten Jayapura ujarnya.

Sementara itu, dalam kesempatan yang sama Kepala Kampung Nolokla, Jotam Nelson Ongge, juga sangat bersyukur dengan adanya kegiatan pelayanan oleh Dinas Catatan sipil dan Kependudukan Kabupaten Jayapura.

” Dengan adanya kegiatan pelayanan seperti ini Masyarakat dengan leluasa bisa datang untuk mengurus dan melengkapi kartu keluarga , ktp, akte lahir, akte nikah, akte kematian dan kartu identitas anak (KIA). Masyarakat Kampung Nolokla sangat antusias dalam mengurus dokumen Kependudukan ini” Ucap Jotam.

Kepala Kampung juga menceritakan pengalaman mereka yang selama ini jika  datang langsung ke kantor Dinas Capil untuk mengurus dokumken ini agak susah. Ini karena  bertumpuknya berkas pengurusan dokumen kependudukan dari 139 Kampung yang ada diseluruh Kabupaten Jayapura. Bahkan akibat banyaknya warga mengurus di Kantor dinas Catatan sipil kadang menunggunya hingga empat sampai dengan enam bulan, bahkan ada yang sampai satu tahun baru  bisa  dapat kartu yang kita urus.

“Kita, berharap bahwa apa yang dilakukan hari ini mungkin bisa juga dilakukan di kampung-kampung yang lain untuk mempermudah masyarakat mendapatkan pelayanan Dokumen Adminduk. Kami juga sampaikan terima kasih kepada pihak manajemen sekolah SMK Pertanian yang sudah membantu memberikan ruang untuk kami dapat melaksanakan kegiatan pelayanan perekaman oleh Dinas Pencatatan Sipil Kabupaten Jayapura, di Kampung Nolokla, Kabupaten Jayapura. (DaniEl)

 

Berita Lainnya

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Name *

© 2020 Detak Papua. All Rights Reserved.
Design by Velocity Developer