Detak Papua
NEWS TICKER

BASARNAS JAYAPURA GELAR PELATIHAN TEKNIK PENYELAMATAN DIPERMUKAAN AIR

Thursday, 8 April 2021 | 10:37 am
Reporter: Daniel Eluay
Posted by: Detak Papua
Dibaca: 28

Insert Photo: Suasana Pelatihan Teknik Penyelamatan dipermukaan Air

Detak Papua.com – Puluhan anggota ikut pelatihan teknik penyelamatan dipermukaan air.

Kepala Basarnas Jayapura. Sunarto, mengungkapkan bahwa latihan kali ini kita fokuskan pada teknik penyelamatan di permukaan air dengan harapan dari semua personil bisa menangani atau secara awal bisa bertindak dalam melakukan pertolongan pertama.

Sekitar 50 peserta itu dari beberapa instansi Pemerintah, TNI, Polri dan organisasi kemasyarakatan lainnya yang ada di Jayapura dan kota Jayapura.

” Pentingnya pelatihan tidak hanya teknik penyelamatan tetapi untuk memberikan pengetahuan kepada semua peserta tentang teknik-teknik pertolongan di permukaan air kemudian yang kedua adalah sinergikan atau menyamakan persepsi dalam setiap penanganan bencana atau kecelakaan dan kerjasama atau kebersamaan kita dalam memberikan bantuan kemanusiaan bila ada yang membutuhkan,” ucap Sunarto diruang kerjanya.

Ditambahkan Mantan Kepala Basarnas Kabupaten Merauke itu, ketika terjadi bencana di lapangan kita sudah tahu apa yang harus kita perbuat . oleh sebab itu maka sejak dini  kita berusaha untuk membekali teknik-teknik pertolongan di air bagi peserta agar paham secara benar apa yang di butuhkan saat bertugas.

Belajar dari pengalaman kejadian di Jayapura, Papua untuk wilayah Jayapura banyak kejadian-kejadian di air atau musibah di air, saat ini kami mengadakan teknik pertolongan di permukaan air yang memungkinkan untuk memberikan pelatihan pelatihan kita laksanakan 5 hari kemudian setelah pelatihan akan kami berikan sertifikat bagi yang mampu dan bisa sesuai dengan ketentuan yang kita perlakukan.

Jadi mereka (peserta) dituntut untuk bisa selesai semua materi apa yang kita berikan dan bisa mengerti semua juga bisa melaksanakan, ketika dibutuhkan oleh masyarakat.

Kemudian setelah mereka selesai kita berikan sertifikat bila ada kejadian mereka bisa terlibat langsung dalam setiap penanganan apabila dibutuhkan dalam keadaan bencana kadang-kadang kita tidak tahu kapan waktunya bencana terjadi kecil atau besar, cakupan kerja Basarnas di Jayapura sangat luas dan perlu melibatkan organisasi – organisasi lainnya sehingga dalam penanganan pertolongan bisa dilakukan dengan baik dan tepat sasaran. (Eluay&).

Berita Lainnya

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Name *

© 2020 Detak Papua. All Rights Reserved.
Design by Velocity Developer