Detak Papua
NEWS TICKER

1050 RELAWAN SIAP BERSIH-BERSIH SELAMA PON XX BERLANGSUNG

Jumat, 17 September 2021 | 8:07 pm
Reporter: Daniel eluay
Posted by: Detak Papua
Dibaca: 75

Insert Photo: Sejumlah Relawan Kebersihan hadir Sekertariat PB Pon Klaster Kabupaten Jayapura.

Selain mengeluarkan Surat Edaran Bupati bagi masyarakat, akan ada 1050 relawan Sampah yang siap dikerahkahkan oleh Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Jayapura. Sebelum Perhelatan Pon XX di mulai, lingkungan sekitar areal diharapkan sudah harus bersih. Oleh sebab itu 1050 tenaga relawan kebersihan Dishub Cluster Kabupaten Jayapura akan dikerahkan untuk melakukan pembersihan sampah yang ada di seluruh venue di Kabupaten Jayapura.

Kepada detakpapua.com., Kepala Bidang Kebersihan DLH Kabupaten Jayapura. Xaverius Manansang, menyampaikan pihaknya telah merekrut  Relawan kebersihan sebanyak 1050 orang. Sampai saat ini,  tenaga kebersihan yang sudah diajukan itu belum mendapatkan jawaban dari bidang SDM panitia besar PON Papua.  Pihaknya berharap PB pon secepatnya bisa memberikan jawaban atas usulan tersebut.  Kami berharap, teman-teman yang nantinya bergerak di bidang dampak lingkungan sudah bisa melakukan simulasi-simulasi dalam setiap pelaksanaan pekerjaan, ” tutur Manansang.

Xaverius, menyampaikan, relawan-relawan kebersihan yang sudah direkrut pihaknya itu diambil dari masyarakat yang tinggal disekitar venue yang ada di cluster Kabupaten Jayapura.  Menurutnya ada beberapa pertimbangan Mengapa perekrutan tenaga kebersihan ini harus diambil dari warga yang tinggal di sekitar venue. Yang pertama;   Waktu mereka bekerja itu dimulai pada pukul 6 pagi sehingga mereka yang notabene tinggal disekitar venue Pon  itu langsung bisa melaksanakan tanggung jawabnya. Kedua, kita ingin meminimalisir dampak sosial yang akan timbul.  Tidak mungkin orang dari tempat lain pergi kerja di di tempat lain.  Sehingga ini juga menjadi pertimbangan kami.

Ditambahkan Manansang, relawan kebersihan ini dilibatkan dalam kegiatan kebersihan selama ini,  namun kegiatan untuk membersihkan wilayah kota Menjelang Pekan Olahraga Nasional ini masih menjadi tanggung jawab dari Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kabupaten Jayapura dengan mengerahkan seluruh sumber daya manusia yang ada. (daniel)

Berita Lainnya

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Name *

© 2020 Detak Papua. All Rights Reserved.
Design by Velocity Developer